WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Lulusan SMK Mau Kuliah Di Luar Negeri, Bisa Nggak Ya?

“Aku lulusan SMK, kira-kira bisa nggak ya kuliah di luar negeri?”

Hai, Sunners! Pertanyaan ini kerap kali muncul pada diri seseorang yang ingin melanjutkan jenjang pendidikannya yang lebih tinggi. Namun seperti yang kita ketahui, kuliah di luar negeri kebanyakan hanya untuk lulusan SMA saja. Tetapi, bagaimana jika kamu sebagai lulusan SMK?

brown wooden fence with blue and green wooden signage

Untuk kamu yang baru lulus SMK tetapi ingin kuliah di luar negeri bisa banget daftar ke kampus-kampus di Negara yang kamu ingin tuju. Sekarang ini sudah banyak Negara-negara asing yang membuka, loh! Seperti Australia, Singapura, Malaysia, Amerika, dan masih banyak lagi. Sebenarnya mudah untuk mendaftar kuliah di luar negeri, akan tetapi dari kitanya suka tidak percaya diri sebelum bertempur yang akhirnya mengurungkan niatnya. Biasanya mereka yang tidak percaya diri ini sudah memikirkan kesulitan mengenai kurikulum dan bahasanya. 

Walaupun begitu, untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliahnya ke luar negeri padahal kamu lulusan SMK Negeri, ada banyak cara untuk daftar kuliah di luar negeri. Salah satunya adalah cari-cari informasi seputar kuliah di luar negeri.

Sebelum akhirnya kamu memutuskan ingin masuk ke universitas yang kamu tuju, kamu harus mencari tahu dan mendalaminya. Seperti kamu ingin masuk ke universitas apa dan jurusannya, ini adalah salah satu tahap awal sebelum kamu melangkah ke selanjutnya,mencari jurusan dan universitas sebaiknya kamu tanyakan kepada dirimu dan orang sekitarmu agar kamu bisa memantapkan hatimu dan akhirnya memutuskannya. 

Tidak hanya itu, mencari-cari info di google dan bertanya kepada orang yang sudah berpengalaman juga menjadi salah satu tips agar kamu dengan mudah mendapatkan informasi seputar berkuliah di luar negeri sehingga kamu bisa lebih memaksimalkan pilihanmu nantinya.

Setelah kamu sudah mencari tahu informasi mengenai kampus dan jurusan pilihanmu, tahap selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah persyaratan. Setelah kamu mencari tahu seluk beluk kampus yang kamu impikan, saatnya kamu mengumpulkan persyaratan yang harus kamu penuhi. Biasanya berkas atau persyaratan yang diminta ialah ijazah dan transkrip nilai yang telah di terjemahkan oleh penerjemah tersumpah dan dilegalisir, dan berkas atau dokumen dasar lainnya. Tidak lupa juga kamu juga harus mempersiapkan TOEFL, surat motivasi atau motivation letter, esai, CV dan penghargaan-penghargaan yang kamu miliki. Namun berkas-berkas ini juga disesuaikan dengan syarat dari kampus itu sendiri ya!

kamu bisa mendaftar melalui yayasan  yang membuka beasiswa kuliah di luar negeri, institusi yang bisa membantu kamu, atau melalui kedutaan besar dari Negara yang ingin kamu tuju. Kedutaan besar biasanya mengadakan beasiswa untuk kuliah di luar negeri, kamu bisa mencari tahu melalui akun sosial kedutaan besar Negara yang ingin kamu tuju. Tetapi, jika kamu ingin melalui institusi yang terpercaya kamu juga bisa. Ini juga bisa memudahkanmu karena kamu akan dibantu dengan orang-orang yang sudah ahli dibidang ini. 

Sekarang ini, sudah ada beberapa kampus luar negeri sudah memberlakukan menerima nilai raport serta ijazah asal nilaimu sudah melebihi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) ya! Jadi kamu tidak perlu khawatir, karena sesungguhnya tidak sulit kok untuk mendaftar kuliah di luar negeri asal ada niat dan usaha. Tetap semangat !

 

Halidah Sarah Pratiwi – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment