WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Kelebihan & Kekurangan Sekolah Online

Ada banyak sekolah dan kampus yang menerapkan sistem belajar online selama penyebaran pandemi virus corona di Indonesia.Penyebaran pandemi virus corona atau COVID-19 di Indonesia membuat banyak universitas dan sekolah menghentikan proses pembelajaran tatap muka. Sebagai gantinya, pembelajaran jarak jauh menggunakan teknologi smartphone atau bisa disebut sekolah online.

Selain itu, para murid atau mahasiswa juga mesti siap beradaptasi dengan perubahan pembelajaran yang diatur oleh sekolah dan universitas. Sekolah online ini dapat dipandang lebih bebas dan fleksibel diakses dari rumah.

Dalam hal sekolah online ini juga pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini merupakan masing-masing 7 kelebihan dan kekurangannya.

 

7 Kelebihan Belajar Secara Online :

 

1. Waktu dan Tempat Yang FleksibelWaktu dan tempat menyesuaikan dimana kamu berada. Bisa di dalam kamar, di ruang makan, atau sambil nongkrong di lapangan cari sinyal.
Anda lah yang menentukan posisi sambil duduk atau tiduran tidak ada yang tahu. Inilah pengorbanan yang Anda perlukan waktu dan tempat yang Anda punyai untuk diri Anda sendiri, belajar sambil mengatur diri. Menyesuaikan nyamannya dimana ketika Anda sedang belajar secara online.

 

2. Hemat Ongkos

Tidak seperti sekolah dengan bertatap muka yang membutuhkan ongkos untuk transportasi pulang dan pergi ke gedung sekolah, belajar online sama sekali tidak membutuhkan ongkos.

 

3. Hemat waktu perjalanan pulang pergi

Ketika sekolah secara online, kamu bisa menghemat waktu. Kenapa? Karena kamu tidak perlu berpergian dan hal itu akan membuat waktu yang seharusnya kamu gunakan untuk pulang dan pergi dari sekolah tidak lagi kamu perlukan.

 

5. Modal hanya punya handphone (laptop) plus kuota internet

Modal belajar kelas online hanya bermodal handphone yang disupport dengan kuota internet. Tinggal download aplikasi seperti whatsapp dan sejenisnya di handphone atau laptop juga bisa. Kemudian duduk manis menyimak materi, praktek dan teruslah hingga pertemuan akhir.

 

6. Semua materi bisa di save
Ini enaknya kelas online, bisa kirim by email, save di note dan lain-lain.

belajar offline terus si pematerinya cuap-cuap aja tanpa ada fotocopy materi apalagi modul. Pas pertemuan pikiran kita oke oke saja, capek diperjalanan materi menguap, lupa menuliskan. Tuh kan kalau online bisa dibaca berulang-ulang.

 

7. Praktis & ekonomis

Benar banget praktis dan ekonomis. Praktis bisa kita belajar sambil nunggu jam tidur, lagi mau rehat dari pada nonton sinetron mending gunakan buat belajar nulis. Ga perlu pergi siapkan ongkos dan pilih-pilih baju. Belajar sambil pakai baju piyama oke-oke saja tidak ada yang melihat. Sambil rambut acak-acakan juga tidak masalah.

7 Kekurangan Belajar Secara Online

 

1. Perbedaan Waktu

Sebenarnya waktu selalu jadi kambing hitam. Semua orang pastinya punya kesibukan sorangan alias sendiri-sendiri. Jika masih ada alasan waktu, misalnya beda cuma sejam antara WIB dan WITA, coba saja perjuangkan.

 

2. Budget lebih untuk kuota internet

Sering banyak notif dan sering download gambar apalagi video bikin kuota sekarat. akhirnya sering sekali beli kuota. Selesaikan masalah ini dengan cara memilah yanng perlu di download atau tidak. terapkan hidup hemat jika masih belum memiliki penghasilan.

 

3. Handphone Sering Penuh Notif

Baru ditinggal satu detik sudah banyak notif yang masuk. Gak dibaca takut ketinggalan, ga update, tapi kalau dibaca semua bikin napas pengap.

 

4. Baterai Handphone Cepat Habis

Baterai Handphone jadi lebih cepat habis karena selalu dipakai untuk memantau pelajaran sekolah yang datang. Walaupun hal ini bisa diselesaikan dengan cara men-charge kembali baterai hp ataupun dengan cara menyediakan power bank, tetap saja hal ini merupakan gangguan yang sangat tidak disukai kebanyakan pelajar.

 

5. Ga bisa jauh dari HP

Mau makan pegang HP, mau tidur pegang HP, bangun tidur pegang HP. Di tinggal bentar, ntar ada notif mengerjakam tugas. Pokoknya jadi gak bebas banget.

 

6. Miss communication

Namanya online, ada yang belajar sambil makan, tiduran, nahan ngantuk, badan lagi pegal-pegal bahkan ada yang diperjalanan. Miss communication ini menjadi salah satu penyebab utama dalam belajar online.

 

7. Tidak Fokus

Di  dalam sekolah online yang medianya memakai media sosial seperti ini. Ada yang hadir tapi pikirannya ada dimana dan masih banyak lagi. Banyak juga yang hanya menjadi silent reader. Padahal seharusnya, walaupun melalui online, kita juga harus tetap berinteraksi satu sama lain.

Leave A Comment