WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Tips Menghadapi Wawancara Penjurusan

Untuk saat ini apa bila kamu ingin masuk SMK jurusan, ada beberapa sekolahan yang memang menerapkan wawancara ke peserta didik.

Buat kamu tidak perlu khawatir karena cukup mudah ketika kamu sudah menguasi materi yang akan di ambil nantinya, dan kamu juga percaya diri menyampaikan ke pewawancara.

Sebenarnya tidak hanya tes wawancara, untuk masuk smk yang memiliki peminat yang banyak, biasanya pihak sekolah tersebut mengadakan penyaringan untuk siapa yang berhak masuk ke smk tersebut dengan memberikan berbagai tes. Contoh tes wawancara, tes kesehatan, dan tes tertulis. 

Man and Woman Near Table

Berikut tips agar kamu bisa percaya diri dalam menghadapi wawancara penjurusan yakni :

1. Kamu di tanya kenapa kamu memilih sekolah SMK ini ?

Jawab dengan tenang dan utarakan maksud kamu, dan juga kamu bisa berlatih dan susun di rumah.

Misalnya karena sekolah ini merupakan sekolah yang terkenal favorit dan lulusannya terkenal baik, selain itu jaraknya dekat dari sumah saya dsb.

 

2. Jurusan apa yang akan kamu pilih atau masuki di sekolah SMK ini?

Jawab sesuai dengan minat yang kamu ingini masuk jurusan apa. 

Misalnya kamu menjawab jurusan multimedia, lalu pewawancata biasanya akan memberikan soal tentang multmedia. Misalnya anda menjawab jurusan bangunan, lalu penanya memberikan pertanyaan lanjutan seperti “Anda bisa menghitung?” lalu kamu akan dikasih soal tentang menghitung.

 

3. Ceritakan tentang dirimu ? 

Beberapa hal yang bisa kamu ceritakan, di antaranya asal/ domisili. Asal/ domisili diperlukan apabila kamu dari luar kota atau luar pulau. Selain itu, asal SMP, prestasi selama SMP, pengalaman berorganisasi saat SMP, kegiatan di luar sekolah, kemampuan/ keahlian khusus /  hobi, seperti musik, olahraga, IT, programming, web-design, menari, seni drama, bahasa, dll.

 

4. Ada pula pertanyaan menjebak buat kamu 

Pewawancara biasanya melihat gerak-gerik peserta tes dan tiba-tiba menanyakan pertanyaan menjabak semisal. 

  1. Apa bakat dan minat kamu ?
  2. Apa kelebihan dan kekuranganmu?
  3. Bagaimana Anda menghadapi perbedaan yang ada di sekolah ?

Jawaban   Terlebih kamu harus jeli melihat jenis aktivitas atau bakat apa yang dicari atau menjadi incaran sekolah tersebut. Sebagai contoh sekolah A terkenal akan prestasi basket dan paduan suaranya, maka kaitkanlah kelebihanmu dengan talenta tersebut apabila memang talentamu berhubungan. Dalam perbedaan dengan berkontribusi pada penyelesaian masalah dan menghargai pendapat orang lain

 

Selain mempersiapkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas, hal yang perlu kamu perhataikan adalah sikap selama wawancara. Contoh di atas adalah gambaran yang bisa kalian terapkan. Semoga sukses masuk ke sekolah SMK yang kalian idamkan. 

 

Oleh : Lia Kurnianingsih – Universitas Tama Jagakarsa

Leave A Comment