WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Memahami Bahasa Dalam Ragam Ilmiah

Hai Sunners! Apakah kalian sudah mengetahui apa itu Bahasa Dalam Ragam Ilmiah? Kalau kalian belum pernah mendengar, kalian dapat membaca artikel ini lho!.

 

Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas Bahasa Dalam Ragam Ilmiah. Dimana acara ini diselenggarakan oleh Kampus Institut Bisnis Nusantara dalam Webinar HIMA Bahasa Inggris. Acara ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 03 Juli 2021 pukul 13.00 – 15.00 WIB secara online melalui platform zoom. Institut Bina Nusantara mengundang Ivan Lanin sebagai pembicara dan topik yang diangkat adalah Bahasa Dalam Ragam Ilmiah.

Topik yang diangkat dalam webinar menarik dan bermanfaat, terutama untuk mahasiswa karena dalam webinar ini lebih banyak membahas mengenai Penyusunan Karya Ilmiah, Bagian Karya Ilmiah, Perbandingan Karya Ilmiah, Keefektifan Kalimat, Penulisan Huruf dan Kata, Daftar Pustaka, dan masih banyak lainnya. Selain untuk mahasiswa webinar ini juga cocok untuk siswa SMA yang sebentar lagi akan beranjak ke-jenjang yang lebih tinggi. Dimana ilmu pengetahuan ini akan memudahkan kita dalam menulis karya ilmiah.

Salah satu contoh yang bisa kita ambil untuk bisa direalisasikan sehari-hari adalah Keefektifan Kalimat, hal ini cukup berpengaruh didalam kehidupan kita sehari-hari. Karena masih banyak orang yang tidak berbicara dengan cara yang efektif, Seperti “Jika hari hujan, maka saya tidak datang” kalau kita baca bisa dilihat ini adalah sebuah kalimat efektif, namun kenyataanya tidak. Kalimat yang efektif adalah “Jika hari hujan, saya tidak datang”. Terlihat jelas perbedaanya yang terkadang secara tidak sadar kita masih menggunakan kalimat yang kurang efektif. Hal ini juga berlaku dalam penulisan makalah atau karya ilmiah, kalimat efektif berfungsi sebagai menghemat kata-kata yang ditulis tanpa adanya pengulangan kata yang kurang enak untuk dibaca dan juga kalimat yang baik dan benar dapat memudahkan orang lain memahaminya sehingga maksud atau makan dapat tersampaikan dengan jelas.

Selain itu ada Daftar Pustaka, dimana daftar pustaka ini sangat penting didalam penulisan makalah atau karya ilmiah. Namun masih banyak dari mahasiswa atau siswa SMA yang menyepelekan hal ini. Daftar Pustaka ini penting agar penulisan kita di dalam makalah atau karya ilmiah tidak dianggap menjiplak karya orang lain. Musti kita ketahui, beda universitas beda penggunaan daftar pustaka maka dari itu sebelum kalian menulis makalah atau karya ilmiah kalian harus mengetahui universitas kalian menggunakan daftar pustaka apa. Daftar Pustaka memiliki Gaya Penulisannya masing-masing seperti APA (American Psychological Association), IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers), MLA (Modern Language Association). 3 Gaya penulisan Daftar Pustaka ini yang sering digunakan oleh universitas-universitas, maka dari itu kamu harus mengetahui universitas kamu menggunakan gaya penulisan yang mana, setelah itu kamu bisa mempelajari gaya penulisan tersebut. Walaupun terlihat mudah penulisan daftar pustaka ini agak rumit jika kita tidak mengetahui penggunaan tanda baca yang baik dan benar.

Assorted Books on Wooden Shelf

Webinar ini sendiri bertujuan untuk mengedukasi para siswa dan juga mahasiswa untuk mengetahui Bahasa Dalam Ragam Ilmiah, yang tujuannya untuk para siswa dan mahasiswa mengetahui cara-cara penulisan yang baik dalam mengerjakan makalah atau karya ilmiah. Karena penulisan bahasa didalam karya ilmiah akan terlihat berkualitas dan enak dibaca oleh para pembacanya jika menggunakan bahasa-bahasa yang mudah dipahami. Maka dari itu webinar ini dibuat dan mengundang Ivan Lanin sebagai pembicara agar penyampaian yang disampaikan cukup kompeten dan mudah dipahami oleh audiens.

Pahamilah Bahasa yang kalian gunakan dan pelajarilah sebaik mungkin, walaupun bahasa yang kalian gunakan sebagai bahasa sehari-hari tetapi tidak semua hal-hal dapat kamu ketahui. Maka dari itu tidak ada salahnya mempelajari bahasa yang kita gunakan, agar bahasa yang kita gunakan dapat semakin berkualitas baik itu dalam penulisan maupun pengucapan.

 

Penulis: Mahesa Dizar Purwana

Leave A Comment