WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

5 Mitos Menstruasi dan Faktanya

Saat perempuan menstruasi terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan seperti mencuci pembalut, mengganti pembalut, dan lain-lain. selain itu, beberapa mitos kerap kali diperbincangkan oleh orang-orang. Ternyata mitos perempuan menstruasi banyak Sunners. Melanjutkan mitos yang sebelumnya, mimin kasih tahu lagi nih mitos serta faktanya. 

Tidak Boleh Makan Timun

Aku yakin tidak sedikit yang tahu mitos ini. Orang tuaku sendiri bahkan pernah berkata ‘kamu lagi mens? Jangan makan timun’. Dikutip dari hellosehat mitos makan timun saat haid menyebabkan darah haid tersisa di dinding rahim tidaklah benar. Darah haid tidak akan tersisa di dinding rahim, selesai Anda menstruasi, berarti darah memang sudah bersih. Selain itu timun mempunyai banyak manfaat lho Sunners. Timun mengandung beta karoten, mangan, vitamin C, dan beberapa antioksidan flavonoid yang dapat menangkal radikal bebas. 

Minum Soda agar Menstruasi Lancar

Nah, mitos satu ini pun sering kali diucapkan oleh remaja-remaja. Baikkah soda jika kita minum saat menstruasi? Soda memiliki kandungan kafein yang tinggi yang dapat memperburuk gejala haid seperti kram perut, sakit kepala, perut kembung, dan lainnya. Minuman soda juga mengandung gula yang tinggi. Konsumsi gula yang tinggi dapat menahan air dan natrium di dalam tubuh sehingga memperburuk gejala perut kembung saat haid.

Dari hal kedua hal tersebut anggapan soda memperlancar menstruasi adalah pernyataan yang salah. Karena penyebab menstruasi tidak lancar adalah hormon yang mengatur siklus menstruasi tidak seimbang, stres atau perubahan berat badan. Sebaiknya perbanyak minum air putih, makan makanan sehat, dan berolahraga agar melancarkan menstruasi.

Tidak Boleh Berenang

Renang merupakan salah satu olahraga yang dilarang saat menstruasi, katanya. Masyarakat beranggapan renang dapat membuat darah mens kita keluar, hal itu tidak dibenarkan karena saat berada di dalam air, tekanan air di kolam renang akan menghambat darah keluar. Tetapi darah bisa keluar jika menstruasi sedang banyak-banyaknya. 

Beberapa pendapat mengatakan berenang saat menstruasi dapat membuat miss V terkontaminasi dengan air kolam dan menyebabkan infeksi. Maka berenang saat menstruasi tidak begitu dianjurkan. Jika kamu ingin berenang lebih baik di hari-hari akhir masa menstruasi agar tidak khawatir. Kamu juga bisa menggunakan tampon atau menstrual cup. Selain itu setelah berenang usahakan untuk membasuh miss V dengan air mengalir.  

Minum Teh saat Menstruasi

Teh adalah minuman yang banyak diminati oleh masyarakat. Jika dikonsumsi secara tepat teh dapat bermanfaat bagi tubuh. Lalu apa kaitan teh dengan menstruasi? Masih banyak orang yang belum tahu hal ini. Beberapa penyebab minum teh saat menstruasi sebagai berikut.

Suasana hati menjadi terganggu

Teh memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi. Jika mengkonsumsi kafein berlebihan akan meningkatkan risiko gelisah, kecemasan, dan stres.

Risiko anemia 

Saat menstruasi darah yang keluar berasal dari tubuh yang memproduksi sel darah merah dengan memenuhi kebutuhan zat besi. Jika minum teh saat menstruasi, penyerapan zat besi di tubuh akan terganggu akibat zat tanin di dalamnya. Sehingga pembentukan sel darah merah yang baru menjadi terganggu dan risiko terkena anemia akan meningkat.

Perut kembung dan mual

Kadar hormon yang tidak menentu saat menstruasi dapat menyebabkan perut kembung dan mual. Jika minum teh saat menstruasi, kandungan tanin di dalamnya dapat membuat iritasi saluran pencernaan sehingga perut terasa tidak nyaman.  

Untuk mengurangi bahaya minum teh ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan seperti batasi porsi teh (240 s.d. 480 ml) per hari saat menstruasi, jangan minum teh bersamaan dengan makanan yang mengandung zat besi, jangan minum teh saat perut kosong, hindari konsumsi minuman yang berkafein, dan konsumsi teh hijau agar lebih aman.

Waktu yang Tepat untuk Ganti Pembalut

Saat menstruasi sedang banyak-banyaknya pastikan kamu mengganti pembalut secara rutin. Jika tidak, bakteri akan mengumpul di pembalut dan dapat menyebabkan infeksi miss V, infeksi saluran kemih, ruam, serta bau yang tidak sedap. Gantilah pembalut 6 jam sekali, jika menstruasi sedang banyak, kamu bisa ganti per 3-4 jam sekali. Bagaimana dengan mencuci pembalut di malam hari? Salah satu mitos yang paling sering didengar yaitu jika tidak mencuci pembalut kita bisa diikuti oleh makhluk gaib. Hal tersebut tidak berkaitan dengan hal gaib. Tetapi kamu tetap harus memperhatikan kebersihannya. 

Nyatanya pembalut memang dibuat untuk sekali pakai dan bisa langsung dibuang yang fungsinya untuk menampung darah menstruasi. Cara membuang pembalut jika tidak dicuci yaitu bungkuslah pembalut bekas dengan kertas atau kantong ramah lingkungan. Setelah itu jangan lupa untuk mencuci tangan. Jika mencuci pembalut pastikan mencucinya dengan bersih jangan sampai membuat bau tidak sedap di kamar mandi atau toilet umum. 

Setelah tau hal-hal di atas kamu harus tetap memperhatikan pola makan dan menjaga kebersihan ya Sunners.  

Hanifah Nur – PoliMedia Jakarta

Leave A Comment