WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Menghadapi Konflik Waktu Tugas Kelompok

Apakah bisa menghadapi konflik ketika masuk dalam tugas kelompok?

 

Seringkali tugas kelompok menjadi sangat memudahkan, sekaligus menyusahkan. Ia memudahkan karena tugas yang sulit atau yang kurang kita mengerti dapat kita pahami karena adanya kerjasama dan diskusi, apalagi ada teman yang terbilang pintar dalam kelas. Ia menyulitkan karena dalam kelompok tidak ada yang mau bekerja sama atau karena tidak suka sama rekan sekelompoknya. Lalu bagaimana kita menyikapi masalah yang ada dalam tugas kelompok. Mari kita lanjut baca.

Memiliki sikap rendah hati 

Humble, Sign, Signage, Metal, Word

Sikap rendah hati ini adalah antonim dari kata sikap sombong yang tentunya berbeda dengan sikap minder. Ketika kamu memiliki masalah, entah itu tidak suka, kurang nyaman, atau minder karena merasa tak sepadan sama teman kelompok, maka kamu mesti berusaha keras meminta diri agar mengalah untuk kebaikan. Caranya dengan mengajukan diri untuk mau bekerja terlebih dahulu dengan hati yang tulus seperti meminta untuk mencatat, mencari jawaban ataupun mempresentasikan jawaban jika diminta guru. Kalau ada yang kurang senang karena sikap kamu yang begitu, cobalah untuk meminta maaf dan mengarahkan mereka bahwa kamu dan mereka harus membagi tugas, bila ada ketua kelompok yang ditentukan guru biasanya akan mempermudah diskusi agar tidak saling iri hati. 

Memiliki Integritas yang tinggi

Signpost with four arrows - business ethics Metal signpost with four arrows, "integrity", "ethics", "respect", "honesty" words on them, blue sky with clouds and sun in a background.  integrity sign stock pictures, royalty-free photos & images

Integritas berarti kejujuran, yang mana saling mengenal teman kelompok itu perlu. Kamu mesti berkata jujur sama teman-teman dengan minta waktu 1 menit bahwa kamu orangnya cepat marah kalau dibentak, tidak suka begini dan begitu. Ini memang terlihat kaku dan receh, tapi dengan begitu akan membuat teman yang mungkin membenci kamu menjadi mengenal siapa kamu, sehingga mereka bisa mengerti saat kamu tidak terkontrol, entah itu marah, gurau, dan tertawa berlebihan. Biasanya ketika kamu jujur juga mereka akan sedikit jujur dan berusaha untuk mengerti kamu walau mungkin kamu pernah membuat beberapa dari mereka kesal. 

Memiliki sikap Berbagi dan peduli 

Berbagi dan peduli di sini bukan hanya membagikan jawaban yang luar biasa yang kamu punya, tapi bisa juga dengan rela hati memberikan makanan dan minuman yang kamu miliki. Memberikanya juga bukan dengan paksaan, tapi dengan ajakan yang baik. 

Memiliki sikap tanggung jawab

Bertanggung jawab pada bagian yang ditentukan oleh ketua kelas sangat penting, karena dengan begitu teman kamu akan terinspirasi jika kamu mengerjakan dengan benar dan teliti, apalagi jika kamu membantu teman yang kesulitan menjawab atau mengerjakan bagianya, namun perlu izin pada ketua untuk menghargai dia sebagai ketua. 

Realita yang terjadi dalam tugas kelompok sebenarnya jauh berbeda dengan fakta di lapangan. Cara apapun tidak seratus persen benar untuk menghadapi setiap masalah. Kita mempunyai teman kelompok yang kita sukai dan dianggap baik, tetap saja akan menciptakan masalah. Justru adanya masalah kita dapat bertumbuh dalam pengetahuan karena dari situ kita diajarkan bagaimana melihat perbedaan sikap atau karakter, sehingga kita dapat mengetahui cara menghadapi teman-teman kelompok berikutnya. 

 

Penulis: Tomi

Universitas Kristen Indonesia

Leave A Comment