WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Pasanganmu Menunjukan Rasa Sayang Berlebihan? Waspada, Bisa Jadi Itu Love Bombing!

Hai Sunners! Dipuji dan diperlakukan romantis oleh pasangan adalah hal yang didambakan oleh setiap orang, tak jarang hal ini membuat seseorang merasa sangat dicintai oleh pasangannya. Namun, jika pasangan Sunners melakukannya secara berlebihan, sebaiknya kalian harus berhati-hati, bisa jadi pasangan kalian adalah salah satu pelaku love bombing atau yang biasa disebut love bomber. Love bombing adalah tindakan romantis yang menunjukkan perhatian, pujian dan kasih sayang secara berlebihan, hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memanipulasi atau mengendalikan hubungan buat kepentingan pribadi si pelaku. Love bombing ini juga termasuk ke dalam toxic relationship loh. Nah mengetahui lebih lanjut mengenai love bombing, yuk simak artikel ini.

Tanda – Tanda Love Bombing

1. Memberikan Perhatian, Pujian dan Hadiah Secara Berlebihan

Love bomber akan memberikan kalian perhatian dan pujian dengan frekuensi yang berlebihan, hal ini mungkin akan membuat kalian merasa senang karena seolah-olah she/he is the one, namun hal ini justru digunakan untuk memanipulasi kalian.

Lalu seorang love bomber juga akan sering memberikan kamu hadiah-hadiah yang mahal atau mungkin tidak kalian perlukan secara tiba-tiba, hal ini dilakukan untuk membuatmu merasa berhutang dengannya. Terlebih lagi ketika ia berbuat salah seperti melanggar janji berbuat kasar secara verbal dan nonverbal, mereka dapat memberikan hadiah sebagai permohonan maaf, namun setelah kalian memaafkan, mereka tetap mengulanginya terus menerus.

2. Membuat Komitmen Terlalu Cepat

Biasanya seseorang membutuhkan waktu untuk jatuh cinta dan meyakinkan dirinya sebelum memutuskan akan memulai menjalin sebuah hubungan namun berbeda dengan seorang love bomber, dimana ia akan mengajakmu membuat sebuah komitmen dalam sebuah hubungan dengan cepat dan melontarkan kata-kata puitis yang mungkin terdengar romantis sehingga membuat kalian luluh.

3. Membuat Seolah-olah Mereka Sempurna Dimata Kalian

Tak jarang seorang love bomber akan selalu berusaha ada disaat kalian butuhkan atau bahkan menjadi sosok yang sempurna. Mereka akan berusaha memanipulasi seakan-akan ia adalah orang yang paling tulus sehingga membuat kalian ketergantungan. Hal ini juga dilakukan agar kalian juga dapat memenuhi segala permintaannya. Apabila kalian tidak memenuhi keinginannya, mereka akan mengancam untuk memutuskan hubungan dengan kalian.

4. Selalu Ingin Menghabiskan Waktu dengan kalian secara berlebihan

Ia selalu ingin menghabiskan waktu dengan kalian dengan frekuensi yang berlebihan hingga membatasi kalian dari teman, sahabat bahkan keluarga kalian dan meninggalkan kewajiban kalian. Ia juga tak segan untuk marah jika fokus kalian terbagi dengan hal-hal lainnya. Misalnya, ia tidak suka jika kalian menghabiskan waktu dengan sahabat kalian, mereka akan marah dan memanipulasi seolah-olah kamu salah karena tidak memenuhi keinginannya.

5. Tidak Menyukai Adanya Batasan dalam Hubungan

Hubungan yang sehat adalah hubungan yang menetapkan batasan-batasan tertentu, berbeda dengan love bomber biasanya tidak menyukai adanya batasan dalam hubungan, ia akan marah jika kalian menetapkan batasan diri. Misalnya, ia akan merasa kesal atau bahkan marah ketika kalian merasa ia terlalu berlebihan dalam meminta perhatian.

Apakah Love Bombing itu Berbahaya?

Love bombing ini sangat berbahaya loh Sunners, dimana love bombing ini dapat menyerang kesehatan mental kalian. Kalian akan dibuat merasa tidak percaya dengan diri kalian sendiri bahkan kalian akan kesulitan untuk membedakan mana yang benar-benar tulus dan mana yang sedang melakukan love bombing. Tak hanya itu, kalian akan dihantui dengan perasaan bersalah ketika kalian tidak dapat membalas segala sesuatu yang ia lakukan untuk mu, kamu merasa berhutang budi dan bertanggung jawab atas kebahagiaannya.

Jika Kalian Terjebak didalam hubungan love bombing, kalian harus memahami batasan-batasan apa saja yang boleh dilakukan dalam sebuah hubungan yang sehat. Apabila dirasa hubungan kalian melewati batas tersebut, sebaiknya perlu dikomunikasikan dengan pasangan kalian. Namun jika kalian sudah merasa tidak nyaman, kalian memiliki hak untuk menyudahi  hubungan tersebut. Hal ini memang tidak mudah, namun hal ini harus kalian lakukan demi kebaikan kalian.

Gimana sekarang sudah tahukan apa itu love bombing serta tanda-tandanya? Kalau sudah yuk share artikel ini ke orang-orang terdekat Sunners agar sama-sama dapat terhindar dari hubungan toxic.

Penulis : Nita Margaretta (Universitas Bunda Mulia)

Fotografer : Grace Noverina Hartini (Universitas Bunda Mulia)

Leave A Comment