WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Tempat Nugas Berkelompok yang Aman dan Bikin Happy Kala Pandemi

Kerja kelompok makin numpuk…tapi ngerjain di rumah masing-masing via online malah makin suntuk?

 

PSBB udah balik ke transisi lagi nih Sunners, siapa nih yang udah mulai jalan-jalan santai bareng kawan-kawan kalian? Baiknya sih memang #dirumahaja dulu selama statistik kasus baru covid-19 masih belum stabil. Tapi seandainya mau refreshing sejenak setelah berbulan-bulan nggak keluar rumah, nggak masalah kok, toh pikiran kita juga perlu penyegaran. Selama kegiatan yang dilakukan di luar rumah itu senantiasa menaati protokol kesehatan dan tidak terlalu sering, kemungkinan besar kamu akan tetap aman.

Di antara banyaknya mata pelajaran yang diampu saat sekolah, khususnya anak SMA, sepertinya tugas-tugas yang bertubi-tubi sulit untuk dihindari. Tidak jarang pula ada beberapa mata pelajaran yang menuntut siswa untuk bekerja secara kelompok. Kerja kelompok memang bisa dilakukan via daring, namun ada beberapa tugas kelompok yang agak memaksa para siswa bertatap muka langsung dengan rekan kerjanya untuk menyelesaikan PR tersebut.

Misalnya untuk materi olahraga, siswa seringkali diperintahkan untuk membuat video yang berkaitan dengan materi yang sedang diajar. Kurang kondusif sepertinya untuk merekam video olahraga di dalam rumah, apalagi jika materi tersebut benar-benar tidak memungkinkan untuk direkam di dalam rumah, seperti misalnya materi sepak bola, bulu tangkis, tolak peluru, dan lain-lain. Selain mata pelajaran olahraga, beberapa mata pelajaran lainnya juga ada yang mengharuskan kerja berkelompok bertatap muka langsung, sebab tingkat kesulitan tugas mungkin lebih rumit untuk dikerjakan melalui daring.

Wah, kalau sudah seperti itu bagaimana nih Sunners? Meski terpaksa harus bertatap muka langsung, kalian masih bisa bekerja kelompok dengan aman dan nyaman kok. Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat-tempat terbaik untuk bekerja kelompok selama pandemi, antara lain :

1. Di rumah teman sekelompok

Di rumah teman sekelompok itu memang yang paling enak. Biasanya rumah teman sekelompok yang dipilih itu rumah yang paling dekat ke semua anggota kelompok, yang jaraknya paling strategis. Bisa dibilang dalam rumah adalah tempat yang paling aman dan nyaman untuk belajar kelompok. Tidak ada aturan khusus, tidak ada pengunjung lain alias tempat privat, tertutup dari lingkungan luar, cuma ramai sama kamu dan kawan-kawan aja deh pokoknya. Kalau beruntung kamu juga bakal dapet cemilan lho dari Si Tuan Rumah, tapi kerjain beneran ya Sunners, jangan malah sibuk ngemil, hehe๐Ÿ˜

Walaupun nggak ada aturan khusus kayak di tempat-tempat umum, jangan lengah sama protokol kesehatan ya Sunners, terutama selama dalam perjalanan. Jangan sampai kelalaianmu menimbulkan dampak buruk bagi penghuni rumah dan teman-temanmu.

2. Di Sekolah

Kok di sekolah sih? Kita aja kan sekolah online?

Beberapa sekolah mengizinkan para siswa untuk memakai fasilitas di sekolah asal memang benear-benar dipergunakan untuk kerja kelompok. Fasilitas seperti lapangan, koridor, ruang kelas biasanya diperbolehkan untuk diakses oleh siswa mengingat tugas tersebut juga merupakan tuntutan dari sekolah. Tentu saja kapasitas siswanya terbatas ya, dan tetap dalam pemantauan dari yang bersangkutan. Salah satu anak SMA asal Jakarta, Anjani Bilbina (16) mengaku sekolahnya mengizinkan berlangsungnya kegiatan kerja kelompok di sekolah.

“Boleh, biasanya tuh guru yang bersangkutan udah koordinasi duluan ke satpam yang jaga, biar dibolehin,” terang Anjani.

Anjani juga menambahkan kalau saat itu ia beserta teman kelompoknya meminjam lapangan sekolah untuk mengerjakan tugas penjaskes yang mana materi saat itu adalah bulu tangkis. Ia menjabarkan kalau sekolah adalah tempat yang paling strategis bagi Anjani dan teman-temannya, juga di sekolah terpadat fasilitas lapangan yang mereka butuhkan. Selain itu kerja kelompok ini mengharuskan tatap muka langsung, karena tugas materi bulu tangkis dari guru mereka membutuhkan lebih dari satu orang atau berpasangan dalam mengerjakannya. Pengerjaan bersama ini dilakukan karena harus bergantian saat mengambil rekaman video masing-masing pasangan atau kelompok.

3. Di Perpusnas RI

IDNTimes.com/Reza Iqbal Ghifari
IDNTimes.com/Reza Iqbal Ghifari

Perpustakaan yang terletak di pusat kota ini bisa jadi salah satu pilihan kamu dan kawan-kawan. Soal fasilitas, di sini udah paling lengkap lah pokoknya Sunners. Banyak banget spot yang bisa kamu jadikan tempat belajar, saking banyaknya mungkin di setiap sudutnya bisa deh๐Ÿ˜…. Suasana di Perpusnas ini relatif sunyi, tenang banget pasti buat kamu yang perlu konsentrasi penuh saat belajar atau mengerjakan sesuatu. Kalau kamu nggak suka yang terlalu tenang juga ada kok spotnya yang cukup interaktif satu sama lain, tinggal kamu pilih aja mau di lantai berapa.

Keamanan protokol kesehatan di sana sudah sangat mumpuni loh, jadi nggak perlu khawatir. Ada fasilitas kantin juga, terus transportasi menuju ke perpusnas juga banyak, salah satunya perpus ini bisa dijangkau oleh Transjakarta. Jam bukanya selama pandemi mulai dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Kalau penasaran, bisa cek-cek dulu web Perpusnas Ri-nya langsung ya Sunners.

4. Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA)

atmago.com

Kalau kalian lebih suka suasana belajar di ruang terbuka sambil melihat dedaunan hijau yang memancarkan udara segar, RPTRA bisa jadi salah satu pilihan. Semenjak PSBB transisi resmi dilakukan, RPTRA di kelurahan-kelurahan di Jakarta sudah mulai dibuka kembali. Disetiap RPTRA biasanya dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti, lapangan, jogging track, ruang belajar, saung, dan permainan anak.

Semua RPTRA juga dilengkapi oleh fasilitas cuci tangan serta kamar mandi. Selama pandemi RPTRA buka dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore dengan jumlah pengunjung yang dibatasi. Oiya, di RPTRA juga ada dilengkapi oleh jaringan wifi yang cukup cepat lho, lumayan banget kan Sunners!

5. Onezo Mall Kelapa Gading

pergikuliner.com/restaurants/jakarta/onezo-kelapa-gading

Buat kamu yang suka boba-bobaan, wajib banget nih kalian cobain ke Onezo. Di samping kualitas bobanya yang luar biasa, konsep tempat Onezo ini juga cozy banget. Desainnya kalem serba putih dan cokelat bisa jadi awal yang bagus buat membangun mood konsentrasimu. Outlet Onezo MKG ini juga dilengkapi dengan stop kontak di setiap mejanya serta ada wifi gratis juga tentunya. Area Onezo terbagi dua, ada indor dan outdor. Kalau kamu mau sekalian curi-curi waktu buat TikTok-an dengan latar belakang yang estetik, tempat ini jangan sampe cuma dilewatin aja nih Sunners, mampir-mampir lah sesekali.

6. The Reading Room

pergikuliner.com/restaurants/jakarta/the-reading-room

Buku, musik, dan kopi, kayaknya emang udah sepaket banget ya buat belajar. Suasana belajar yang mendukung nyatanya penting adanya sebagai pendukung pelajar dalam berproses saat mengerjakan tugas-tugas sekolah. Kalau kamu mendambakan atmosfer yang kuat untuk mendukung kegiatan kerja kelompokmu, The Reading Room ini adalah pilihan yang tepat.

Aroma buku yang menyatu dengan harumnya wangi biji kopi diiringi musik-musik klasik yang saling bersahut-sahutan, kebayang nggak gimana surgawinya tempat ini?

Desain interiornya mengusung konsep warna-warna bumi. Sebagian besar tembok di kafe ini dihuni oleh rak buku besar yang hampir menyentuh langit-langit kafe. Daripada ngebayangin doang, mending langsung otw aja dulu sini sambil kejar deadline tugasmu. The Reading Room ini berada di kawasan Jakarta Selatan dan buka mulai jam 10 pagi sampai jam 2 dini hari. Gak usah khawatir takut kafenya tutup ya kalau tiba-tiba hujan deras datang, karena di sini bisa sampai begadang sembari mantau hujan.

7. The Japan Foundation

https://jakartahighlight.wordpress.com/

The Japan Foundation ini adalah kantor Kedubes Jepang yang berada di Gedung Summitmas, Sudirman, Jakarta Selatan. Di sini terdapat perpustakaan umum yang lumayan lengkap. Buat kamu yang suka Jejepangan tempat ini bakal asik banget karena di perpustakaannya terdapat koleksi komik, majalah, anime, hingga buku-buku pendidikan mengenai untuk ujian N5-N2. Semua buku yang tersedia di sini bisa kamu pinjam setelah kamu terdaftar sebagai anggota.

Belum usai di sana, jika kamu minat dengan beasiswa kuliah di Jepang, The Japan Foundation ini benar-benar akan memenuhi semua keingintahuanmu terkait studi dan program beasiswa di Jepang. Perpustakaan di The Japan Foundation ini buka setiap hari dari pukul 09.30โ€”18.00. Khusus hari Sabtu dan Minggu hanya beroperasi sampai pukul 12.00 siang saja. Yakali nggak mampir, kan?

8. Bencooleen Cafe, Senen

https://www.len-diary.com/wisata-buku-di-pasar-kenari/Lenny Lim

Pemburu buku mungkin udah nggak asing lagi sama Pasar Kenari, Senen. Sambil menyelam makan ikan, kafe yang satu ini adalah tempat yang paling pas untuk kamu bersinggah setelah perburuan bukumu yang panjang. Kapan lagi kan abis borong buku bisa langsung dibaca sambil minum kopi.

Yap, kafe Bencoolen ini terletak di lantai 3 Pasar Kenari persis di depan tangga setelah kamu masuk melewati pintu kaca. Sesaat setelah kamu masuk, paru-paru kamu akan langsung dipenuhi aroma kopi khas Bengkulu yang bercampur dengan aroma kertas-kertas klasik yang menggairahkan.

Nama Bencoolen adalah nama Bengkulu dalam bahasa Belanda. Desain hemat listrik dari gedung Pasar Kenari ini akan menyuguhkan cahaya matahari langsung dari gedung Pasar tersebut yang bertemakan kaca-kaca. Sambil meneguk secangkir kopi, sekalian bisa menikmati pemandangan kota. Gedung ini juga ber-AC, jadi ya anti gerah alias mewah nanti ekonomis. Asyik parah lah tempat ini buat mencari inspirasi mengawali proses mengerjakan tugas kelompokmu.

Nggak bingung lagi kan mau kerja kelompok dimana setelah dapat beberapa rekomendasi tempat kerja kelompok dari Sunday? Kalau Sunners ada rekomendasi tempat yang keren banget dan sayang kalau kita lewatkan, tulis tempat kerja kelompok versi kalian di kolom komentar ya!

 

 

 

 

 

Leave A Comment