WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Sakit Perut Menstruasi? Ini Tips Mengatasinya!

Hai Sunners, mungkin untuk kita remaja perempuan yang sudah pubertas pasti tidak asing dong dengan tamu yang selalu datang pada setiap bulannya atau menstruasi? Pasti pernah mengalami sakit ketika tamu datang dong? Pasti bingung nih, boleh gak minum obat? Terus, ada tidak cara meredakan nyeri secara alami?

 

1.Olahraga

Ada beberapa bukti untuk menunjukkan bahwa olahraga bisa membantu meredakan nyeri menstruasi.

2.Pijatan

Sebagian orang menggunakan pijatan untuk meredakan rasa sakit dan nyeri pada tubuh mereka. Cobalah memijat area perut yang terasa nyeri dengan gerakan memutar dan dengan lembut.

3.Meredakan nyeri dengan obat-obatan

Untuk obat pereda nyeri sementara yang efektif, cobalah obat pereda nyeri yang dijual secara umum seperti parasetamol, NSAID atau aspirin. Obat-obat ini telah terbukti membantu meredakan nyeri menstruasi dan penelitian menunjukkan bahwa obat-obatan yang mengandung 500mg parasetamol plus 65mg kafein lebih efektif daripada parasetamol saja.

Pills realistic. medical pile of different medicine 3d illustrations Free Vector

 4.Kapan harus menemui dokter

Jika Sunners memiliki kekhawatiran tentang nyeri menstruasi, mintalah saran dari apoteker atau dokter, khususnya jika kamu mengalami setiap dari hal-hal berikut ini:

  • Nyeri parah
  • Nyeri perut bahkan saat tidak sedang menstruasi 
  • Keluar cairan dari vagina secara tidak normal, khususnya jika cairannya kental atau berbau tidak sedap
  • Demam dan nyeri pinggul

5.Hawa Panas  

              Menempelkan sedikit hawa panas pada perut dapat membantu meredakan nyeri menstruasi. Cobalah heat patch atau menempelkan botol air panas pada perut.

oleh: Rayo Aprilia, Institut Bisnis Nusantara

Leave A Comment