WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Pindah Dari SMA ke SMK, Bagaimana Sih Adaptasinya?

Sumber gambar : Pixabay

Hello Sunners! Apakah kalian sedang merasakan sekolah SMA dan mau berpindah ke SMK, tetapi takut dengan adaptasinya?

Tidak perlu takut menjalankan adaptasi ketika ingin masuk ke SMK, banyak-banyak belajar dari segala hal tanpa harus takut untuk beradaptasi dengan sekolah baru.

Yuk simak cara untuk adaptasinya, sangat mudah loh untuk dilakukan.

 

  • Pembelajaran

Hal yang pertama kalian lakukan untuk beradaptasi tentu saja dengan pelajaran dari SMK ke SMA. Pelajaran SMK ke SMA tentu saja sangat berbeda walaupun ada beberapa sedikit yang sama hal ini akan kalian lakukan jika kalian berpindah ke SMA. Cari tahu terlebih dahulu supaya kalian tidak terlalu kaget dengan pelajaran di SMA.

 

  • Penjurusan

 

Tentu saja penjurusan pada SMK dan SMA berbeda. Saat kalian sekolah SMK jurusannya pasti banyak dan macam-macam, sedangkan untuk SMA penjurusannya hanya dua saja yaitu ipa dan ips kalian yang ingin berpindah ke SMA alangkah baiknya untuk memilah penjurusan yang kalian minat yang kalian inginkan ipa atau ips itu akan lebih memudahkan kalian untuk belajar nanti. Jangan sampai salah pilih ketika kalian pindah dari SMK ke SMA.

 

  • Lingkungan Sekolah

 

Lingkungan sekolah termasuk untuk kalian adaptasi ketika berpindah sekolah atau jurusan. Ini untuk memudahkan kalian berbaur dengan teman sebaya kalian nanti, jangan takut untuk menyapa teman baru kalian ketika di SMA. Justru, hal ini dapat memungkinkan kalian untuk nyaman di SMA atau mungkin kalian bakal lebih akrab dengan teman kalian nanti. Lingkungan sekolah dapat berpengaruh untuk kalian yang bakal pindah dari SMK ke SMA.

 

  • Kenali Karakteristik Orang-Orang di Sekolah Baru

 

Cobalah untuk mengenali karakteristik lawan bicara kalian. Jika lawan bicara kalian lembut, maka kalian pun harus bicara dengan lembut. Menyamakan karakteristik dengan lawan bicara biasanya akan membuat lawan bicara semakin nyaman dengan kita.

Penulis : Zahara Salsabila | PoliMedia

Leave A Comment