WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Setelah Makan Berkeringat? Ini Alasannya!

Halo Sunners! Semoga kamu dalam keadaan sehat dan baik-baik saja ya.

Bicara tentang makan, siapa sih yang enggak suka makan? Biasanya saat makan makanan pedas atau panas tubuh kita memberikan reaksi dengan berkeringat, tetapi tidak hanya itu, kita kerap berkeringat meskipun makan makanan yang tidak pedas atau panas. Mengapa demikian? Mari kita bahas.

Makan Mengeluarkan Energi

Saat makan, tubuh seseorang cenderung mengeluarkan keringat. Keringat yang dikeluarkan tersebut disebut gustatory perspiration. Hal itu bisa terjadi karena stimulasi kelenjar tubuh. 

“Makan merupakan sebuah proses kompleks yang melibatkan mulut, kelenjar liur, kerongkongan, saluran pencernaan, perut, pankreas, empedu, dan hati. Proses ini membutuhkan energi. Selain itu, jenis makanan apa yang dikonsumsi juga mempengaruhi seberapa banyak energi yang dibutuhkan tubuh untuk mencernanya, proses ini dikenal dengan nama thermogenesis,” ungkap Somarriba.

Keringat yang muncul biasanya di daerah wajah, dahi, kulit kepala, dan leher, setelah makan. Bagaimana dengan makan makanan tidak pedas dan panas tetapi tetap berkeringat? Ternyata ada beberapa makanan yang bisa memicu keringat berlebih seperti berbahan dasar mi, makanan tinggi lemak atau yang digoreng, tinggi garam, bawang bombay, dan bawang putih. 

Ketika makan makanan berprotein tinggi dapat menyebabkan tubuh berkeringat lebih. Protein dan alkohol membutuhkan lebih banyak energi untuk dicerna dibanding makanan lain. sehingga tubuh bekerja lebih keras untuk mencernanya dan menyebabkan tubuh berkeringat. 

Mencegah Keringat Berlebih

Untuk mencegah keringat berlebih kamu bisa lakukan hal-hal berikut:

  • Makan nasi merah atau nasi hitam.
  • Gunakan minyak yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal saat memasak.
  • Kurangi konsumsi garam hingga maksimum 4 gram sehari.
  • Konsumsi makanan yang mengandung kalsium, terutama yang ada dalam buah.
  • Meminum teh herba seperti sage tea.

Namun, selain berolahraga jika kamu mengeluarkan keringat berlebih hingga basah kuyup, segera konsultasikan dirimu ke dokter ya. 

Hanifah Nur – PoliMedia Jakarta

Leave A Comment