WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Perbedaan Istilah di Kuliah dan SMA/SMK yang Harus Kamu Ketahui!

Halo Sunners! Sebagian dari kamu pasti ingin tahu sebutan di kuliah yang membuat kamu penasaran. Siapa yang sudah tidak asing dengan skripsi? Yap, biasanya dikeluhkan oleh mahasiswa semester akhir nih. Selain skripsi ternyata ada lagi nih Sunners, yaitu tugas akhir dan disertasi. Apa saja pengertian dan penjelasannya, yuk baca di bawah ini.

Saat duduk di bangku kuliah kamu akan menghadapi kelulusan dengan membuat penelitian seperti skripsi, tugas akhir, dan disertasi. 

Skripsi 

Skripsi merupakan karya ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa program S1 sebagai salah satu syarat lulus perguruan tinggi. Biasanya skripsi ditulis oleh mahasiswa berdasarkan konsentrasi keilmuan yang mereka pelajari atau berdasarkan hasil kajian pustaka yang ditulis oleh para ahli, hasil penelitian atau pengembangan.

Dalam pengerjaannya mahasiswa akan dibimbing oleh dua orang dosen. Mengapa demikian? Agar karya ilmiah yang dihasilkan dapat berkualitas.

Tugas Akhir

Karya ilmiah yang disusun oleh mahasiswa setiap program studi berdasarkan hasil penelitian suatu masalah yang dilakukan secara seksama dan dibimbing oleh pembimbing tugas akhir yaitu dosen. Biasanya tugas akhir merupakan syarat kelulusan untuk program diploma.

Tesis 

Tesis salah satu karya ilmiah tertulis yang disusun secara individual berdasarkan hasil penelitian empiris untuk dijadikan bahan kajian akademis. Tesis merupakan pernyataan atau teori yang merupakan hasil dari studi yang sistematis atas masalah. Di dalam tesis terdapat metode pengumpulan, analisis dan pengolahan data, menyajikan kesimpulan, serta mengajukan rekomendasi. Tesis dilakukan pada program magister atau S2.

Disertasi

Disertasi adalah karya tulis ilmiah resmi akhir seorang mahasiswa dalam menyelesaikan program S3. Disertasi merupakan bukti kemampuan mahasiswa dalam melakukan penelitian yang berhubungan dengan penemuan baru dalam program ilmu yang di pilih seorang mahasiswa S3.

Bagaimana dengan ujian akhir di SMA? Jika di perkuliahan ada tiga hal yang kusebutkan di atas, kalau SMA atau SMK terdapat US dan UN. Berikut penjelasannya.

Ujian Nasional

UN merupakan sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003

Ujian Sekolah

US merupakan ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan (ujian sekolah) yang bertujuan menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran. US dilakukan sesuai kurikulum yang digunakan satuan pendidikan, dan dapat dilaksanakan pada semester genap dan/atau ganjil oleh satuan pendidikan masing-masing. Sekarang namanya berganti menjadi USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional).

Lantas apa perbedaan keduanya?

Perbedaan UN dengan USBN yaitu pada proses pembuatan soal. Soal-soal untuk UN akan dibuat oleh pusat (Kemendikbud) berdasarkan kisi-kisi yang dikeluarkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Untuk USBN, soal-soalnya dibuat oleh guru-guru sekolah yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Kelompok Kerja Guru (KKG) sebagai organisasi profesi. Soal-soal pada USBN akan dibuat dengan perpaduan antara soal yang dibuat guru dan soal jangkar dari pusat sebesar 20 sampai dengan 25 persen.

Semoga membantu ya Sunners. Sampai jumpa!

Hanifah Nur – PoliMedia Jakarta

Leave A Comment