WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Mitos: Mandi saat Sakit? Mandi Air dingin Setelah Begadang? Mandi saat Berkeringat Setelah Olahraga? Risikonya Apa?

Sumber gambar : Freepik

Hai Sunners, pernah kamu mendengar atau melakukannya jika sedang sakit tidak boleh di sarankan untuk tidak mandi?

Dan jika kamu sedang begadang kamu tidak boleh mandi dengan air dingin karena dapat menyebabkan kematian dan mandi saat berkeringat setelah olahraga. Lantas apakah itu hanya sebuah mitos atau fakta? Yuk simak beritanya.

1. Mandi Saat Demam

Banyak orang yang ragu apakah boleh mandi saat sakit demam karena takut memperparah kondisinya. Jadi, apa boleh mandi saat sedang sakit? banyak orang melakukan berbagai cara agar demam tidak semakin parah. Salah satu yang kerap dihindari adalah mandi saat demam. Banyak yang beranggapan mandi saat demam akan memperberat kondisi dan semakin menaikkan suhu tubuh. Alasan ini membuat mandi saat sakit demam kerap dilarang. Namun ternyata, hal tersebut adalah mitos belaka. Faktanya, mandi saat demam tidaklah haram bila dipandang dari sisi kesehatan. Mandi merupakan salah satu cara untuk menjaga kebersihan diri serta menurunkan risiko terjadinya penyakit akibat higienitas yang buruk.

Dengan demikian, kamu harus mencermati beberapa hal berikut sebelum memutuskan untuk mandi saat demam, yaitu:

  • Mandi Menggunakan Air Hangat

Perhatikan suhu air yang kamu gunakan saat mandi. Banyak yang percaya bahwa mandi air dingin saat demam akan menurunkan suhu. Faktanya, hal tersebut justru dapat memicu sistem pengaturan suhu dalam tubuh untuk meningkatkan suhu. Anda justru akan semakin demam. Suhu air yang disarankan adalah suam-suam kuku (lukewarm) atau yang sedikit lebih hangat dari kondisi tubuh saat itu. Mandi dengan air hangat juga dapat membantu menurunkan suhu tubuh serta membuat otot lebih rileks.

  •  Durasi Mandi

Tidak perlu menghabiskan waktu lama untuk mandi saat sakit, khususnya demam. kamu cukup mandi 10-15 menit. Durasi yang terlalu lama justru dapat membuat kulit lebih kering.andi saat sakit demam juga akan membuat penderita merasa lebih nyaman karena tubuhnya sudah bersih dan segar.

2. Mandi Air Dingin Setelah Begadang

Beberapa orang memilih untuk mandi setelah begadang semalaman guna menyegarkan tubuh dan pikiran. Namun, beberapa orang meyakini efek mandi setelah begadang dapat membahayakan kesehatan. Lantas, apakah boleh mandi jika belum tidur?

Mandi setelah begadang, baik menggunakan air dingin dan air hangat, tidak dapat membahayakan kesehatan. Begadang atau tidak tidur semalaman bukan menjadi suatu masalah untuk dapat melakukan mandi pada pagi hari. Karena, belum ada hasil penelitian yang dapat menjelaskan secara detail mengenai bahaya mandi setelah begadang semalaman.

Jadi, secara umum, mandi setelah begadang cukup aman untuk dilakukan selama kamu merasa nyaman, segar, dan tidak ngantuk saat menjalani aktivitas di siang hari. Banyak yang bilang membahayakan, mandi air dingin setelah begadang dapat memberikan sejumlah manfaat yang baik bagi tubuh, yaitu:

  • Meningkatkan hormon endorfin
  • Meningkatkan metabolisme tubuh
  • Melepas stres
  • Meredakan nyeri
  • Menyegarkan tubuh
  • Mencegah tubuh dari infeksi penyakit
  • Meningkatkan kewaspadaan

Meski mandi setelah begadang semalaman umumnya tidak menimbulkan efek negatif pada tubuh, bagi orang yang memiliki riwayat penyakit jantung atau penyakit Raynaurd (penyakit yang mengganggu sirkulasi darah) ada baiknya menghindari mandi air dingin setelah begadang. Sebab, bahaya mandi setelah begadang pada orang-orang dengan kondisi tersebut dapat membuat tubuh shock. Terlebih, jika suhu tubuh mereka cukup panas akibat tidak tidur dan memilih berkegiatan selama semalaman suntuk. Akan tetapi, risiko bahaya mandi setelah begadang semalaman ini terbilang sangat jarang terjadi.

3. Mandi saat Berkeringat Setelah Berolahraga

Mandi saat berkeringat setelah berolahraga merupakan hal yang aman untuk dilakukan, dan justru dianjurkan. Alasannya, kondisi kulit yang lembap akibat keringat akan mempermudah perkembangan jamur dan bakteri di kulit, selain juga membuat kulit lebih rentan mengalami iritasi. Dengan mandi, kotoran, minyak, dan kuman yang menempel di kulit setelah berolahraga akan terangkat. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk segera mandi setelah berolahraga dan berkeringat. Jika kamu tidak sempat mandi, setidaknya usahakan untuk segera mengganti baju yang basah oleh keringat dengan baju yang bersih dan kering. Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko kulit mengalami iritasi dan infeksi.

Bagi kamu yang aktif berolahraga, mungkin ada ketakutan untuk mandi terlalu sering karena bisa menyebabkan kulit kering. Jangan khawatir, ada tips mandi setelah berolahraga yang dapat menjaga kelembapan kulitmu.

  • Mandi dengan air hangat atau air dingin
  • Batasi durasi mandi hanya sampai 5-10 menit.
  • Gunakan sabun antibakteri

Penulis : Zahara Salsabila | PoliMedia

Leave A Comment