WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Misteri Keraton Yogyakarta

Siapa sih yang nggak tau Keraton Yogyakarta?Salah satu objek wisata terkenal yang berada di pusat kota Yogyakarta memang menarik untuk dikulik. Di balik keindahan keraton ini, ternyata menyimpan kisah misteri lho Sunners.

  • Kereta Kencana Kanjeng Nyai Jimat

Di museum Keraton Yogyakarta menyimpan berbagai kereta kencana antik yang menyimpan cerita misteri.

Konon katanya, ada beberapa pengunjung sering melihat sesuatu yang tak kasat mata di kereta kencana tersebut. Lalu beberapa pengunjung lainnya mengaku melihat penampakan Nyi Roro Kidul di kereta kencana itu.

Setiap Selasa Kliwon atau Jumat Kliwon di bulan sura, kereta pusaka tersebut di keluarkan dari museum keraton untuk dibersihkan. Biasanya dalam ritual jamasan tersebut, banyak masyarakat sekitar datang berebut air yang dipakai dalam upacara, konon katanya air perasan jeruk nipis dan air kembang setaman yang digunakan untuk memandikan kereta kencana tersebut bisa mendatangkan berkah dan menyembuhkan penyakit.

  • Ular Melingkar Tiba-Tiba Hilang

Beberapa waktu lalu, warganet dibuat heboh dengan foto ular melingkar di salah satu tiang Bangsal Magangan Keraton Yogyakarta. Ular tersebut diketahui bernama Latin Lycodon capucinus, ular tersebut muncul dan tiba-tiba menghilang saat hendak dilihat oleh para abdi dalem.

Bangsal Magangan dahulu digunakan sebagai lokasi seleksi calon abdi dalem Keraton Yogyakarta. Sri Sultan sendiri kerap berada di bangsal untuk melakukan seleksi para abdi dalem.

Leave A Comment