WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Puting Terbenam Apakah Berbahaya?

Setiap wanita memiliki bentuk payudara dan kondisi puting yang berbeda-beda. Namun, jika kita sebagai wanita memiliki puting terbenam atau masuk kedalam apakah berbahaya? 

Keadaan puting terbenam dikenal dengan istilah inverted nipple, yaitu kondisi dimana puting payudara yang seharusnya normal menonjol ke arah luar tetapi mala masuk ke arah dalam. Apakah kamu termasuk orang yang memiliki puting terbenam? Jika memang iya, jangan merasa malu dan takut akan hal tersebut, karena hal ini sebenarnya normal dan kerap terjadi cukup banyak pada wanita di dunia, yaitu sekitar 2 % sampai 10 % wanita di dunia yang mengalami inverted nipple.

Ada dua penyebab inverted nipple, yaitu bawaan dari lahir dan didapat. 

  1. Jika inverted nipple terjadi dari lahir, penyebabnya yaitu sejak masih didalam kandungan kalian mengalami kurangnya jaringan di dasar puting, saluran payudara pendek sehingga tidak berkembang, dan gangguan kolagen di puting. Dan jika inverted nipple dialami karena bawaan dari lahir maka relatif lebih aman di bandingkan dengan yang memiliki inverted nipple muncul ketika sudah dewasa.
  2. Jika inverted nipple tiba-tiba muncul atau di dapat ketika sudah dewasa, maka penyebabnya bisa jadi karena penuaan, sedang menyusui, karena operasi, pernah cedera, atau lain sebagainya. Jika inverted nipple muncul disertai dengan gejala-gejala lain seperti adanya benjolan di payudara, puting mengeras dan tertarik ke arah dalam, keluarnya cairan atau darah, segeralah periksa ke Dokter, takutnya itu adalah gejala dari  kanker payudara.

 

Hikmah Magfiroh Fajri | Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta

Leave A Comment