Majalah Sunday

Apa Itu Self Harm dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Penulis: Fildzah Putri Amalia – Politeknik Negeri Media Kreatif
Editor: Afindi Ranika Dewi – UNJ

Sunners, kamu pasti sudah sering mendengar tentang self harm, atau bahkan menyaksikan sendiri orang-orang yang melakukannya? Yuk, kita pahami lebih lanjut soal tindakan ini dan bagaimana mengatasinya.

Apa itu self harm?

Sesuai namanya, self harm adalah tindakan dengan sadar menyakiti diri sendiri pada bagian tubuh tertentu. Tindakan yang kadang juga disebut dengan self-injury ini biasanya bukanlah tindakan untuk bunuh diri, melainkan untuk meluapkan emosi yang tidak dapat dikontrol.

Tindakan ini umumnya dilakukan dengan cara menyayat tubuh, menggoreskan tubuh, menjambak, dan memukul diri sendiri. Bagi seseorang yang melakukannya, cara tersebut dapat membantunya untuk mengekspresikan perasaan yang tidak dapat diungkapkan.

Kenapa orang melakukannya?

Apa Itu Self Harm dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Biasanya orang menyakiti diri sendiri untuk mengalihkan rasa sakit, pict by freepik.com

Biasanya, alasan orang menyakiti diri sendiri yaitu karena adanya beban hidup, sulit memahami atau mengekspresikan emosi, belum bisa melupakan trauma, beratnya rasa sakit, atau bingung dengan masalah hidup.

Seseorang yang menyakiti dirinya sendiri kemungkinan setelah itu akan merasa tenang dan puas walaupun hanya berlangsung sementara. Kemudian, jika emosinya kembali meledak-ledak, ia akan melakukannya lagi. Jadi, bisa dibilang self harm ini perilaku yang sifatnya berulang-ulang.

Seseorang yang melakukan self harm juga sering ditemukan di sekeliling kita tanpa disadari. Menurut pengakuan, ia melakukan tindakan ini setelah putus cinta dan berpikir dengan menyayat dirinya sendiri, rasa sakit yang ia derita bisa terlupakan dan berpindah fokus ke rasa sakit dari sayatan di tubuhnya.

“Gue ngelakuin itu semua karena membantu perasaan gue lebih tenang dan sakit yang gue derita lebih terfokus ke sayatan dan lupa dengan apa yang gue alamin,” katanya.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Self harm biasanya tidak mudah untuk diatasi, apalagi kalau sudah jadi kebiasaan. Tapi, beberapa cara ini bisa dicoba kalau kamu merasakan dorongan untuk melakukan tindakan tersebut.

  1. Cari tahu penyebabnya dan berdamai dengannya.
  2. Berbicara dengan orang yang paling dipercaya.
  3. Cari cara lain untuk mengatasi stres, misalnya dengan punya hobi baru yang positif.
  4. Kalau sudah berlangsung lama, jangan ragu untuk mencari bantuan profesional.

Nah, itulah sedikit tentang self harm dan cara mengatasinya. Ingat, menyakiti orang lain memang tidak diperbolehkan, tapi lebih tidak boleh lagi menyakiti diri sendiri. Kalau bukan dimulai dari diri sendiri, siapa lagi yang akan menyayangi kita?

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 1,203
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?