WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Kenali Hal yang Perlu Dilakukan saat Belajar Grammar Bahasa Inggris, Yuk!

Hai sunners, belajar bahasa Inggris memang tidaklah mudah setiap orang tentu memiliki kesulitannya masing-masing iya bukan?

Ada yang kesulitan dalam pengucapan, menerjemahkan, dan ada juga yang paling banyak yaitu belajar grammar. Meski sulit tetapi kamu perlu memahami grammar loh karena penting buat kamu nih yang ingin lanjut kuliah atau test bahasa Inggris seperti TOEFL, IELTS, dll. Nah kira-kira kamu sudah tahu belum apa itu grammar?

Yuk langsung kenalan dengan Grammar 😀

Apa itu grammar?Tata Bahasa, Kaca Pembesar, Pembesar, Buku, Kamus

Grammar/Tata bahasa adalah sebuah aturan-aturan yang terstruktur untuk mengatur susunan kata menjadi sebuah kalimat yang tersusun dengan baik dan benar.

Dari pengertiannya dapat dikatakan grammar itu aturan dalam tata bahasa Inggris. Aturan yang paling dasar dan wajib kamu pahami yaitu Pola Kalimat. Di bahasa Inggris pola kalimat yang umum terdiri dari subject, verb, object dan adverb. Contoh: Toni types report in the office. (Toni mengetik laporan di kantor). Kamu harus bisa mengidentifikasi kalimat tadi, seperti Toni sebagai subject, types sebagai verb, report sebagai object, dan in the office sebagai adverb of place.

Dalam mempelajari grammar masih banyak lagi nih aturan lainnya. Tetapi perlu diingat kamu jangan terlalu menghafalkan banyak rumus ya cukup pahami rumus tersebut setelah itu perbanyak latihan speaking dan mengerjakan soal.

Nah, Ada beberapa hal nih yang perlu kamu lakukan saat belajar grammar 

  1. Memperbanyak Vocabulary (Kosakata)

Pada hal pertama ini perlu sekali dilakukan yaitu memperbanyak kosakata yang belum kamu ketahui. Dengan cara mencatat kata-kata yang baru, memahami artinya dan lihat sebagai bentuk apa kata tersebut. Dan juga kamu dapat belajar pelafalan atau pengucapan dari kata-kata baru.

Kamus, Kata-Kata, Abc, Huruf, Lihatlah, Membaca

    2. Menulis Rumus Grammar

Kedua, hal yang perlu dilakukan yaitu menulis rumusnya di satu buku khusus untuk mengasah keterampilan kamu dalam belajar grammar. Karena tanpa disadari dengan rajin menulis kamu dapat mudah mengingat rumus dan menyusun kalimat. So jangan hanya dilihat dan dibaca ya.Menulis, Orang, Dokumen, Kertas, Buku Catatan, Kerja

3. Menonton Serial atau Film

Hal yang ketiga seiring dengan belajar grammar kamu juga bisa lakukan dengan menonton serial atau film bahasa Inggris. Tentunya yang berisikan percakapan sehari-hari ya. Melalui ini kamu dapat memperhatikan grammar yang dipakai secara langsung sekaligus mempraktikkan speaking juga loh.Tablet, Streaming Video, Film, Jam Tangan

 

4. Mengerjakan latihan soal

Hal yang terakhir ini juga sangat penting, yaitu melatihkan apa yang sudah kamu pahami. Dengan terus berlatih, semuanya akan mudah kamu ingat. Kamu boleh mengerjakan soal-soal melalui buku sekolah, internet atau juga membuat soal sendiri. Gunakan berbagai cara yang nyaman dan seru untuk memudahkan kamu dalam berlatih.person writing on a book

Nah, sunners itulah sekilas pemahaman tentang grammar dan hal yang perlu kamu terapkan agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam belajar grammar bahasa Inggris. So Jangan patah semangat ya, keep learning.

 

Savira J Manorek – STBA JIA

Leave A Comment