WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

TIPS BEROLAHRAGA DI BULAN RAMADHAN

Hi Sunners! Di sini Sunners ada yang hobinya olahraga ga sih? Ada dong ya! Seperti yang kita tahu, olahraga itu penting untuk kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Selain itu, olahraga juga punya banyak manfaat untuk tubuh kita. Nah, tapi karena kita mulai memasuki bulan puasa, kira-kira gimana nih olahraganya? Apakah kita harus mengurangi waktu olahraga? Atau sebaiknya melakukan olahraga yang ringan saja? Berikut ini ada tips untuk Sunners yang mau berolahraga di bulan Ramadhan, yuk disimak!

  • Hidrasi yang Cukup Saat Sahur

Dikutip dari cnnindonesia.com, asupan air yang cukup saat sahur akan mencegah risiko dehidrasi selama puasa. Personal trainer, Sunny Salique, juga mengatakan bahwa hidrasi adalah faktor yang sangat penting, apalagi saat Anda merencanakan olahraga. Selain itu, saat bulan puasa hindari mengonsumsi teh, kopi, dan soda karena mengandung kafein yang diuretik. Efek diuretik maksudnya adalah membuat lebih sering buang air kecil. Hal ini tentunya dapat menyebabkan dehidrasi. 

  • Memilih Jenis Olahraga yang Tepat

Untuk Sunners yang ingin berolahraga selama puasa sebaiknya memilih jenis olahraga yang ringan sampai sedang. Contohnya yoga, jalan kaki, atau bersepeda. Olahraga ini dapat dilakukan selama 30 menit dengan frekuensi waktu 3-5 kali seminggu.

  • Menjaga Asupan Nutrisi

Selama bulan puasa, menjaga tubuh dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi sangat penting. Nutrisi dalam makanan yang dikonsumsi juga harus seimbang seperti karbohidrat, protein, lemak, dan serat. Sunners juga sebaiknya mengonsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks karena karbohidrat kompleks dicerna lebih lambat, sehingga bisa membuat kamu kenyang lebih lama loh! Makanan yang termasuk sumber karbohidrat kompleks adalah biji-bijian, kacang-kacangan, gandum, nasi merah, dan sayuran.

  • Memilih Waktu yang Tepat

Mencari waktu yang tepat untuk olahraga juga penting loh Sunners! Waktu yang paling baik untuk melakukan olahraga saat bulan puasa adalah waktu dekat jam makan. Nah hal ini dilakukan supaya bisa mendapat asupan energi kembali dalam waktu dekat. Disarankan untuk melakukan olahraga menjelang buka puasa, setelah shalat tarawih, dan menjelang sahur dengan durasi 30 sampai 60 menit menjelang waktu makan.

  • Waktu Tidur Cukup

Durasi tidur juga penting untuk mendukung olahraga selama puasa. Orang dewasa biasanya membutuhkan waktu tidur 7 sampai 8 jam per hari. Dengan tidur yang cukup, maka kinerja tubuh kamu juga semakin baik.

Nah, itu dia tips-tips yang bisa dilakukan untuk berolahraga selama bulan puasa. Bagi Sunners yang ingin berolahraga jangan lupa untuk menjaga kesehatan dan memperhatikan tips diatas ya supaya tidak salah dan mudah lelah saat bulan puasa!

Penulis: Jennifer Lauren – Universitas Tarumanagara

Leave A Comment