WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Tahukah Kamu, Hal Apa Saja Yang Dapat Mengurangi Pahala Puasa? Lalu, Bagaimana Cara Untuk Mengatasinya?

Hallo Sunner, tau gak sih selain makan dan minum yang disengaja terdapat pula beberapa hal yang bisa bikin pahala puasa kalian berkurang loh! Pasti kalian juga gak mau kan kalau pahala puasa kalian berkurang secara cuma-cuma?

Nah, mari kita simak yuk hal-hal yang dapat mengurangi pahala puasa agar Sunner puasanya tidak sia-sia hingga penghujung hari!

  • Muntah

Ketika kalian sedang melakukan puasa, pasti sering kali merasakan rasa mual yang diakibatkan karena perut yang kosong. Kita menahan rasa lapar dari matahari terbit hingga terbenam, sehingga rasa lapar pun melanda. Rasa mual yang tidak tertolong pun membuat kita ingin muntah ketika sedang berpuasa. Nah, buat Sunner jika merasakan hal seperti itu boleh saja memuntahkannya dan tidak perlu membayar puasa ganti, Sunner pun boleh melanjutkan puasa apabila merasa sanggup. Lain hal apabila kalian melakukan muntah dengan sengaja, itu sudah dapat dipastikan puasa kalian batal sehingga pahala yang kalian dapatkan akan berkurang loh…

Untuk menghindari terjadinya rasa mual berkelanjutan hingga muntah, kalian harus menjaga kondisi tubuh kalian, Sunners! Makanlah secukupnya saat sahur dan apabila kalian memiliki penyakit maag atau asam lambung, minumlah obat kalian agar mengantisipasi terjadinya muntah ketika sedang berpuasa.

  • Emosi

Rasa emosi memang tidak pernah lepas dari diri seseorang. Terkadang rasa emosi dapat dikeluarkan ketika terjadi suatu hal yang menjengkelkan. Bulan Ramadan ini mengajarkan kita untuk menahan segala hawa nafsu, salah satunya hawa nafsu emosi. Apabila saat berpuasa kita mengeluarkan emosi, hal tersebut dapat mengurangi pahala puasa kalian meskipun tidak batal loh…

Ketika sedang emosi terkadang diri kita sulit untuk dikontrol dan dapat melakukan hal yang keji. Hal tersebut pun masih banyak yang mempertanyakan apakah dapat membatalkan puasa atau tidak, namun dapat dipastikan pahala yang didapatkan berkurang meskipun tetap melanjutkan berpuasa.

Untuk Sunners agar tidak emosi saat berpuasa terapkanlah rasa sabar dan ikhlas pada diri kalian, karena hal itu salah satu kunci agar kita dapat meredakan rasa emosi. Hindarilah hal-hal negatif yang dapat memancing rasa emosi kalian ya, Sunners!

  • Tidur Berlebihan

Tidurnya orang yang berpuasa memang adalah bentuk ibadah, namun tidur yang berlebihan sangat bertentangan dengan ajaran yang dilakukan Rasulullah SAW. Ketika sedang berpuasa bukan berarti kalian dapat bermalas-malasan, Sunner. Kalian diberikan waktu untuk berlomba menambah pahala dengan melakukan ibadah sepanjang bulan suci Ramadan. Tidur yang berlebihan sangat tidak dianjurkan, karena dapat mengurangi pahala yang dimana seharusnya kalian bisa mendapatkan pahala yang jauh lebih banyak.

Agar kalian tidak bermalas-malasan dengan tidur yang berlebihan, aturlah waktu kalian dengan baik dengan baik serta diiringi dengan waktu beribadah sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW.

  • Mengeluh Lapar

Ketika siang hari rasa lapar sering dialami oleh setiap orang, karena kebiasaan makan siang yang diterapkan. Namun, ketika rasa lapar itu muncul saat berpuasa kita hanya dapat menahannya. Saat berpuasa kita sangat dilarang mengeluhkan rasa lapar tersebut, karena dapat mengurangi pahala berpuasa kita loh, Sunner! Kita pun sudah meniatkannya untuk berpuasa, sehingga mengeluh lapar termasuk hal yang dapat melemahkan niat kita sebelumnya.

Oleh karena itu, kalian dapat melakukan hal-hal produktif sehingga tidak merasakan lapar karena asyik melakukan hal tersebut dan tidak akan mengeluhkan rasa lapar ketika sedang berpuasa.

Penulis: Syahfira-POLIMEDIA

Leave A Comment