WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Payudara Kanan dan Kiri Berbeda Ukuran? Normal nggak, sih?

Siapa nih yang kemarin mantengin Twitter di tanggal 13 Oktober kemarin? Yes, No Bra Day jadi trending di Twitter dan bertepatan dengan bulan peduli kanker payudara yang jatuh tanggal 26 Oktober nanti. No Bra Day juga dibuat untuk meningkatkan kesadaran terhadap bahaya kanker payudara. SADARI atau Periksa Payudara Sendiri juga dapat menjadi metode yang digunakan dalam upaya untuk mendeteksi kanker payudara. Nah, mungkin ada diantara Sunners yang saat memandang payudara sendiri ternyata kok payudara kanan dan kiri berbeda ukurannya.

Kenapa Bisa Berbeda?

Ilustrasi Payudara Asimetris

Payudara besar sebelah atau bisa kita sebut payudara asimetris ini banyak dialami kok, girls, karena struktur anatomi manusia itu memiliki beberapa variasi bentuk. Selama ukurannya nggak melebihi 50% antara sisi kanan dan kiri, ini masih normal. Ada beberapa alasan mengapa perempuan ada yang memiliki payudara asimetris. Perubahan hormon selama masa pubertas juga ikut memengaruhi perbedaan ukuran payudara, sebab biasanya salah satu payudara akan tumbuh lebih dulu. Sebuah teori yang mungkin udah diketahui oleh banyak orang mengenai payudara besar sebelah ini juga berkata bahwa payudara kiri bisa lebih besar dari yang kanan karena letaknya yang berada di dekat jantung yang memiliki banyak pembuluh darah, urat nadi, dan lapisan lemak yang melindungi jantung. Oh iya, masa mentruasi juga bisa membuat kamu merasakan payudara asimetris, apalagi di usia remaja. Kelenjar susu akan mengalami pembengkakan karena pengaruh perubahan hormon selama menstruasi.

Dilansir tirto.id, dalam wawancara berjudul “My Breast are Different Sizes—Am I Normal?” yang dilakukan oleh University of Utah Health Hospital and Clinic bersama Dr. Kirtly Jones, mengatakan kalau tak ada perempuan yang memiliki payudara simetris. Penyebabnya seperti yang udah dibahas tadi nih, yaitu karena payudara yang satu lebih cepat tumbuh. Menurut Dr. Kirtly Jones, biasanya perempuan akan menyadari payudaranya berbeda ketika menggunakan bra, sebab bra dirancang untuk payudara simetris.

Payudara asimetris juga dialami oleh para ibu yang sedang hamil dan menyusui. Tubuh mempersiapkan diri untuk membentuk jaringan yang akan memproduksi ASI. Oleh sebab itu, ukuran payudara mengalami perbedaan.

Tapi, ada yang perlu diwaspadai nih girls kalau dirasa payudara kamu mengalami asimetris yang perubahannya secara tiba-tiba dan ukurannya lebih dari 50% alias kurang normal. Adanya benjolan membuat payudara jadi lebih besar dan bisa berkembang menjadi kanker payudara. Perlu diketahui bahwa salah satu gejala kanker payudara adalah perubahan mendadak pada ukuran, bentuk, dan penampilan payudara. Kalau seperti ini, kamu perlu untuk konsultasi dengan dokter. Jadi wajib banget untuk kamu melakukan Periksa Payudara Sendiri (SADARI) saat 7-10 hari setelah menstruasi untuk mengenal dan mengetahui kondisi payudaramu, girls.

Kalau payudara asimetris ini membuat kamu kurang percaya diri, ada tipsnya nih dari alodokter.com untuk membuat payudaramu terlihat simetris. Simak, yuk!

1. Mengenakan bra olahraga dan baju yang pas

Sport Bra
https://pin.it/3gm0ucCh

Mengenakan sport bra dapat membuat payudara yang kelihatan besar jadi terlihat rata, jadi akan mencegah payudara yang lebih besar terlihat menyembul keluar dari bra.

2. Menutupi dengan rambut

Rambut yang diurai ke depan
wikipedia.web.id/2015/08/potongan-model-gaya-rambut-panjang-cewek-terbaru.html

Jika kamu punya rambut panjang, coba ya untuk urai rambut ke depan dada untuk menutupi payudara yang lebih kecil.

3. Mengatur postur tubuh

Ilustrasi duduk menyamping
Celana Panjang Png vectors by Lovepik.com

Ketika duduk, bisa dicoba untuk duduk menyamping dengan posisi payudara yang lebih besar berada di tempat yang jauh dari hadapan orang lain. Posisi ini akan membuat payudara yang lebih kecil dan tampak sama dengan ukuran payudara yang lebih besar.

4. Menggunakan padding

Bra pads
https://pin.it/3WFP7dt

Kamu juga bisa menggunakan pad atau pengganjal di balik bra. Caranya dengan menggunakan pad yang nyaman, pilih bra dengan padding yang dapat dilepas, dan gunakan bra dengan lined cup. Bra jenis ini dapat menyamakan ukuran payudara yang berbeda ukuran, terutama jika ukurannya tidak terlalu jauh.

Payudara asimetris itu normal kok, girls, selama kamu tidak merasakan adanya perubahan secara tiba-tiba, ukuran yang melebihi 50%, dan terdapat benjolan. Jangan lupa untuk rutin melakukan SADARI dan mencoba tips yang sudah dibahas tadi kalau kamu kurang pede sama payudara asimetrismu. Salam sehat!

Dewi Amalia Fadzilah, Universitas Negeri Jakarta

 

 

 

 

Leave A Comment