WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

6 Cara Belajar Paling Efektif Untuk Jadi Juara Kelas

Halo, Sunners! Siapa di sini yang ingin menjadi juara kelas? Meraih prestasi saat duduk di bangku sekolah tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri. Pasalnya, untuk menjadi juara kelas bukanlah perkara yang mudah karena banyak yang perlu dipersiapkan. Salah satunya adalah cara belajar yang efektif. Nah, berikut ini ada 6 cara belajar paling efektif untuk menjadi juara kelas. Simak baik-baik ya!

  1. Cari Tahu Tipe Belajarmu

Untuk memaksimalkan proses belajar, kamu harus tahu terlebih dahulu nih tipe gaya belajar seperti apa yang pas untukmu. Umumnya, gaya belajar seseorang dapat dibagi menjadi tiga tipe, yaitu auditori, visual, dan kinestetik.

Bagi kamu yang memiliki gaya belajar auditori, biasanya lebih mengandalkan pendengaran. Sedangkan, untuk kamu yang lebih senang belajar dengan melihat gambar dan video, kemungkinan kamu adalah tipe visual. Sebab, orang dengan tipe belajar ini akan lebih mengandalkan pengelihatannya. Terakhir, untuk orang yang memiliki gaya belajar kinestetik akan lebih suka belajar dengan melibatkan gerakan atau metode praktik. Jadi, kira-kira gaya belajar yang cocok untukmu yang mana nih, Sunners?

  1. Ciptakan Suasana Belajar yang Nyaman

Belajar dengan suasana dan tempat yang nyaman tentu akan membuatmu lebih fokus dan semangat dalam belajar, loh. Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat suasana belajar yang nyaman, misalnya belajar sambil mendengarkan lagu atau makan cemilan favorit kalian.

  1. Belajar Rutin dengan Waktu Singkat

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentu kamu harus belajar secara rutin dengan waktu yang singkat. Jangan paksakan diri kamu untuk belajar dengan waktu yang lama. Usahakan waktu belajarmu selama 25-30 menit saja lalu beri jeda sebentar untuk beristirahat. Dengan waktu yang singkat, otakmu akan lebih mudah menerima materi pembelajaran.

  1. Manfaatkan Waktu Istirahat

Terlepas dari kegiatan belajar, istirahat juga sama pentingnya loh. Berilah waktu untuk dirimu beristirahat karena belajar di sekolah dan tempat les sudah cukup menguras tenaga dan pikiran. Untuk itu, manfaatkanlah waktu istirahatmu sebaik mungkin. Dengan istirahat yang cukup, badan dan pikiranmu akan kembali segar. Jadi tidak mudah jenuh, deh.

  1. Catat Poin-poin Penting

Ketika guru sedang menjelaskan, catatlah poin-poin penting di buku catatan atau sticky notes. Cara ini bisa membantumu dalam mengingat materi pembelajaran loh. Kamu bisa menggunakan pulpen berwarna atau highlighter supaya tambah semangat.

  1. Perbanyak Latihan Soal

Dengan mengerjakan latihan soal, kamu bisa mengukur sejauh mana pemahamanmu terhadap materi yang sudah diajarkan. Selain untuk mengukur kemampuan, latihan soal dapat membantu kamu dalam memahami materi dengan baik. Karena belajar teori saja tidaklah cukup, kamu juga perlu memahami bagaimana penerapan dari teori tersebut.

 

Nah, itulah 6 cara belajar paling efektif yang bisa kamu terapkan agar bisa menjadi juara kelas. Perlu diingat, jadikan kegiatan belajar sebagai kebutuhanmu. Selain itu, lakukanlah secara rutin dan konsisten. Sebab, sejatinya tidak ada yang tidak mungkin, asalkan kamu terus berusaha dan berdoa. Semoga dapat membantu ya, Sunners!

 

Syifa Nurul Aulia – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment