WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Jurusan Yang Cocok Buat Kamu yang Suka Teknologi

Halo Sunners! Kali ini kita akan sharing lagi mengenai jurusan-jurusan SMK yang terfokus pada bidang IT atau dibidang komputer. Sebelum kalian salah jurusan dan berhenti ditengah jalan, ada baiknya kalian baca artikel ini sampai habis ya, sebelum menyesal memilih jurusan yang tidak sesuai dengan keinginan kalian sendiri. Itu juga jika kalian ingin melanjutkan jenjang pendidikan SMK yang terfokus pada bidang komputerisasi.

Biasanya jurusan yang kalian tau dalam bidang komputer itu hanya dua yaitu Teknik komputer dan jaringan (TKJ) dan Multimedia (MM), mungkin juga sebagian dari kalian tahu tentang Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Jurusan RPL itu adalah jurusan yang langka banget, belum banyak SMK yang menghadirkan jurusan tersebut.

Ada lima jurusan dalam bidang IT yang bisa kalian pilih:

  1. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Rekayasa Perangkat Lunak atau nama lainnya itu Software Engineering merupakan suatu jurusan smk di bidang komputer yang mendalami tentang gimana caranya untuk membangun sebuah piranti lunak mulai dari tahapan-tahapan awal yaitu menganalisa kebutuhan pengguna, menentukan alur-alur pada aplikasi yang ingin dibuat, menentukan struktur database, membuat sebuah layout aplikasi, terjun ke pengkodean, pengujian aplikasi, pemeliharaan aplikasi, dan mengembangkan sebuah aplikasi tersebut.

RPL atau Software Engineer itu lebih mendalami tentang pembuatan sebuah aplikasi di berbagai bahasa pemrograman yang sudah ada saat ini. Mungkin awal-awal masuk kelas tidak langsung terjun ke pengkodean, materi awalnya berupa pengertian ini itu tentang bahasa pemrograman maupun bahasa markah/markup language, baru terjun ke pengkodean. Mungkin juga ada beberapa pelajaran yang tidak langsung terjun ke pengkodean langsung, materi awal yang diberikan berupa Algoritma Pemrograman. Untuk apa belajar algoritma? Untuk mempermudah pembuatan suatu aplikasi.

Untuk bahasa pemrograman yang dipelajari mungkin di tiap sekolah berbeda-beda ya, kalau di sekolah gue materi-materi pemrogramannya berupa bahasa pemrograman:

– C++ (Menggunakan Borland C++)

– PHP Native & PHP Framework

– Java

– Android [menggunakan tools Android Studio, Intel XDK (Materi Android Hybrid) ]

 

  1. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

Teknik Komputer dan Jaringan atau yang biasa disebut TKJ adalah teknik yang mempelajari tentang cara instalasi PC, instalasi LAN, memperbaiki PC dan mempelajari program-program PC.

Jurusan TKJ juga mempelajari tentang topologi-topologi jaringan, konfigurasi jaringan, maintenance server, perawatan hardware, membangun sebuah jaringan komputer, membuat jaringan internet, membuat sebuah web server, dan lain sebagainya.

  1. Multimedia (MM)

Multimedia merupakan suatu jurusan smk di bidang komputer yang mempelajari tentang penggunaan komputer guna untuk menyajikan data teks, suara, gambar, animasi, serta video dibuat dengan semenarik mungkin dengan tools-tools yang sudah tersedia seperti halnya Adobe photoshop, coreldraw, freehand, adobe after effect.

Pada dasarnya multimedia dibagi menjadi dua jenis yaitu Multimedia Linier dan Multimedia Interaktif. Multimedia Linier merupakan multimedia yang berjalan tanpa dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan pengguna misalnya film dan televisi. Sedangkan Multimedia Interaktif merupakan multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna sehingga terjadi interaksi dengan pengguna contohnya pada game atau pembelajaran secara multimedia. 

Multimedia berdasarkan penggunaannya terdapat 2 macam kategori, yaitu Multimedia Communication dan  Multimedia Content Production. Pengertian dari Multimedia Communication adalah penggunaan media yang memiliki fungsi mempublikasikan informasi. Media yang digunakan adalah TV, radio, film, game, musik, entertaiment, tutorial, internet, dan media cetak. Dengan adanya Multimedia Communication ini akan mempermudah pengguna dalam menyampaikan dan mendapatkan informasi. Selanjutnya Multimedia Content Production adalah penggunaan beberapa media yang berbeda seperti teks, animasi, audio, video, gambar (grafik) yang dipadukan untuk menghasilkan produk multimedia seperti musik, game, film, entertainment, dll. 

  1. Teknik Elektronika Industri (TEI)

Teknik Elektronika Industri merupakan suatu jurusan smk di bidang komputer yang mempelajari tentang bagaimana caranya untuk membuat sebuah robot dimulai dengan mempelajari elektronika umum atau rekayasa elektronika, mikrokontroler dan juga mikroprosesor, pneumatic dan juga PLC, programming berbasis komputer, sampai dengan pemrosesan sinyal. Selain robot, juga ada beberapa karya yang dapat dibuat oleh jurusan smk komputer yang satu ini bro, salah satunya adalah membuat fingerprint system menggunakan sensor, ada pula pintu otomatis yang terdapat pada mall-mall tertentu / di tempat-tempat tertentu, dan lain sebagainya. Selengkapnya 

  1. Broadcasting (BC)

Jurusan SMK Broadcasting dan Film adalah jurusan SMK yang mempelajari tentang proses produksi sekaligus tata cara melakukan siaran atau penyiaran. Jurusan ini juga akan mempelajari tentang ilmu menjadi seorang MC/moderator/pembawa acara. Selai itu ada pembekalan ilmu dalam pembuatan film, dari mulai penyusunan naskah, eksekusi atau proses syuting, dan editing sampai bisa tayang.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya bagi kepada Sunners tentang jurusan yang cocok buat kamu yang suka teknologi. Jika ada yang kurang dipahami dari pembahasan diatas bisa ditanyakan ya.

Ahmad Rizki R – Polmed

 

Leave A Comment