Majalah Sunday

Aroma Vagina yang Normal
dan Cara Merawatnya

Penulis: Rafi Al-Hakim – Universitas Negeri Jakarta

Sunners, yuk simak artikel informasi mengenai aroma vagina yang normal dan cara merawatnya!

Vagina atau Miss V memang memiliki aroma yang berbeda-beda pada setiap wanita. Bau Miss V yang normal dapat bervariasi sepanjang siklus menstruasi. Selain itu, aroma Miss V juga dapat berubah karena kehamilan, konsumsi makanan tertentu, setelah berhubungan seks, atau berolahraga.

Perubahan aroma pada Miss V juga dapat terjadi, jika tidak disertai keluhan seperti anyang-anyangan, nyeri setelah berhubungan intim dan rasa gatal pada area vagina.

Ciri-ciri Aroma Miss V yang Normal

Aroma Vagina yang Normal dan Cara Merawatnya​

Menurut sumber yang diambil dari laman Alodokter.com, bau Miss V yang normal dipengaruhi oleh tingkat keasaman atau pH vagina. Ini karena vagina dihuni oleh berbagai jenis bakteri baik (flora normal) yang berfungsi untuk melindungi organ intim wanita dari mikroorganisme penyebab infeksi, seperti bakteri jahat, jamur, dan parasit. Jika keasaman vagina terganggu, vagina akan lebih mudah terkena infeksi.

Nah, berikut ciri-ciri aroma Miss V yang normal:

  1. Memiliki aroma sedikit asam

Aroma Miss V yang normal adalah yang memiliki aroma sedikit asam, seperti aroma yoghurt atau cuka. Terkadang aroma vagina juga bisa memiliki aroma amis, seperti aroma ikan.

  2. Aroma sedikit pahit

Bau Miss V yang normal juga dapat tercium sedikit manis atau pahit. Aroma ini biasanya disebut mirip dengan aroma tebu atau air jahe. Bau Miss V ini umumnya menandakan bahwa pH vagina sedang sedikit berubah, tetapi masih dalam batas normal.

  3. Memiliki aroma seperti logam

Bau vagina yang seperti logam biasanya dialami ketika kamu sedang menstruasi. Hal ini karena darah mengandung zat besi, sehingga tercium seperti logam.

  4. Memiliki aroma seperti bau badan

Jika Miss V memiliki aroma seperti bau badan itu bisa terjadi karena kegiatan kamu yang menyebabkan area tubuh menjadi berkeringat termasuk Miss V. Perlu kamu ketahui, sebenarnya keringat itu tidak berbau, hanya karena keringat yang mengalir di vagina lalu bercampur dengan bakteri yang ada di vagina yang menimbulkan aroma Miss V kamu menjadi seperti bau badan.

Cara Merawat Vagina atau Miss V

Aroma Vagina yang Normal dan Cara Merawatnya​

Aroma yang dimiliki oleh Miss V kamu dapat menggambarkan kesehatan kamu lho. Nah, oleh karena itu, ada beberapa cara untuk membuat vagina atau Miss V kamu tetap terjaga dan tetap sehat.

Menurut sumber dari Alodokter.com, berikut merupakan cara-cara untuk merawat vagina agar tetap terjaga:

  1. Bersihkan vagina menggunakan air hangat setelah melakukan buang air besar maupun buang air kecil
  2. Gunakanlah celana dalam berbahan lembut dan tidak terlalu ketat
  3. Segera mengganti celana dalam jika basah atau berkeringat
  4. Mengganti pembalut secara rutin pada saat sedang menstruasi

Nah, Sunners. Pada dasarnya, setiap wanita itu memiliki aroma vagina yang berbeda-beda. Aroma vagina yang dirasa normal ini tidak perlu kamu bersihkan menggunakan sabun atau pembersih bakteri khusus, karena bisa menghilangkan bakteri baik yang berada di vagina. Semoga membantu ya!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 62
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?