WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Ketahui apa itu TOEFL dan IELTS sebelum mengambil tesnya!

Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Hallo Sunners!

 

Kemampuan berbahasa Inggris di zaman globalisasi ini memiliki kedudukan penting untuk kehidupan kita, baik dalam hal akademik mau pun ekonomi dan lainnya. Contohnya, beberapa lowongan pekerjaan meminta nilai kemampuan bahasa Inggris kita. Hal tersebut juga berlaku jika kita ingin melanjutkan studi ke luar negeri, salah satu syaratnya ialah skor nilai kemampuan bahasa Inggris kita.

 

Sudah banyak pula tes-tes kemampuan berbahasa Inggris yang dapat kamu temui di internet. Namun, kamu bingung dengan banyaknya pilihan. Salah satunya TOEFL dan IELTS. Lalu apasih kedua tes tersebut? Apa perbedaannya?

 

Artikel kali ini akan membahas secara singkat perihal TOEFL dan IELTS juga perbedaan kedua tes tersebut. Bagi kalian yang ingin tahu, terus gulir ke atas layar kalian ya!

 

TOEFL

 

TOEFL singkatan dari Test of English as a Foreign Language, merupakan tes ujian kemampuan bahasa Inggris yang paling banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Dilansir dari www.wallstreetenglish.co.id , TOEFL ialah tes yang dilakukan untuk menguji  kemampuan bahasa Inggris yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. Tujuan mengambil tes juga untuk memenuhi syarat akademik dan pekerjaan.

 

Tes TOEFL umumnya dipakai oleh institusi dari Amerika Serikat dan Canada, sehingga tes menggunakan bahasa Inggris Amerika atau American English. Tes ini juga terbagi menjadi dua jenis, yakni PBT (paper-based test) dan iBT (internet-based test). Skor atau nilai untuk ujian PBT berkisar antara 310 – 677 sedangkan untuk yang iBT berkisar antara 0 – 120.

 

IELTS

 

Selain TOEFL, tes IELTS masuk salah satu tes kemampuan berbahasa Inggris yang banyak diketahui dan digunakan oleh orang-orang yang digunakan untuk studi, bekerja, dan perpindahan tempat tinggal atau imigrasi. Dilansir dari www.wallstreetenglish.co.id bahwa IELTS diselenggarakan oleh institusi dari Universitas Cambridge dan British Council, tetapi bahasa Inggris yang digunakan ialah bahasa Inggris Britania atau British. Mungkin beberapa tempat ada yang tetap menggunakan bahasa Inggris internasional.

 

Kisaran skor dari skala 0-9, minimal skor yang harus kamu dapat untuk mencapai nilai terbaik ialah 5.5-7. Namun, skor tiap instansi atau tujuan kamu berbeda-beda tergantung kebijakan mereka.

 

 

Nah, lalu apa sih perbedaan dari TOEFL dan IELTS?

 

  1. Pertama, jenis tes TOEFL menjadi dua, yakni PBT (paper-based test) dan iBT (internet-based test), untuk iBT hasilnya akan berlaku di semua wilayah dan segala  kepentingan karenalembaga penyelenggara ujian resmi langsung dari Amerika. Lalu ada ITP (Institutional Testing Program) yang hanya berlaku untuk institusi dan wilayah tertentu, misal Asia.

 

IELTS juga terbagi menjadi dua modul yang ditawarkan, yakni Modul Akademik dan Modul Pelatihan Umum. Fungsi dan kegunaannya pun berbeda, Modul Akademik dapat kamu ambil jika tujuan kamu untuk melanjutkan studi, sedangkan Modul Pelatihan Umum jika kamu berkeinginan untuk melamar magang atau kerja, bahkan untuk keperluan imigrasi juga bisa.

 

  1. Kedua, kemampuan yang diuji. Di TEOFL, khusus untuk ITP (Institutional Testing Program) terbagi atas tiga sesi,  Listening, Structure and Written Expression, dan Reading Comprehension. Sedangkan TOEFL iBT terbagi atas empat sesi, Reading, Listening, Speaking, dan Writing.

 

Sesi IELTS hampir sama dengan dengan TOEFL iBT yang terbagi menjadi Speaking, Writing, Reading dan Listening. Perbedaannya hanya bentuk soal yang essai tulis tangan, lalu untuk tes speaking kamu langsung dites oleh native speaker.

 

  1. Ketiga, sistem penilaian dan bahasa yang digunakan. Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa skala skor IELTS berskisar dari 0 sampai 9. lain halnya dengan TOEFL yang dibagi dua, TOEFL ITP kisaran angka ratusan dengan maksimal skor tertingginya 677, sedangkan TOEFL iBT berkisar antara 0-120.

 

Bahasa yang digunakan pada tes TOEFL ialah Inggris Amerika, sedangkan pada IELTS Inggris Britania.

 

 

Setelah mengetahui apa itu TOELF dan IELTS juga perbedaannya, kamu bisa memilih mana yang mau kamu ambil. Tak ada yang lebih baik atau lebih buruk antara keduanya sebab semua tergantung pada tujuan kamu.

 

penulis: Siti Nurhikmatullaela

Leave A Comment