WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Jajan dengan Penghasilan Sendiri: Ini Caranya

Bagaimana harimu Sunners? Semoga baik-baik saja ya.

Saat bicara tentang SMA dan SMK sebagian orang bingung untuk memilihnya. Bagus yang mana sih antara keduanya? Orang-orang bilang masuk SMK aja kalau nanti lulusnya mau langsung kerja. Sebagiannya lagi bilang kalau nantinya mau kuliah ya SMA aja

Ternyata pernyataan orang-orang tersebut tidak benar lho. Banyak lulusan SMK yang tetap berkuliah. Banyak juga yang lulusan SMA bisa bekerja. Semua tetap tergantung bagaimana untuk menggapai hal-hal yang kamu inginkan. 

Kalau ditanya lebih baik SMA atau SMK, menurutku keduanya sama-sama baik. Kamu bisa pilih sesuai tujuan-tujuanmu. Keduanya juga memiliki plus minus. Kamu bisa baca di artikel sebelumnya ya. 

Beberapa orang ingin membiayai sekolahnya sendiri atau ingin membantu orang tua. Kamu bisa lakukan hal-hal berikut agar bisa jajan dengan uang sendiri.

Berjualan 

Berjualan merupakan pilihan yang tepat jika kamu ingin menambah uang jajan. Kamu bisa berjualan secara online ataupun offline. Biasanya jualan apa sih yang diminati orang-orang? Kamu bisa riset pasar terlebih dulu, ataupun kamu bisa berjualan dengan minat yang tidak ada masanya. Jualan kerudung, kaus kaki, bahkan tali masker bisa kamu lakukan. Jika kamu hobi memasak kamu bisa berjualan makanan atau minuman. Namun, kalau tidak mau produksi sendiri kamu pun bisa menjadi reseller. Gunakan e-commerce agar mempermudah untuk menjualnya, kemaslah dengan menarik, dan tetap belajar ilmu pemasaran agar kamu bisa membuat strategi pemasaran yang baik.

Kerja Paruh Waktu atau Part Time

Sekarang pada zaman yang modern ini sebenarnya tidak sulit untuk mencari kerja dengan waktu yang fleksibel atau biasa disebut kerja part time. Di instagram sudah banyak akun yang menawarkan hal tersebut. Kamu bisa mendaftar sesuai dengan pekerjaan yang kamu inginkan. Karena bersifat fleksibel, kamu bisa melakukan kegiatan ini saat weekend, atau menyesuaikan dengan tempat kerjamu. 

Freelance 

Kalo freelance bukannya sama dengan part time? Beda lho Sunners. Freelance dan part time memang mempunyai waktu kerja yang fleksibel dan tidak terikat kontrak perusahaan. Tetapi ada perbedaanya kalau karyawan part time kinerjanya dilihat dari jam kerja, sedangkan pekerja freelance diukur dari banyaknya proyek yang diambil. Saat mendaftar untuk freelance jangan lupa siapkan portofolio agar kamu dapat meyakinkan klien dengan skill yang kamu miliki. 

Jadi, SMA atau SMK yang bisa sekaligus kerja? Menurut mimin keduanya bisa kok. Kamu tetap harus menyesuaikan waktu dengan tempat kerjamu ya. Dengan begitu akan mempermudah kamu mengatur waktu belajar, waktu istirahat dan lainnya. Kalau kamu berpikir jadwalmu akan terasa padat. Ingatlah alasan dan tujuanmu untuk melakukan hal itu. Proses akan membuatmu terus berkembang. 

Selamat menjalankan aktivitas, sampai jumpa. ^^

Hanifah Nur – PoliMedia Jakarta

Leave A Comment