Majalah Sunday

9 Tipe Kecerdasan, Kamu yang Mana?

Penulis: Penulis: Erika Septiyanti – Universitas Negeri Jakarta  
Editor: Abdul Aziz-UNJ

Tipe-Tipe kecerdasan pada manusia itu sangat beragaman dan mungkin beberapa dari kalian pernah atau bahkan sering mendapat nilai jelek pada pelajaran di sekolah atau perkuliahan. Tetapi itu bukan berarti kamu tidak cerdas loh, Sunners.

Nilai akhir atau nilai rapot kalian tidak bisa menjadi tolok ukur kecerdasan.

Howard Gardener, seorang psikolog Amerika, mengidentifikasi terdapat 9 tipe-tipe kecerdasan. Mungkin kamu memiliki salah satunya, atau kamu malah memiliki lebih dari satu tipe kecerdasan itu. Kamu punya yang mana?

Tipe-Tipe Kecerdasan #1 Kecerdasan Naturalis

Jika kamu memiliki kecerdasan tipe ini, biasanya kamu sensitif dengan lingkungan. Kamu juga dengan mudah mengenali dan mengklasifikasi jenis-jenis tumbuhan atau hewan. Selain itu, orang dengan kecerdasan tipe ini merupakan pecinta alam, ahli biologi, dan penjelajah.

Tipe-Tipe Kecerdasan #2 Kecerdasan Musikal

Orang dengan tipe kecerdasan ini dapat dengan mudah membedakan, mengingat, dan mengulang nada, ritme, dan lirik pada musik yang sedang didengarkan. Jika kamu memilikinya, biasanya kamu mudah dalam mempelajari instrumen musik, dan kamu bisa menulis bahkan mengaransemen musik sendiri.

Tipe-Tipe Kecerdasan #3 Logika Matematika

Nah, ini dia jenis kecerdasan yang seringkali menjadi tolok ukur bahwa seseorang pintar. Rumus dan penalaran adalah keahlian dari orang-orang yang memiliki tipe kecerdasan ini. Jika kamu memilikinya, kamu biasanya suka dengan permainan strategi, masalah matematika, menghitung, dan mungkin kamu memiliki eksperimen-eksperimen sains sendiri. Dengan tipe kecerdasan ini, kamu sangat cocok menjadi ahli matematika, detektif, atau ilmuwan.

Tipe-Tipe Kecerdasan #4 Logika Eskistensial

Jika kamu memiliki kecerdasan ini, kamu sering memiliki pertanyaan soal eksistensial hidup. Meskipun pertanyaan-pertanyaan ini mungkin tidak memiliki jawaban yang pasti. kamu memiliki pikiran filosofis yang terkadang membuatmu terjaga di malam hari. Pikiran, ide, dan hipotesis kamu berpusat pada kehidupan dan makna simbolis dari itu semua. Mengapa kita disini? Apa tujuan kita?

Tipe-Tipe Kecerdasan #5 Logika Interpersonal

Orang dengan kecerdasan interpersonal dapat dengan mudah memahami orang, memperhitungkan sisi yang berbeda dari sebuah cerita, terbuka dengan perspektif yang berbeda, dan bersedia menempatkan diri pada posisi orang lain. Jika kamu memiliki kecerdasan tipe ini, kamu mampu membaca emosi orang lain dengan baik, dan dengan cepat mengetahui apakah seseorang itu tulus atau tidak.

Kamu memiliki empati yang tinggi, dan ahli dalam bersosialisasi dengan orang lain. Orang dengan kecerdasan ini akan berhasil di bidang pekerjaan sosial, sebagai guru, pekerja sosial, dan mungkin aktor.

Tipe-Tipe Kecerdasan #6 Kinestetik

Jika kamu memiliki kecerdasan kinestetik berarti kamu dapat menggunakan kekuatan pikiran dan tubuh secara bersamaan. Pada dasarnya kamu hebat dengan keterampilan motorik, atletik dan menari. Mungkin kamu adalah penari yang hebat, atau mungkin kamu unggul di bidang atletik. Pikiran dan tubuh kamu adalah satu dalam harmoni dan keterampilan fisik kamu tidak tertandingi oleh teman-temanmu.

Tipe-Tipe Kecerdasan #7 Kecerdasan linguistik atau bahasa

Apakah kepalamu memiliki kosakata yang luas? Apakah kamu berpikir mendalam atau sering bermonolog dengan dirimu? Bisakah kamu memahami arti kata dan bahasa dengan mudah? Jika iya, kamu memiliki kecerdasan linguistik.

Dengan jenis kecerdasan ini, kamu menikmati membaca, menulis, dan kamu menemukan keindahan dalam bahasa dan kata-kata. Bahasa asing dapat dengan mudah kamu pelajari, dan kamu belajar kata-kata baru lebih cepat daripada yang lain. Banyak orang dengan kecerdasan linguistik bekerja sebagai jurnalis, penyair, novelis, dan pembicara publik.

Tipe-Tipe Kecerdasan #8 Kecerdasan Intrapersonal

Jika kamu dapat memahami perasaan dan pikiranmu dengan sangat baik, juga kamu merasa dapat menyatu dengan dirimu sendiri, maka kamu memiliki kecerdasan tipe ini. Pikiranmu adalah tempat ternyamanmu. Kamu menyadari siapa dirimu, menerima dirimu, dan tahu apa yang kamu inginkan. Kamu tahu bagaimana mengubah dirimu menjadi lebih baik. Kamu bisa memotivasi diri sendiri. Jika kamu memiliki kecerdasan intrapersonal, kamu mungkin menjadi psikolog yang hebat, filsuf atau pembimbing rohani.

Tipe-Tipe Kecerdasan #9 Kecerdasan Spesial atau Visual

Orang dengan kecerdasan spasial biasanya belajar dengan cepat melalui visual. Jika kamu salah satunya, kamu biasanya menikmati memecahkan teka-teki dan labirin, kamu juga unggul dalam kegiatan menggambar dan melukis kreatif. Proses berpikir kamu ada dalam tiga dimensi dan kamu memiliki keterampilan artistik dan imajinasi yang luas. Jika kamu memiliki kecerdasan spasial, kamu mungkin melakukan keajaiban sebagai pematung, pelukis, pelaut, pilot, atau arsitek.

Jadi, cerdas bukan hanya kecerdasan logika matematika ya, Sunners. Jika kamu tidak terlalu baik dalam hal itu, kamu bisa fokus mengembangkan dirimu dengan kecerdasan yang kamu miliki. Dari 9 tipe-tipe kecerdasan di atas, kamu memiliki kecerdasan tipe apa, Sunners?

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 698
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?