WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Pilihan yang Seringkali Membingungkan: Ambil Jurusan IPA atau IPS di SMA?

Pilihan jurusan IPA dan IPS SMA seringkali membingungkan. Terkadang, orang tua akan memaksa anaknya untuk mengambil jurusan yang sama seperti mereka dulu. Mari kita bicara tentang IPA, karena dianggap lebih bergengsi. Padahal, anak-anak belum tentu menyukainya, bahkan mereka tidak memiliki bakat di bidang tersebut. Nah, pertanyaannya sekarang, benarkah IPA lebih bergengsi dari IPS?

Pada dasarnya, IPA dan IPS sama-sama bagus. Selama kalian benar-benar ingin melakukannya. Pasalnya, hal ini sedikit banyak akan menentukan jalan hidup kalian selanjutnya, terutama dalam memahami minat kalian dan memutuskan jurusan apa yang akan kalian pilih saat kuliah. Oleh karena itu, penentuan jurusan SMA memerlukan pertimbangan yang matang dan bila diperlukan.

Jurusan apa yang cocok dengan kalian di SMA? Nah, ada beberapa tips untuk kalian :

 

  • Bakat dan Kemampuan Kalian

Sangat bagus, kalian telah mengevaluasi nilai-nilai dari sekolah dasar hingga saat ini. Seberapa kuat nilai-nilai yang terkait dengan sains dan seberapa baik kalian dalam studi sosial. Kemudian, cari tahu mana yang kalian sukai untuk dipelajari. Jangan salah, dalam penelitian sains dan sosial masih ada perhitungan atau matematika. Namun, skalanya berbeda. Oleh karena itu, matematika adalah keniscayaan.

 

  • Cita-Cita

Penting juga untuk memperhatikan hal ini sedini mungkin. Meski terkadang berubah di tengah jalan. Namun, cita-cita mempengaruhi jurusan yang dipilih saat SMA. Misalnya, untuk menjadi pengacara atau akuntan, pilihannya adalah IPS. Pada saat yang sama, jika kalian ingin menjadi dokter atau arsitektur, kalian harus mengambil jurusan sains. Oleh karena itu, mulai sekarang sebaiknya selalu tanyakan kepada orang tua atau orang lain tentang pekerjaan yang kalian inginkan, sehingga pilihan jurusan SMU bisa berbanding lurus dengan pekerjaan yang kalian inginkan.

 

  • Hilangkan Mitos Tentang IPA dan IPS

Ada banyak mitos yang mengatakan bahwa sains adalah profesi anak yang cerdas. Hal sebaliknya berlaku untuk IPS. Namun, tidak. Untuk mencapai hasil yang baik, penelitian ilmiah dan sosial tetap harus diupayakan. Namun, fokus topik yang diberikan berbeda.

Oleh karena itu, penting juga bagi kalian untuk memahami profil masing-masing jurusan. Jika kalian mengambil jurusan sains, kalian akan mempelajari fenomena alam. Mata pelajaran yang dipelajari adalah biologi, fisika, kimia, dan matematika. Berlawanan dengan jurusan IPS, jurusan IPS lebih fokus pada perilaku manusia, apakah itu arkeologi, geografi, sejarah, akuntansi, atau ekonomi.

 

  • Hindari Ikut-Ikutan Teman

Kesalahan umum adalah memilih jurusan IPA atau IPS di sekolah menengah karena kalian mengikuti bersama teman-teman kalian. Bagaimanapun, masa depan kalian ditentukan oleh kalian. Sekali lagi, teliti minat dan kemampuan kalian agar bisa memilih jurusan yang tepat. Jangan sampai menyesal di kemudian hari, karena ternyata kalian tidak menyukai jurusan yang kalian pilih.

 

  • Pentingnya Diskusi Dengan Orang Tua

Hal ini sangat penting agar kalian dapat menyelesaikan proses belajar mengajar di sekolah dengan suasana hati yang gembira. Maklum, orang tua sudah melalui semua ini, jadi kalian pasti tahu mana yang harus dipilih. Meskipun mungkin, setelah berdiskusi dengan mereka, kalian akan memiliki pandangan dan keinginan lain. Tapi bagaimanapun, hasil diskusi dengan orang tua dan restu mereka pasti akan membuat kalian lebih bahagia dalam studi kalian.

Leave A Comment