WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Apa Itu Seksisme?

Seksisme adalah prasangka dan anggapan bahwa salah satu jenis kelamin lebih superior atau lebih baik dari pada jenis kelamin yang lain.

Seksisme dapat dialami laki-laki dan perempuan, namun sering kali, perempuan adalah korban seksisme di kehidupan bermasyarakat. Contohnya seperti “Laki-laki lebih cocok dijadikan pemimpin dibandingkan dengan perempuan, karena laki-laki lebih kuat” , “Perempuan tidak usah sekolah tinggi-tinggi karena nantinya juga hanya menjadi ibu rumah tangga, sementara laki-laki harus sampai kuliah karena nantinya harus bekerja”, dan contoh lainnya.

Secara tidak sadar, seksisme terjadi di kehidupan sehari-hari, baik laki-laki dan perempuan tidak sadar bahwa mereka sudah seksis terhadap jenis kelamin tertentu. Ucapan seperti lonte, pelacur, janda, sudah tidak perawan, dan sebagainya kata yang biasanya maknanya digunakan untuk merendahkan perempuan juga termasuk kedalam contoh seksisme. Maka dari itu bisa disebut korban seksisme lebih banyak di dapat oleh perempuan dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh – contoh di atas merupakan contoh bahasa seksis. Apa itu bahasa seksis? bahasa seksis adalah bahasa yang melemparkan label negatif pada perempuan ataupun laki-laki untuk kemudian maknanya menjadi sangat merendahkan. Yuk mulai sekarang dan seterusnya berhenti melakukan seksisme kepada siapapun, karena perilaku tersebut sangat tidak bagus.

 

Hikmah Magfiroh Fajri | Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta

Leave A Comment