WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Kebiasaan Makan yang Bikin Anxiety

   Rasa anxiety atau cemas dapat dialami oleh siapa saja dan biasanya rasa ini akan muncul saat seseorang menghadapi rasa takut atau rasa khawatir. Namun anxiety perlu diwaspadai jika muncul tanpa sebab atau sulit dikendalikan, karena bisa menyebabkan gangguan kecemasan. Rasa anxiety atau rasa cemas yang berlebihan akan menjadi lebih parah akibat konsumsi makanan. Makan berlebihan di bawah pengaruh stress merupakan gejala dari depresi. Emotional eating merupakan kecenderungan yang dirasakan oleh seseorang untuk menghadapi stress dengan mengonsumsi makanan secara berlebihan. Saat kamu mengalami anxiety, kamu tidak akan bisa mengontrol pola makan. 

Apakah ada makanan yang menyebabkan anxiety? Tentu saja ada. Konsumsi makanan yang masuk ke dalam tubuh bisa mempengaruhi kondisi psikologis hingga anxiety. Ini dia makanan yang dapat memperparah anxiety

  1. Kafein

Kafein dapat memicu pelepasan adrenalin yang dapat meningkatkan detak jantung, hal ini mengakibatkan seseorang merasa gugup atau merasa mual. Jika kamu mengalami hal seperti itu maka berhentilah mengkonsumsi kafein dengan beralih minum teh hijau. 

      2. Gluten 

Seorang peneliti mengonfirmasi bahwa penderita penyakit Celiac dan intoleransi gluten mempunyai resiko mengalami kecemasan, depresi dan gangguan mood. Oleh karena itu, kurangi konsumsi gluten agar tidak mengalami kecemasan.

     3. Gula buatan

Gula tidak menyebabkan kegelisahan secara langsung, namun mengonsumsi gula dalam merubah tubuh kamu. Gula dapat mengganggu kondisi tubuh kamu untuk memperburuk gejala kecemasan.

     4. Makanan olahan

Mengkonsumsi olahan tepung dan gula yang dimurnikan akan menyuburkan bakteri jahat di usus. Peneliti juga mengungkapkan bahwa kesehatan usus merupakan faktor utama kecemasan kronis. Supaya kamu tidak mengalami kecemasan maka lebih baik untuk mengurangi makanan olahan.

     5. Alkohol

Mengonsumsi alkohol yang berlebihan dapat membangkitkan gejala kecemasan. Alkohol dapat mengganggu fungsi fisik dan mental seseorang. Selain itu, alkohol dapat mempengaruhi kondisi tubuh dan sistem saraf, dan dapat meningkatkan denyut jantung.

    6. Susu

Mengkonsumsi susu dapat membuat seseorang merasa cemas. Kecemasan akan meningkat dalam beberapa menit setelah meminum susu, susu juga dapat mengganggu sistem pencernaan, menyebabkan kembung ataupun diare. 

   Kebiasaan makan yang tidak sehat bisa sangat mempengaruhi tingkat kecemasan kamu. Kebiasaan makan yang buruk ini dapat mempengaruhi asupan nutrisi penting. Peneliti menunjukkan bahwa kekurangan nutrisi dapat mempengaruhi suasana hati dan rasa kecemasan. Anxiety atau kecemasan dapat diredam dengan bantuan dari ahli kesehatan mental, depresi dan anxiety namun juga bisa kita redam dengan mengatur pola makan. Ini dia makanan yang dapat membantu meredakan gejala anxiety atau kecemasan, yaitu:

  • Salmon

Mengonsumsi salmon dapat meningkatkan kesehatan otak karena terdapat vitamin D dan asam lemak omega-3. Serta terkandung asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA) yang memiliki sifat menenangkan. Penelitian juga mengungkapkan bahwa asam lemak dapat mengurangi peradangan dan mencegah disfungsi sel otak yang menyebabkan gangguan mental seperti anxiety atau kecemasan. 

  • Kunyit 

Kunyit terbukti dapat meningkatkan kesehatan otak dan mencegah gangguan kecemasan.

  • Kamomile

Kamomile kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan sekaligus mengurangi resiko kecemasan. Riset membuktikan bahwa mengonsumsi kamomile akan menurunkan gejala anxiety atau kecemasan.

  • Yogurt

Yogurt dapat meningkatkan kesehatan mental serta fungsi otak, mengonsumsi yogurt juga dapat mengatasi stres.

  • Cokelat hitam

Mengonsumsi coklat hitam dapat menurunkan kadar hormon stress yang dapat memicu kecemasan. 

  • Teh hijau 

Teh hijau yang mengandung L-theanine, asam amino yang akan membantu menjaga kesehatan otak dan mengurangi kecemasan. 

   Dengan menjaga pola makan, kamu akan terhindar dari anxiety atau kecemasan. Juga, kamu dapat mengurangi konsumsi seperti kafein, gluten, gula buatan, makanan olahan, alkohol, dan susu akan menghindarkan kamu dari gejala anxiety atau kecemasan. 

 

DIAJENG GENTALIA RIFANI-Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta

2 comments

  1. Giska

    Terimakasihhh, bacaan nya informatif bgt!

    1. Editor

      sama-sama Sunners! 😀

Leave A Comment