WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Meditasi untuk Kelola Pikiran dan Perasaan

Halo, Sunners! Bagaimana kabarmu hari ini?

Mungkin sebagian diantara kamu sedang lelah karena aktivitas online yang padat. Atau kamu sedang bad mood karena tidak bisa bertemu kawan selama pandemi? Hal tersebut sangat wajar kamu alami, Sunners. Terkadang kita merasa cemas, moody, hingga timbul kebiasaan overthinking yang mengganggu kegiatan sehari-hari. Meskipun kebiasaan tersebut merupakan hal yang wajar, tetapi overthinking tidak boleh dibiarkan terus-menerus berlangsung. Overthinking dapat memicu penyakit, baik penyakit fisik maupun jiwa. Agar kebiasaan overthinking berkurang dan menghilang perlahan-lahan, kamu perlu melakukan meditasi.

Meditasi merupakan suatu bentuk latihan untuk melatih fokus hingga mencapai titik tertentu. Meditasi bertujuan untuk meningkatkan fokus, melatih konsentrasi, meredakan stres dan kecemasan, dan sebagainya.

Kamu bisa mulai meditasi dengan teknik yang paling dasar, yaitu breath awareness meditation. Dilansir dari halodoc.com, breath awareness meditation adalah jenis meditasi yang cocok untuk pemula karena langkah-langkahnya sangat sederhana dan berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Mulai selama 2 menit

Sebagai seorang pemula, mungkin kamu akan merasa kewalahan jika melakukan meditasi selama 10 menit atau lebih. Karena itu, kamu bisa melakukan tahap awal dengan melakukan meditasi selama 2 menit. Meskipun terkesan ringan, kamu perlu bersungguh-sungguh melakukan meditasi dengan fokus dan pernapasan yang teratur. Jika kamu berhasil melakukan meditasi selama 2 menit selama satu minggu, kamu bisa meningkatkan durasinya menjadi 5 menit, kemudian 10 menit setiap hari.

 2. Lakukan tanpa rasa khawatir

Biasanya ketika seseorang sedang bermeditasi, ada saja gangguan yang datang. Misalnya, deadline tugas yang menumpuk, suara bising di sekitar, dan sebagainya. Ketika pikiran yang mengganggu mulai datang, berusahalah untuk tetap tenang. Tetaplah pada posisi duduk yang nyaman dan fokuskan pikiran bahwa kamu sedang bermeditasi. Jika pikiran tersebut terlanjur datang, tidak apa-apa. Kamu tidak perlu mengulang meditasinya dari awal lagi. Lanjutkan meditasi tanpa mengkhawatirkan apa pun.

3. Berhitung

Saat mencoba untuk fokus terhadap meditasi, kamu mungkin mendapat distraksi dari sekitarmu. Kamu bisa menghitung embusan napas agar tetap fokus. Cobalah berhitung “satu” ketika kamu menarik napas, kemudian “dua” ketika mengembuskan napas. Berhitunglah hingga mencapai angka sepuluh, kemudian ulangi hitungan jika sudah selesai.

4. Beri apresiasi pada diri

Ketika meditasi sudah selesai, kamu akan berpikir “apakah meditasiku sudah berhasil?” Jangan khawatir, Sunners! Yang terpenting bukanlah berhasil atau tidaknya meditasi yang kamu lakukan, tetapi proses bermeditasi. Tidak apa-apa jika kamu belum melakukan meditasi dengan tepat karena kamu masih pemula. Jangan lupa memberi apresiasi kepada dirimu karena kamu telah melakukan suatu hal yang dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental bagi dirimu.

Itulah tips meditasi untuk pemula yang dapat dilakukan di rumah. Mulailah untuk meditasi dari langkah yang paling mudah, sehingga akan membentuk kebiasaan yang baik untuk dirimu. Jangan lupa menjaga kesehatan fisik dan mental ya, Sunners!

Hanan Afifah – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment