WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

7 Jurusan Kuliah yang Sejalan dengan Jurusan di SMK

Hai Sunners, apa kalian sudah lulus SMK dan mau lanjut kuliah tapi bingung memilih jurusan apa ? Kalian tidak perlu khawatir karena kali ini Sunday akan membahas 7 jurusan kuliah yang sejalan dengan jurusan di SMK. Simak sampai habis ya!

Pendidikan SMK sebenarnya dipersiapkan untuk langsung terjun ke dunia kerja setelah lulus, tetapi tidak sedikit lulusan SMK yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Tapi, ketika memilih jurusan menjadi salah satu persoalan yang seringkali dihadapi. Nah, berikut ada 7 jurusan yang bisa kalian jadikan referensi saat bingung menentukan jurusan mana yang harus dipilih. Kalau bisa, pilihlah jurusan yang sejalan dengan keahlian kalian sebelumnya ya.

  1. Jurusan Akuntansi

Salah satu jurusan yang ramai peminat dan bisa kalian pilih sebagai lulusan SMK Program Keahlian Akuntansi adalah Jurusan Akuntansi. Secara umum, di jurusan ini kalian akan belajar mengenai debit-kredit, pembukuan, hingga pasar modal dan efeknya. Jadi, basic ilmu akuntansi yang kalian pelajari di SMK bisa kalian perdalam lagi di jurusan ini.

Setelah lulus dari Jurusan Akuntansi kalian bakalan mendapat gelar Sarjana Ekonomi (S. E). Dengan gelar tersebut, kalian bisa memulai karir sebagai seorang Konsultan Pajak, Ahli Keuangan, Akuntan, maupun Banker. Kalau kalian tertarik kuliah di jurusan ini, ada beberapa kampus yang punya Jurusan Akuntansi seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, dan Universitas Padjadjaran.

  1. Jurusan Administrasi Perkantoran

Sebagai lulusan SMK Program Keahlian Administrasi Perkantoran (Sekretaris), kalian bisa melanjutkan kuliah S1 pada bidang yang sama yaitu di jurusan administrasi perkantoran. Pada jurusan ini kalian akan belajar tentang pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan perencanaan, korespondensi, pengarsipan, pendataan, hingga penyediaan segala administrasi perkantoran.  Setelah lulus kalian bisa menjadi seorang Sekretaris, Staf Administrasi, General Affairs, maupun Staf Legal di suatu perusahaan seperti manufaktur, IT, dan perbankan.

  1. Jurusan Desain Komunikasi Visual

Apabila kalian lulusan SMK dengan bidang keahlian desain grafis dan tertarik mengasah kreativitasmu lebih lanjut, Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) ini bisa kalian jadikan pilihan untuk melanjutkan S1.  Pada jurusan ini, kalian akan mempelajari tentang teknik menyampaikan media dengan memanfaatkan elemen visual. Terdapat tiga peminatan yang bisa kalian pilih disesuaikan dengan kemampuanmu, yaitu Komunikasi Grafis, Komunikasi Visual Periklanan, dan Komunikasi Multimedia.

Di Indonesia ada beberapa kampus yang memiliki Jurusan DKV, seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Negeri Malang (UM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Institut Seni Indonesia (ISI). Lulusan dari jurusan ini kalian akan mendapatkan gelar Sarjana Desain (S. Ds). Gelar tersebut bisa kalian gunakan untuk melamar pekerjaan di berbagai bidang sebagai seorang Desainer Grafis, Ilustrator, Animator, dan Web Designer.

  1. Jurusan Film dan Televisi ini

Salah satu jurusan kuliah yang bisa kalian pilih setelah lulus dari SMK dengan Program Keahlian Multimedia adalah Jurusan Film dan Televisi. Selain belajar tentang teknis pembuatan film dan siaran program televisi yang sudah kalian peroleh di SMK, kalian juga akan dibekali dengan berbagai keahlian seperti manajemen produksi televisi, penulisan naskah, pengarahan acara, tata artistik, tata foto elektronik, dan editing elektronik.

Karena dunia perfilman sekarang lagi happening, maka nggak heran kalau lulusan jurusan ini banyak dibutuhkan. Kalian bisa mencoba berkarier di bidang broadcast dan industri perfilman sebagai Asisten Setting Film, Sutradara, Editor, Talent Director, dan Teknisi Kamera dan Fotografi.

  1. Jurusan Pariwisata

Ingin melanjutkan kuliah di Jurusan Pariwisata karena kalian lulusan SMK dengan bidang keahlian yang sama? Bisa banget kok. Kalian bisa memperdalam ilmu tersebut dan menggapai impian karirmu di jurusan ini. Nantinya, kalian akan mempelajari lebih lanjut mengenai bidang pariwisata yang meliputi manajemen destinasi wisata, manajemen tour dan travel, hingga perhotelan. 

  1. Jurusan Teknik Informatika

Bidang Teknologi dan Informatika selalu menjadi salah satu bidang favorit di kalangan siswa SMK. Bidang ini memiliki beberapa program keahlian, seperti Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Komputer dan Jaringan, serta Teknik Telekomunikasi.  Nah, buat kalian yang ingin memperdalam bidang ini di dunia perkuliahan, kalian dapat memilih Jurusan Teknik Informatika. 

Beberapa ilmu mengenai software dan computer science yang sebelumnya kalian dapat di SMK, bisa kalian kembangkan lagi lebih dalam di jurusan ini. Di Indonesia sendiri, kalian bisa menemui jurusan ini di beberapa universitas negeri seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Brawijaya (UB), Institut Sepuluh Nopember (ITS), dan Universitas Padjadjaran (UNPAD).

  1. Jurusan Arsitektur

Salah satu jurusan kuliah yang cocok bagi kalian lulusan SMK Program Keahlian Teknik Bangunan adalah Jurusan Arsitektur. Karena apa yang kalian pelajari dibangku SMK seperti teknik-teknik menggambar proyeksi secara manual dan digital dengan Autocad, bisa menjadi landasan saat kalian ingin melanjutkan kuliah di jurusan ini.

Di Jurusan Arsitektur kalian akan mempelajari mengenai desain dan rancangan konstruksi bangunan yang meliputi kekuatan bangunan (firmitas), estetika bangunan (venustas), dan fungsi bangunan (utilitas). Nah, untuk masuk di jurusan ini paling tidak kalian harus memiliki ketertarikan pada matematika, menggambar, seni, dan teknologi.

Jadi inilah 7 jurusan kuliah yang sejalan dengan jurusan SMK, jadi kalian jangan khawatir lulusan SMK masih bisa kok lanjut kuliah dan tidak mesti langsung bekerja. Jurusan diatas hanya beberapa dari sekian jurusan kuliah yang sejalan dengan jurusan SMK ya, jadi apa kalian sudah menentukan jurusan yang cocok ?

 

A Rizki – Polmed

Leave A Comment