WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Prospek Kerja Jurusan SMK Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

Hallo Sunners! Kali ini kita akan membahas tentang prospek kerja jurusan SMK teknik komputer dan jaringan. Siapa diantara kalian yang setelah lulus ingin langsung bekerja ? pasti kalian akan memilih SMK untuk meneruskan ke jenjang berikutnya, karena di SMK kalian akan diajarkan secara detail praktik untuk bekerja dilapangan.

Bagi kalian yang suka oprek atau utak-atik komputer silahkan kalian masuk jurusan TKJ, karena kalian akan diajarkan bagaimana memperbaiki dan merawat komputer. Jurusan TKJ juga prospek kerjanya bagus loh! Yuk simak sampai habis.

Perkembangan Teknologi Informasi (IT) begitu pesat, hampir semua bidang pekerjaan tak bisa lepas dari Teknologi Informasi (IT) mulai dari sektor Pertanian, Industri, Jasa maupun Perdagangan sebagian besar memanfaatkan Teknologi Informasi (IT) dalam pengelolaan maupun pengembangan usahanya. Hal inilah yang menjadi daya tarik Jurusan TKJ sehingga peminatnya begitu banyak. Dengan banyaknya Perusahaan yang membutuhkan IT, maka Peluang kerja lulusan TKJ semakin terbuka lebar.

Di jurusan TKJ ini tidak hanya belajar teori perangkat keras komputer, tetapi juga bakalan mempelajari bagaimana cara mendiagnosa dan memperbaiki kerusakan komputer maupun laptop. Selain belajar praktik perbaikan komputer/ laptop pada jurusan TKJ ini di lebih difokuskan pada perancangan dan implementasinya untuk jaringan LAN, WAN maupun Internet dengan media dan perangkat terbaru.

Lalu bagaimana prospek kerja jurusan TKJ ?

  1. Teknisi Jaringan 

Pekerjaan seorang teknisi jaringan adalah untuk mengelola segala hal yang berkaitan dengan jaringan atau network, seperti WiFi, kabel telepon, atau instalasi jaringan lain. Kisaran gaji seorang teknisi jaringan adalah Rp.3.500.000.

  1. Teknisi Komputer atau Laptop 

Teknisi komputer adalah profesi yang sangat dibutuhkan mengingat saat ini hampir seluruh sektor pekerjaan menggunakan komputer dan komputer-komputer tersebut membutuhkan para teknisi untuk perawatan dan perbaikannya. Kisaran gaji seorang teknisi komputer adalah Rp.2.500.000-Rp.3.500.000.

  1. Administrasi Server 

Pekerjaan administrasi server atau admin server adalah untuk mengawasi, mengelola, serta mengamankan suatu komputer server. Prosedur penggunaan komputer server sendiri tentunya berbeda dengan komputer biasa. Kisaran gaji seorang admin server adalah Rp.3.000.000.

  1. Customer Service

Peluang atau prospek kerja TKJ selanjutnya adalah customer service. Saat ini customer service juga banyak bekerja dengan menggunakan layanan digital seperti e-mail dan internet, sehingga banyak membutuhkan lulusan TKJ. Kisaran gaji seorang customer service adalah Rp.2.800.000.

  1. Programmer

Programmer adalah orang yang bekerja untuk berbagai hal yang berhubungan dengan bahasa pemrograman dalam komputer. Dengan menguasai bahasa pemrograman, programmer juga bisa membuat software atau website. Kisaran gaji seorang programmer adalah Rp.3.000.000-Rp.6.000.000.

  1. System Analyst

System analyst adalah orang yang bidang pekerjaannya yaitu berbagai hal yang berkaitan dengan analisa suatu sistem. Hasil analisa sistem ini nantinya akan digunakan oleh seorang programmer. System analyst juga harus bisa membandingkan kelebihan dan kekurangan dari sebuah sistem yang hendak dirancang. Kisaran gaji seorang system analyst adalah Rp.5.000.000.

  1. Web Designer

Seorang web designer bertugas untuk merancang sebuah web dengan tampilan dan konten yang menarik dan dikirimkan ke pengguna akhir melalui World Wide Web. Kisaran gaji untuk seorang web designer adalah Rp.3.500.000-7.500.000.

  1. Data Entry

Pekerjaan seorang operator data entry adalah mengurus hal-hal yang berkaitan dengan sistem operasional, misalnya input dan output sebuah sistem. Kisaran gaji seorang data entry adalah Rp.3.000.000-Rp.5.000.000.

  1. Pengusaha Warnet 

Meskipun tampak seperti usaha kecil, namun pendapatan yang Kamu dapatkan bisa cukup besar dengan membuka usaha ini. Dengan estimasi biaya per jam Rp.3000, maka dengan 10 komputer yang beroperasi 16 am per hari Kamu bisa mendapat penghasilan kotor Rp.14.400.000.

Ada banyak sekali peluang kerja jurusan TKJ pada saat ini, karena jurusan ini memang sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan, apalagi saat ini apapun serba digital. Jadi itulah beberapa prospek kerja jurusan TKJ, semoga dapat membantu kalian dalam menentukan pilihan.

Leave A Comment