WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Ruang UKS

Dok aku mau tanya, gimana ya, aku bingung karena aku selalu ada masalah dengan payudara, kadang terasa sakit. Temanku yang lain kok nggak pernah ada masalah seperti ini, aku jadi galauuu. Apa yang harus aku lakukan?

 

NN – Kelapa Gading 

 

Dear NN,

Tak perlu khawatir ketika mengalaminya, itu bukan gejala penyakit serius kok J Nyeri pada payudara atau mastalgia dapat terasa di bagian atas sebelah luar payudara dan menjalar hingga ketiak dan lengan. Apakah yang kamu rasakan sakit yang menusuk atau terasa kencang pada payudara?

Ada beberapa pemicu nyeri pada payudara,yang paling umum terkait siklus menstruasi. Nyeri yang dirasakan umumnya tiga hari sebelum menstruasi dan akan membaik setelah menstruasi selesai, meski intensitas rasa nyeri dapat beragam tiap bulannya. Hal ini terjadi karena perubahan hormon tubuh yang dialami pada saat menjelang menstruasi.

Nah, kita bisa meringankan rasa nyeri ini tanpa obat, antara lain dengan menggunakan bra yang sesuai, mengurangi makanan yang mengandung lemak jenuh, mengurangi asupan kafein dan jauhkan diri kamu dari merokok. Bisa juga memakai kompres air hangat ataupun dingin. Jika diperlukan sekali, baru deh mengkonsumsi obat anti nyeri.

Meski nyeri pada payudara umumnya tidak berbahaya, namun ada beberapa kondisi khusus yang kalau kamu dapati, kamu harus segera berkonsultasi dengan dokter:

 

  • Perubahan bentuk atau ukuran payudara
  • Keluarnya cairan yang diiringi darah dari puting payudara.
  • Ruam di sekitar puting atau perubahan bentuk puting
  • Bengkak atau benjolan disertai nyeri pada ketiak dan tidak sesuai dengan datangnya siklus haid
  • Tampak dimpling atau permukaan payudara yang nampak seperti ditarik dari dalam jaringan payudara
  • Gejala infeksi seperti bengkak, kemerahan atau rasa panas payudara yang disertai atau tidak disertai

 

Nyeri pada payudara merupakan hal yang wajar terjadi, terutama menjelang siklus menstruasi. Namun, waspadai rasa sakit yang diiringi dengan gejala lain ataupun berlangsung lama. Semoga cukup jelas ya!

Leave A Comment