WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Majalah Sunday

Cerita Mistis Dibalik Lagu Nina Bobo

cerita mistis lagu nina bobo

“Nina bobo oh Nina bobo…, kalau tidak bobo digigit nyamuk..”, Hai Sunners! Siapa sih yang tak kenal dengan lagu tersebut? Lagu “Nina Bobo” merupakan lagu pengantar tidur yang paling populer digunakan di Indonesia. Tak heran, waktu kecil lagu “Nina Bobo” kerap dijadikan “senjata” orang tua agar kita cepat tertidur pulas. Tetapi Sunners tahu gak sih kalau lagu “Nina Bobo” ini memiliki latar belakang cerita yang bikin merinding loh! Ada dua versi cerita mistis dibalik lagu “Nina Bobo”, Penasaran? Yuk baca artikel ini sampai habis, bagi kalian yang penakut jangan baca sendirian ya.

Asal Mula Penamaan Lagu “Nina Bobo”

Dikisahkan pada tahun 1871, lahirlah seorang anak perempuan bernama Helenina Mustika Van Rodjnik atau yang biasa dipanggil Nina. Nina adalah blasteran Belanda dan Jawa. Ibu Helenina bernama Mustika merupakan seorang penari yang berasal dari Jawa, Indonesia sedangkan Ayahnya bernama Van Rodjnik berasal dari Belanda.

Nina kerap mengalami kesulitan tidur, melihat hal itu Mustika memutar otak agar sang anak dapat tertidur. Sampai akhirnya Mustika menemukan cara untuk menidurkan anaknya, yaitu dengan bersenandung. Ternyata cara itu berhasil untuk membuat Nina tertidur pulas. Sehingga setiap malam Ibunya bersenandung agar Nina cepat tidur.

Melihat hal itu, Ayahnya meminta Mustika untuk membuatkan lirik dan lagu untuk Nina. Hal tersebut disetujui olehnya, ia menciptakan sebuah lagu yang berjudul “Nina Bobo”, lagu ini diambil dari nama anaknya yaitu Helenina. Ternyata lagu ini pun berhasil membuat Nina tertidur pulas, namun sayangnya hal ini membuat Nina ketergantungan jika tidak dinyanyikan maka ia akan menangis, sehingga sang ibu harus menyanyikan lagu ini setiap malam.

Namun saat Nina berumur 6 tahun, Nina jatuh sakit dan meninggal dunia. Hal ini membuat kedua orang tuanya sangat terpukul. Mustika pun tetap rutin menyanyikan lagu “Nina Bobo” saat malam hari walaupun Nina telah tiada, ia mengaku bahwa masih mendengar suara tangisan Nina di malam hari sehingga ia tetap menyanyikan lagu tersebut sampai akhirnya Mustika meninggal dunia. Setelah Istrinya meninggal, Van Rodjnik pun ikut menyanyikan lagu “Nina Bobo” di setiap malamnya. Konon katanya hal tersebut tetap dilakukan karena ia kerap mendengar suara tangisan Nina yang meminta untuk dinyanyikan lagu “Nina Bobo”.

Cerita Mistis Lagu “Nina Bobo”

Lalu adapun cerita mistis versi lainnya. Pada versi ini dikisahkan bahwa seorang anak perempuan bernama Nina Mijk yang tiba-tiba berperilaku seperti orang yang sedang kesurupan. Ia berteriak, mengumpat dan terlihat seperti orang yang kehilangan kontrol. Hal ini tak hanya berlangsung sekali namun setiap malam. Melihat hal itu, sang ibu terpaksa memasungnya. Hal ini dilakukan karena ibunya sedih melihat Nina yang semakin hari semakin menjadi-jadi hingga dapat melukai dirinya. Semakin hari badan Nina pun terlihat semakin kurus dan pucat.

Namun pada suatu malam, tiba-tiba Nina tak lagi berperilaku aneh. Ia terlihat lebih tenang, tetapi menangis sesegukan. Sang Ibu pun memeluknya, saat itu Nina meminta untuk dinyanyikan lagu “Nina Bobo” karena ia sudah sangat lelah. Mendengar hal itu, sang ibu menuruti permintaannya hingga Nina pun tertidur untuk selamanya.

Nah gimana nih Sunners, sekarang kamu sudah tahukan cerita dibalik lagu “Nina Bobo”? Kira-kira versi yang mana nih yang paling bikin kamu merinding? Yuk komen. Jangan lupa untuk share artikel ini ke temen-temen kamu ya, biar sama-sama tahu. Jadi Sunners masih berani untuk nyanyi lagu “Nina Bobo”?

Penulis : Nita Margaretta

Fotografer : Grace Noverina Hartini

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *