WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Self-Blame: Ketika Kamu Merasa Dirimu yang Paling Salah

“Kalau dulu aku gak ngelakuin itu, pasti aku sama dia masih akrab sampai sekarang.”
“Kalau tadi aku gak telat bangun pasti aku bisa ikut ujian online.”
“Aku payah banget. Ngelakuin hal kayak gini aja gak becus.”

Self-blame atau menyalahkan diri sendiri merupakan tindakan emosional sering dirasakan ketika seseorang mengalami kegagalan, melakukan kesalahan atau mungkin menyakiti orang lain. Sebagian orang mungkin pernah mengalami hal ini karena pada dasarnya manusia memang tidak ada yang sempurna sehingga ketika melakukan salah satu dari ketiga hal tersebut, seseorang akan cenderung menyalahkan dirinya sendiri alias self-blame sebagai bentuk introspeksi diri. 

Tapi, ternyata self-blame ini dikategorikan kekerasan emosi paling toxic, lho! Kenapa? Karena saat seseorang melakukan self-blame, biasanya ia juga merasakan rasa sedih, takut dan khawatir jika suatu saat ia melakukan kesalahan yang sama lagi dan jika hal ini terjadi secara terus-menerus dapat menimbulkan rasa rendah diri, stress, bahkan depresi.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika kamu sedang berada di fase self-blame, yaitu:
1. Tenangkan dirimu terlebih dahulu. Saat menghadapi suatu masalah, jangan terburu-buru untuk mengambil tindakan atau keputusan karena melakukan hal tersebut justru malah mempersulit keadaan karena perasaanmu sedang campur aduk. Jadi, lebih baik menenangkan diri dan selesaikan masalah ketika perasaanmu sudah lebih stabil.
2. Coba untuk introspeksi diri. Introspeksi bukan berarti mencari kesalahanmu sendiri atau membuatmu jadi overthinking ya Sunners.. tetapi merenungi apa yang telah kamu lakukan sehingga masalah menjadi seperti itu. Dengan introspeksi, kamu akan lebih mudah mengetahui penyebab masalah dan dapat menjadikanmu pribadi yang lebih baik lagi.
3. Setelah tahu penyebab dari masalahmu, pikirkan dan lakukan solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Jangan tergesa-gesa dan hindari menyelesaikan masalah dengan cara menghakimi atau melimpahkan kesalahan ke orang lain. 
4. Berdamai dengan diri sendiri, jauhkan diri dari pikiran negatif dan tetap jaga hubungan baik dengan siapapun.

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai self-blame dan beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika berada di fase tersebut. Melakukan kesalahan itu hal yang wajar kok, tetapi jangan terlalu keras menyalahkan diri sendiri ya Sunners! Sebab orang yang hebat adalah orang yang mau dan bisa belajar dari kesalahannya di masa lalu.

Alda Alviani
Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta

Leave A Comment