WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Mata Panda: Kenali Penyebab dan Tips Mengatasinya

Sunners! Apakah di antara kamu ada yang memiliki keluhan dengan kantung mata menggelap atau mata panda? Apalagi setelah setahun belajar daring dengan kebiasaan tidur larut malam rasanya kantung mata seperti makin menghitam dan mengganggu penampilanmu. Tapi, apakah penyebab timbulnya kantung mata hanya karena kebiasaan tidur larut malam? Yuk simak pembahasan Mimin di bawah ini.

Kantung mata atau yang sering kita kenal dengan sebutan mata panda merupakan lingkaran hitam yang ada di bawah mata. Untuk sebagian orang, adanya kantung mata ini dinilai cukup mengganggu penampilan apalagi jika kantung mata disertai dengan pembengkakan dan garis kerutan yang membuat wajah terlihat tidak fresh. Adapun penyebab timbulnya mata panda ini tidak hanya karena kebiasaan tidur larut malam saja lho, Sunners. 

Dilansir dari alodokter.com, penyebab lain yang memicu timbulnya mata panda antara lain stress, hiperpigmentasi atau peningkatan jumlah melanin di sekitar mata yang salah satunya diakibatkan karena paparan sinar matahari, berkurangnya kolagen di sekitar daerah mata dan adapun pembengkakan yang ada pada kantung mata bisa disebabkan oleh penumpukan cairan di sekitar daerah mata karena perubahan hormon atau terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung garam. Tetapi jangan khawatir, Sunners! Mimin punya beberapa tips sederhana untuk mengatasi mata panda.

1. Mengompres Daerah Sekitar Mata

Tips yang pertama ini berguna untuk mengurangi pembengkakan dan menyamarkan lingkaran hitam pada kantung mata. Cara ini bisa kamu lakukan dengan mengompres matamu sekitar 10-15 menit menggunakan lap bersih yang melapisi es batu atau direndam di air dingin. Selain dengan es batu dan air dingin, kamu juga bisa mengompres menggunakan kantong teh yang sudah dibasahi, potongan mentimun atau menggunakan masker gel khusus mata.

2. Menggunakan Eyecream

Selanjutnya, kamu juga perlu menambahkan step menggunakan krim mata pada rutinitas skincare-mu untuk menyamarkan mata panda dan menambah kolagen di sekitar daerah mata karena produk krim mata biasanya dilengkapi dengan Vitamin C dan E yang bagus untuk meregenerasi kulit. Untuk hasil yang maksimal gunakan krim mata secara rutin di pagi dan malam hari ya, Sunners!

3. Menggunakan Sunscreen

Masih berkaitan dengan tips yang kedua, tips ketiga ini justru merupakan step skincare yang tidak boleh kamu lewatkan karena sunscreen berguna untuk melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari yang salah satu efeknya dapat menyebabkan hiperpigmentasi atau membuat kulit menggelap. Agar dapat melindungi kulitmu secara maksimal, pilih sunscreen yang kadar spfnya diatas 30 dan gunakan sunscreen 15-30 menit sebelum kamu beraktivitas di luar.

4. Memperbaiki Pola Tidur

Lalu tips yang keempat, cobalah untuk memperbaiki pola tidurmu. Karena saat kamu tidur terlalu larut selain membuat tubuhmu terasa makin lelah, mata pandamu juga terlihat sangat jelas. Idealnya waktu tidur yang cukup yaitu 7-9 jam. Agar kamu berhasil melakukan tips ini, ada baiknya kamu juga mulai mengurangi minum minuman yang mengandung kafein seperti kopi. Karena zat kafein ini dapat menyebabkan kamu susah tidur yang kemudian mengganggu pola tidurmu.

5. Rutin Minum Air Mineral

Tips yang terakhir, alih-alih meminum minuman yang mengandung kafein kamu bisa coba mulai membiasakan diri untuk rutin minum air mineral. Karena air mineral tidak memiliki kandungan yang membahayakan tubuh, justru memiliki banyak manfaat seperti mencukupi cairan dalam tubuh dan juga dapat menetralisir pembengkakan pada kantung mata yang disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung garam.

Nah, itu dia beberapa penyebab dan tips sederhana untuk mengatasi mata panda yang tentunya sangat mudah dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Alda Alviani
Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta

 

 

Leave A Comment