WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Sistem Belajar di Sekolah: Pilih PJJ atau PTM?

Ada 2 sistem pembelajaran selama pandemi Covid-19 yang sudah saya jalani sampai sekarang ini. Apa saja itu? Pembelajaran Jarak Jauh atau biasa disebut PJJ dan pembelajaran Tatap Muka atau biasa disebut PTM.

Tahun 2022 merupakan tahun pertama saya ke sekolah, belajar, dan bertemu teman dan guru secara tatap muka di jenjang SMA. Sebelumnya saya belajar, serta bertemu teman dan guru dari rumah dan menggunakan berbagai perangkat elektronik seperti laptop,dan hp serta internet sebagai akses untuk belajar dari rumah. Sebenarnya dari 2 sistem pembelajaran yang sudah saya lewati sampai sekarang ini memiliki ciri khas tersendiri serta kelebihan dan kekurangan nya. 

Selama saya belajar menggunakan sistem PJJ ada terdapat kelebihan dari sistem tersebut yang menguntungkan diri saya yaitu efisien dan mudah.Selama PJJ saat kelas sudah mau mulai jam 6.30 pagi saya tidak terlalu repot untuk mempersiapkan diri memulai pembelajaran seperti harus berangkat ke sekolah dengan jarak yang lumayan jauh dan padat lalu membawa perlengkapan buku buku ataupun perangkat elektronik dengan beban yang berat ke sekolah serta mandi dan rapi-rapian.Saya tinggal cuci muka, nyalain laptop, buka aplikasi zoom dan mengikuti pembelajaran, semua buku sudah ada di meja jadi tinggal ambil saja bila diperlukan dan dekat.

Namun ada kekurangan di balik kelebihan yaitu internet yang kadang tidak bersahabat dan perangkat yang terkadang error. Lalu, selama saya PTM ada kelebihan dan kekurangannya, kelebihannya itu saya bisa lebih fokus lagi belajar karena saat saya PJJ banyak sekali godaan yang membuat saya tidak fokus belajar yaitu main game dan situasi yang sangat berisik di sekitar sementara di kelas saya PTM suasananya hening dan sangat mendukung buat belajar. Selain itu, lebih dekat lagi hubungannya dengan guru dan teman-teman. Namun kekurangannya yaitu akses dari rumah ke sekolah yang kadang rumit karena jalanan ke sekolah sering kali macet dan mesti membawa buku dan perangkat elektronik yang berat serta insecure karena muka saya yang jerawat.

Penulis: Eliezer Ondo Bosta Purba, SMK PENABUR SUMMERCON BEKASI

Leave A Comment