WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Rahasia Menghindari Kanker Payudara Pada Usia Remaja

Kanker payudara merupakan kanker yang sering terjadi pada perempuan, penyakit ini sering disebut sebagai pembunuh perempuan nomor satu. 

    Menurut Kementerian Kesehatan RI, kanker payudara ini menempati angka tertinggi pada penyakit kanker yang menyerang terutama pada perempuan. Meskipun penyakit kanker ini sering terjadi pada perempuan namun pria juga dapat mengidap penyakit ini walaupun perempuan tetap memiliki faktor terkena kanker lebih besar.  Kanker payudara ini umumnya terjadi pada wanita dewasa saja, apakah bisa kanker payudara terjadi pada anak-anak? 

    Usia 15-39 tahun yang paling umum terkena kanker payudara, bila terjadi pada anak-anak kemungkinan besar itu adalah tumor payudara dan biasanya bukan kanker payudara. Tumor ini merupakan bentuk benjolan yang terdapat di bawah kulit sekitar payudara. Kebanyakkan kasus tumor payudara in tidak menimbulkan gejala dan bisa hilang dengan sendirinya seiring dengan bertambahnya usia. Tetapi jika tumor bertambah besar dan mulai tumbuh dengan cepat, ini mungkin terjadi jika anak memiliki keluarga dengan riwayat penyakit kanker payudara. 

Ini dia tanda dan gejala kanker payudara, kalian dapat memeriksa dengan melakukan gerakan ini: 

  1. Posisi badan berdiri dan tegak, kalian harus lihat apakah ada perubahan pada bentuk dan permukaan kulit payudara, pembengkakan atau perubahan pada puting.
  2. Angkat kedua lengan kalian ke atas, setelah mengangkat kedua lengan hal selanjutnya yaitu tekuk siku dan posisikan tangan kalian di belakang kepala. Dorong siku ke depan dan lihat baik-baik bentuk payudara serta dorong siku ke belakang.
  3. Posisikan kedua tangan pada pinggang, condongkan bahu ke depan sehingga payudara diangkat dan dorong kedua siku ke depan, lalu kencangkan otot payudara.
  4. Angkat lengan kiri ke atas, saat mengangkat lengan kiri kalian ke atas tekuk siku sehingga tangan kiri memegang bagian atas punggung, gunakan ujung jari tangan kanan dan raba serta tekan daerah payudara sampai ketiak. Lakukan gerakan atas-bawah, gerakan lingkaran, dan gerakan lurus dari tepi payudara ke puting begitu juga sebaliknya, ulangi gerakan yang sama pada payudara kanan. 
  5. Cubit kedua puting, ketika mencubit kedua puting kalian harus lihat apakah ada cairan yang keluar dari puting. Jika ketika kalian mencubit kedua puting terdapat cairan yang keluar cobalah untuk menghubungi dokter.
  6. Posisi tidur, selain cara yang diatas kalian dapat mengecek payudara dengan meletakkan bantal di bawah pundak kanan. Angkat lengan ke atas, cermati payudara kanan dengan lakukan tiga pola gerakan seperti sebelumnya dengan menggunakkan ujung jari dan tekan-tekan seluruh bagian payudara sampai ketiak.

Kalian dapat mencegah kanker payudara ini dengan beberapa cara yaitu:

  1. Mengonsumsi makanan bergizi seimbang
  2. Menghindari minum alkohol
  3. Melakukan olahraga secara rutin
  4. Menjaga berat badan ideal 
  5. Menghentikan kebiasaan merokok
  6. Menghindari pil KB 
  7. Istirahat yang cukup
  8. Jangan stress
  9. Melakukan deteksi dini dengan melakukan gerakan seperti yang di atas. 

Begitu cara memeriksa dan mencegah kanker payudara, jangan lupa untuk jaga kesehatan dan menjaga pola makan agar tetap sehat dan terhindar dari kanker payudara.

 

 

DIAJENG GENTALIA RIFANI- Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta

Leave A Comment