WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Jurusan Airframe Powerplant, Terdengar Asing? Yuk, Simak Penjelasan Berikut Ini!

Bagi kamu yang sudah lulus SMP, wajib menentukan mau memilih sekolah dan jurusan yang pasti sesuai dengan minat yang kamu sukai. Misalnya, kamu tertarik dengan dunia aviasi atau bidang yang berhubungan dengan pesawat, kamu bisa memilih SMK dengan jurusan tersebut yang relate dengan minat kamu.

Kamu tidak perlu sekolah khusus pilot untuk belajar dunia penerbangan, kamu bisa mengambil SMK dengan jurusan penerbangan. Ada beberapa pilihan jurusan yang berkaitan dengan bidang penerbangan yang bisa kamu ambil. Salah satunya yaitu jurusan Airframe Powerplant. Jurusan ini mungkin terdengar asing bahkan jarang diketahui oleh sebagian orang. Bagi kamu yang ingin terjun langsung dalam bidang aviasi atau dunia pesawat, jurusan ini cocok untuk kamu nih.

Apa sih Jurusan Airframe Powerplant? 

Sumber: Olya Kobruseva/Pexels

Jurusan Airframe Powerplant merupakan bagian dari jurusan penerbangan di SMK yang mempelajari mengenai segala hal yang berkaitan dengan kerangka pesawat, teknis pesawat dan penerbangan. Pada jurusan ini akan menghasilkan pengetahuan dan keterampilan dasar pada lisensi untuk merawat pesawat secara khusus disebut sebagai Teknisi Pemeliharaan Pesawat (Aircraft Maintenance Technician).

Jurusan ini mengulas tentang bagaimana cara merawat atau memelihara dan memperbaiki pesawat terbang dan akan dibentuk untuk menjadi teknisi atau mekanik pesawat terbang nantinya. Selain itu, jurusan Airframe Powerplant akan mempelajari mulai dari pengetahuan dasar struktur sebuah pesawat, kinerja sistem pesawat ketika terbang, mempelajari permesinan pesawat dan pemeliharaan pesawat secara umum.

Pada jurusan ini, secara khusus berhubungan dengan perawatan dan pemeliharaan pesawat yaitu electrical system, aircraft material and hardware, technical drawing, aircraft tools, aircraft system, maintenance practice/general workshop, aerodyanimic and flight control, piston engine, gas turbine engine, propeller dan lain-lain. Berikut daftar pilihan SMK yang menawarkan jurusan Airframe Powerplant yaitu:

  1. SMK Cengkareng Jakarta (Jakarta Barat)
  2. SMKS Jakarta Raya 1 (Jakarta Timur)
  3. SMK Negeri 6 Tangerang (Tangerang)
  4. SMKS Panca Karya Sentul (Bogor)
  5. SMKS Trijaya Sakti Karawang (Karawang)
  6. SMKS Galileo (Bogor)

Setelah kamu lulus SMK dari jurusan ini tentu kamu sudah memiliki lisensi khusus sebagai teknisi pesawat. Kamu bisa memperdalam pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pesawat dengan melanjutkan pendidikan tingkat selanjutnya yaitu perguruan tinggi.  Dalam memilih perguruan tinggi, tentu harus berhubungan dengan jurusan yang kamu ambil sebelumnya di SMK terutama bidang penerbangan.

Jurusan terkait dunia aviasi terutama berhubungan dengan teknisi pesawat yang ada di perguruan tinggi yaitu Teknik Penerbangan yang terbagi dalam 5 program studi antara lain, Teknik Listrik Bandar Udara, Teknik Mekanikal Bandar Udara, Teknik Pesawat Udara, Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara, serta Teknik Bangunan dan Landasan. Ada beberapa rekomendasi kampus yang bisa menjadi pilihan kamu antara lain:

  1. Politeknik Negeri Jakarta
  2. Politeknik Negeri Bandung
  3. Institut Teknologi Bandung
  4. Politeknik Penerbangan Indonesia
  5. Universitas Dirgantara Marsekai Suryadarma (UNSURYA)
  6. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD)
  7. Sekolah Tinggi Teknologi Adisujipto (STTA)

Peluang Kerja Jurusan Airframe Powerplant

Sumber: Kelly Lacy/Pexels

Dalam dunia penerbangan sudah pasti membutuhkan teknisi profesional dalam merawat sebuah mesin pesawat. Peluang kerja jurusan ini bisa dikatakan sangat menjanjikan dan cukup luas. Profesi ini memiliki peran yang tinggi dalam dunia aviasi dan sangat dibutuhkan dalam industri transportasi udara karena tenaga lulusan yang berlisensi khusus mampu memahami bagaimana mengoperasikan sebuah mesin pesawat. Oleh sebab itu, tenaga profesional dalam bidang ini sangat dicari oleh perusahan atau industri penerbangan.

Gaji yang ditawarkan sebagai teknisi pesawat sangat menggiurkan dan cukup tinggi mulai dari angka lima juta hingga dua puluh juta tergantung seberapa lama pengalaman bekerja dan tingkatan lisensi dibidang penerbangan. Namun dibalik itu, memiliki tanggung jawab yang besar karena seorang teknisi berperan menjamin keselamatan penumpang dan juga keamanan sebuah pesawat dengan memeriksa secara keselurahan kondisi pesawat dalam keadaan baik dan tanpa adanya kendala apa pun.

Ada beberapa pilihan pekerjaan yang bisa kamu ambil antara lain bisa menjadi tenaga ahli dibidang teknisi penerbangan, teknisi servis pesawat dan helikopter di suatu industri penerbangan misalnya Perusahaan Airnav, Angkasa Pura I & 2. Karir lulusan jurusan ini bisa bekerja di Lembaga penelitian seperti LAPAN, Puspitek dan Dislitbang. Selain itu, lembaga pendidikan seperti Universitas Penerbangan dan Sekbang-AU bisa menjadi pilihan pekerjaan untuk kamu. Bekerja dalam Lembaga pemerintah yang berkaitan dengan dunia aviasi misalnya Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

 

Penulis: 

Aprilia Puspitaningrum-Universitas Negeri Jakarta

 

Leave A Comment