WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Overthinking Sampai Kurang Tidur? Ini Cara Mengatasinya!

Haii, Sunners! Setiap orang pasti butuh istirahat agar tubuh tetap sehat dan pikiran kembali segar. Salah satu istirahat terbaik dan paling dibutuhkan oleh tubuh adalah tidur. Saat kita tidur, otak tentunya juga akan ikut beristirahat, sehingga saat bangun energi sudah terisi kembali.

Namun, bagaimana jika malam hari yang harusnya dimana otak dan tubuh kita istirahat tidak membuat kita tidur tapi membuat kita menjadi overthinking? Kita tidak bisa tidur karena terlalu banyak berpikir dan membuat kita terjaga di malam hari. Kita menciptakan skenario dalam kepala kita dan memikirkan kemungkinan-kemungkinan yang sebenarnya belum terjadi. Akibatnya, kita terjebak dengan pikiran-pikiran yang di luar kendali kita dan melupakan apa yang seharusnya jadi fokus kita.

Nah, untuk melawan overthinking, coba lakukan beberapa cara di bawah ini, Sunners:

1. Sadari kamu sedang overthinking

Menyadari kalau kita sedang overthinking adalah salah satu cara untuk mengakhirinya. Saat kamu menyadari bahwa hal-hal yang kamu pikirkan setiap malamnya adalah pikiran-pikiran yang sama atau berulang, itu akan membantu kamu mengakhiri overthinking. Coba tanya ke diri kamu sendiri, apa saat kamu memikirkan suatu hal secara berlebihan tapi kamu tidak melakukan aksi apapun, akankah itu bisa berubah? Apakah itu merubah yang sudah terjadi? Tentunya tidak akan berubah. Tentu saja itu sia-sia dan hanya akan menjadi beban pikiran untukmu. Lalu, kenapa kamu masih terjebak dan tidak bisa menyingkirkan pikiran-pikiran konyol itu. Penyebabnya adalah karena kamu menerima pikiran-pikiran yang belum tentu bermanfaat itu masuk dalam kepalamu, sehingga kamu memikirkan hal-hal di luar kontrol/kendali mu yang ternyata itu adalah pikiran-pikiran yang salah. 

2. Temukan hal-hal yang kamu takuti

Depression concept illustration Free Vector

Takut menghadapi masa depan merupakah salah satu yang membuat kita overthinking. Mungkin beberapa dari kita pernah berada di fase ini atau sedang berada di fase ini terutama bagi anak muda. Kita takut kalau yang kita harapkan tidak sesuai keinginan kita. Ada yang takut tidak bisa masuk universitas impian, ada yang takut tidak bisa lulus tepat waktu dan tidak mendapat nilai yang bagus, ada yang takut karier mereka akan tetap di tempat yang sama dan tidak berkembang. Tapi jika kita masih terjebak dengan rasa takut itu tanpa melakukan aksi apapun, itu tidaklah berguna. Yang perlu kita lakukan adalah kita harus tetap melakukan yang terbaik dari kita, jangan memikirkan hal-hal yang bahkan belum terjadi. Ketika kita sudah tau apa yang menjadi ketakutan kita, kita bisa belajar lebih giat dan mengembangkan diri, dan melakukannya dengan sungguh-sungguh supaya ketakutan-ketakutan yang menghantui kita tidak terjadi. 

3. Hindari yang membuatmu ke-distract

Sebelum tidur, hindari hal-hal yang membuatmu teralihkan. Seperti bermain handphone. Jika kamu merasa sudah mengantuk, segeralah tidur. Jika kamu pikir kamu hanya ingin melihat ponsel kamu sebentar, itu bukanlah benar-benar sebentar seperti yang kamu bayangkan. Tanpa kamu sadari kamu bisa menghabiskan waktu berjam-jam bermain HP, dan akhirnya kamu akan menjadi sulit untuk memejamkan matamu dan pikiran-pikiran yang tidak bisa kamu kontrol itu akan masuk ke kepalamu hingga menghantuimu. 

Menyuruh diri sendiri untuk stop overthinking mungkin akan terdengar mudah tapi sebenarnya sulit untuk dilakukan. Tapi, sebelum rasa overthinking kamu memberi dampak yang buruk buat kesehatan dirimu sendiri, cobalah untuk menyingkirkannya secara perlahan. Yang perlu kita pikirkan adalah apa yang membuat kita bahagia, hidup dengan baik, dan mempersiapkan yang terbaik untuk masa depan kita. Semoga ke-3 cara di atas bisa membantu menghilangkan rasa overthinking kamu ya, Sunners.

 

Penulis: Anjelia Panggabean, Universitas Kristen Indonesia

 

Leave A Comment