WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Manfaat Berpuasa untuk Mental Health & Tubuh

Sunners, tidak terasa ya sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadan. Bulan Ramadan disebut sebagai bulan penuh berkah yang dirayakan oleh seluruh umat muslim. Nah, bulan Ramadan biasanya sangat identik dengan yang namanya puasa. Puasa bukan hanya menahan lapar, nafsu, dahaga, dan menambahkan pahala saja loh! Ternyata puasa juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mental dan juga kesehatan tubuh.

Kesehatan mental adalah hal yang penting untuk setiap orang. Kesehatan mental merupakan suatu kondisi dimana batin serta watak seseorang dalam keadaan yang tenang dan normal, sehingga dapat beraktivitas dengan baik. Berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), kesehatan mental terdiri dari berbagai hal yaitu kesejahteraan psikologi, sosial serta emosional seseorang. Nah, dengan melakukan puasa, kita bisa mendapatkan banyak manfaat untuk kesehatan mental kita yaitu:

  • Meningkatkan suasana hati

Secara tidak disadari ibadah puasa merupakan kebiasaan positif yang dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Selain itu suatu penelitian juga menyebutkan puasa dapat menimbulkan hormon-hormon yang dapat mendorong rasa bahagia sehingga puasa dapat menimbulkan perasaan bahagia, bangga, dan kontrol diri.

  • Menurunkan tingkat stress dan kecemasan

Michael Mosley dalam buku The Fast Diet menuturkan bahwa puasa dapat menyebabkan BDNF (Brain-derived neurotrophic factor) yaitu adanya pelepasan produksi protein ke otak, pelepasan yang terjadi dapat memberikan efek yang hampir sama dengan obat antidepresan sehingga dapat menurunkan stress, depresi, dan kecemasan yang ringan. Michael Mosley juga menuturkan puasa telah terbukti untuk dapat melindungi sel-sel otak serta dapat mengurangi depresi tetapi puasa yang dapat memberikan manfaat seperti ini hanyalah puasa seperti puasa Ramadan yang hanya makan pada waktu tertentu.

  • Meningkatkan rasa percaya diri

Kurangnya kepercayaan diri dapat mengganggu kesehatan mental. Dengan berpuasa kita dapat meningkatkan kadar katekolamin, salah satunya hormon dopamin yang dapat meningkatkan kepercayaan diri dan kebahagiaan. Meningkatnya kepercayaan diri dapat membuat seseorang menjadi semangat dan dapat menjalankan aktifitas dengan baik.

  • Memperbaiki kualitas tidur

Kualitas tidur dapat mempengaruhi psikologis seseorang. Beberapa penelitian menunjukan bahwa dengan berpuasa dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik sehingga dapat memberikan dampak baik juga untuk psikologis seseorang.

Selain mendapatkan manfaat untuk kesehatan mental dengan menjalankan puasa, kita juga bisa mendapatkan manfaat untuk kesehatan tubuh juga loh. Kesehatan tubuh adalah kondisi dimana semua organ tubuh dalam keadaan baik dan tidak mengalami sakit dalam tubuhnya. Kesehatan tubuh juga tidak kalah penting dengan kesehatan mental, ini dia beberapa manfaat puasa untuk kesehatan tubuh kita:

  • Menstabilkan kadar gula darah

Dengan berpuasa kita dapat mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil loh sunners. Beberapa riset juga menuturkan bahwa dengan berpuasa dapat  menjaga kadar gula darah tetap dalam keadaan stabil dan menurunkan resiko resistensi insulin, sehingga sensitivitas tubuh dengan insulin menjadi meningkat. Namun perlu diingat, bila kamu sedang terkena diabetes lebih baik konsultasikan dulu kepada dokter sebelum melakukan puasa.

  • Dapat menurunkan berat badan

Mungkin Sunners sudah tidak asing lagi ya dengan pernyataan bahwa dengan berpuasa dapat menurunkan berat badan. Nah, ternyata ada penelitian pun yang menuturkan bahwa dengan berpuasa dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga penurunan berat badan juga dapat terjadi.

  • Adanya detoksifikasi tubuh secara alami

Detoksifikasi memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Detoksifikasi berguna untuk membuang racun-racun atau zat buruk yang ada dalam tubuh kita dan kurang bermanfaat. Kementerian kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) menuturkan salah satu manfaat menjalankan puasa adalah mendorong terjadinya proses detoksifikasi dalam tubuh.

Nah Sunners, itu dia beberapa manfaat puasa untuk kesehatan mental serta tubuh kita. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan mental dan tubuh kalian ya Sunners. 

Penulis : Noviyanti Setia Putri / Universitas Tarumanagara

Editor : Beninda Dhiyaa / PoliMedia Jakarta

Leave A Comment