WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Rasa Curiga, Hal Baik atau Buruk? Berikut Penjelasan dan Cara Mengatasinya

Kemunculan perasaan curiga pada seseorang memang tidak dapat dipersalahkan karena kecurigaan merupakan respons wajar bagi manusia yang memiliki perasaan. Kecurigaan bisa saja menjadi sebuah hal yang positif jika kemunculannya tidak berlebihan Sebagai contoh, manusia dapat lebih berhati-hati dalam berbagai hal karena adanya rasa curiga. Namun, kecurigaan juga seringkali menjadi petaka jika kehadirannya sudah berlebihan. 

Melansir Klik Dokter, rasa curiga yang berlebihan ternyata dapat membawa manusia kepada gangguan paranoid! Ciri lanjutannya adalah Meragukan kesetiaan orang lain, sangat sensitif terhadap kritik, cepat marah dan memusuhi, sulit untuk rilek hingga senang menyendiri. Namun, hal tersebut tentu perlu ditinjau lebih jauh oleh psikolog maupun tenaga ahli yang berkecimpung di dunia kejiwaan. Jadi, kecurigaan yang muncul pada manusia, belum tentu sebagai indikasi gangguan paranoid, ya!

Penyebab kecurigaan pun beragam, mulai dari momen traumatik, rasa tidak percaya, hingga didikan masa kecil. Kecurigaan juga dapat muncul di berbagai hubungan, seperti dalam kehidupan kantor, rumah tangga, dan tak terkecuali, pertemanan. Untuk mengatasi kecurigaan berlebih dan mencegah untuk sampai pada tahap gangguan paranoid, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan. Cukup mudah dan menenangkan.

Kendalikan Pikiran Negatif

Kecurigaan kerap kali hadir akibat adanya pikiran negatif terhadap sesuatu maupun seseorang. Untuk meminimalisir tersebut, yang harus dilakukan adalah mencari tahu kebenaran dan tidak cepat dalam menilai dan memutuskan sesuatu.

Kendalikan Emosi

Emosi juga seringkali menjadi petaka untuk berbagai hal. Jika kecurigaan datang disaat emosi sedang meluap-luap, sebaiknya hal yang dilakukan adalah menenangkan diri dan menuangkan emosi tersebut. Berbagai cara bisa dilakukan, seperti menulis, berkegiatan ringan, ataupun menangis.

Konsultasi ke Tenaga Profesional

Jika kecurigaan terus datang dan tidak dapat ditangani, sebaiknya hal yang dapat dilakukan adalah memeriksa lebih lanjut guna mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada diri tersebut. Cara ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Perlu diingat bahwa kecurigaan dapat menjadi hal baik, namun sesuatu yang berlebihan tentu akan menjadi hal buruk. Ketiga cara mudah di atas dapat membantu dalam menenangkan ataupun “menjinakkan” kecurigaan berlebih. Lebih dari itu, hubungan yang baik dapat terjalin dengan adanya kepercayaan yang baik juga. Jadi, selamat mencoba!

 

Penulis : Fiska Rahma Rianda – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment