WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Yuk, Kuasai Bahasa Inggris dengan Praktis!

Kebanyakan orang belajar bahasa Inggris takut dengan grammar πŸ˜€ padahal tidak perlu pakai grammar asal kalian paham apa yang diucapkan native speaker dan bisa mengucapkan kembali kata bahasa Inggris tidak menjadi masalah.

Sunners, tau nggak belajar bahasa Inggris gak perlu sampai ke luar negeri… belajar bahasa Inggris melalui film, lagu, mendengarkan podcast, dan novel bisa melatih skill bahasa Inggris kamu dengan praktis loh. Tapi banyak orang akan memilih belajar bahasa Inggris di tempat les atau ke kampung Inggris, padahal ada banyak cara yang bisa dilakukan asal ada niat πŸ˜€ tapi kan harus paham dulu dengan grammarnya ☹ memang pada dasarnya kita harus pahamin dulu grammarnya tapi pakai grammar yang umum saja. Atau mau belajar bahasa Inggris sama orang bule langsung? Bisa banget, orang bule akan senang ketika kita berbicara padanya ya walaupun gak bagus banget grammarnya seenggaknya kita bisa ngomong aja bahkan orang bule seneng kalo ada yang berani ngomong sama mereka ^^ wahh love banget!!
Belajar bahasa Inggris dengan praktis(?) gimana caranya? Ah, nggak yakin bisa. Susah ah nggak bisa ikutin cara ngomongnya, nggak tau pronunciation-nya… jangan menyerah dulu sunners sebelum mencoba ☺ emang bisa belajar bahasa Inggris lewat film? Lewat lagu? Podcast? Atau novel? Semua bisa asal niat.

Lewat film kalian bisa tau nih apa aja yang percakapan yang dibicarakan, terus kalau juga bisa memahami grammar apa yang dipakai, nanti kalian akan terbiasa dengan grammar apa yang sering dipakai dan kalau bisa jangan cuma sambil nonton πŸ˜€ tapi juga harus dipraktekkan cara ngomongnya biar makin lancar.

Lewat lagu gimana? Bisa, karena lewat lagu kalian lebih gampang mendengarkan pronunciation dan biasanya kalian lebih menghayati lagunya, dan lebih bagus lagi kalau kalian cari lagu yang gampang di dengarkan kata bahasa Inggrisnya.

misal: Justin Bieber yang lagunya Baby, lagu I Believe I can Fly versi Bianca Ryan, Celine Dion – My Heart Will Go On, Simply Red – You Make Me Feel Brand New dan masih banyak lagi.

Kalau lewat novel gimana? buat kalian yang suka baca novel atau buku bahasa Inggris lainnya bisa kok. Biasanya orang yang membaca novel bahasa Inggris bisa memperbanyak vocabulary (kosa kata) baru dalam bahasa Inggris, jadi kita lebih tahu arti kata tersebut dan alur cerita yang ada di dalam novel.

Kalau masih bingung mengenai novel apa yang cocok untuk kalian sekaligus melatih skill bahasa Inggris, berikut beberapa novel yang bagus untuk kalian yang mau belajar bahasa Inggris:
● The Wind in the Willows – Kenneth Grahame
● Lord of the Flies – William Golding
● The Old Man and The Sea – Ernest Hemingway
● High Fidelity – Nick Hornby

Belajar bahasa Inggris nggak perlu jauh-jauh apalagi sampai ke luar negeri πŸ˜€ banyak aplikasi yang bisa kalian unduh di handphone kalian untuk belajar bahasa Inggris. Atau kalian mau belajar bahasa Inggris lebih jelas tapi lewat website? Bisa dong, https://learningenglish.britishcouncil.org/ (ini website yang mau belajar Inggris pakai grammar).
Sunners yakin nggak mau belajar bahasa Inggris? πŸ˜€ gampang kan caranya? Yuk praktekkan mulai dari sekarang πŸ˜€ agar skill bahasa Inggris kalian lebih bagus. Dan nggak gugup lagi kalau ketemu orang bule. Jangan ragu, malu, dan takut untuk melakukan semua itu, percayalah karena hasil tidak akan menghianati proses!!

Penulis : Syifa Lisniawati, Universitas Kristen Indonesia

Leave A Comment