WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Ini Perbedaan Jurusan Teknik Sipil, Arsitektur, dan Desain Interior yang Perlu Kamu Tahu!

Hai, Sunners! pasti kalian tidak asing dengan jurusan Teknik Sipil, Arsitektur, dan Desain Interior, kan? Meski memiliki objek tujuan yang sama yaitu bangunan, ternyata 3 jurusan ini memiliki bidang keahliannya masing-masing, loh. Yuk, simak apa saja perbedaan ketiga jurusan ini!

Teknik sipil

Di jurusan Teknik Sipil, Sunners akan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan konstruksi dari awal tahap perencanaan hingga proses konstruksi di lapangan. Saat kuliah kamu akan menemui materi tentang karakteristik tanah, bangunan air, kamu juga akan menggambar desain bangunan, membuat perhitungan kekuatan struktur bangunan, kekuatan pondasi, ketahanan bangunan, juga mempelajari tentang keselamatan dan kesehatan di tempat kerja, serta struktur baja dan beton. Tidak hanya tentang bangunan gedung, tetapi kamu juga akan mempelajari tentang struktur jembatan, jalan rel, drainase, dinamik struktur dan teknik gempa, juga tentang sanitasi lingkungan. Kamu juga akan mempelajari ilmu ekonomi dan manajemen yang nantinya akan digunakan untuk proses konstruksi yang efektif dan efisien secara nyata. Di jurusan ini kamu akan dituntut agar bisa memperhitungkan secara tepat dan terperinci tentang apapun yang berkaitan dengan bangunan karena sangat riskan dan dapat beresiko tinggi apabila salah memperhitungkan. Teknik Sipil sangat cocok untuk Sunners yang sangat menyukai matematika, karena sehari-hari akan bertemu dengan angka dan pehitungan.

Arsitektur

 

Apa yang ada di pikiran Sunners ketika mendengar kata arsitekur? Mungkin kamu akan menjawab, gambar desain bangunan. yup, itu memang salah satu tugas dari seorang arsitek. Tetapi jika kamu mengambil jurusan arsitektur di bangku perkuliahan, kamu tidak hanya menggambar desain bangunan, loh. Hampir sama dengan teknik sipil, di jurusan ini kamu juga akan mempelajari segala hal terkait suatu bangunan. tetapi arsitektur akan mempelajari 2 hal sekaligus, yaitu interior dan eksterior dalam bangunan, jadi secara garis besar kamu akan belajar merancang sebuah bangunan dengan kedua hal tersebut. arsitek akan dituntut untuk menyeimbangkan kekuatan bangunan dengan keindahan bangunannya maka dari itu ilmu interior dan eksterior bangunan harus dikuasai oleh jurusan arsitektur. Saat kuliah kamu akan menemui materi tentang keduanya, diantaranya yaitu psikologi arsitektur, arsitektur etnik, seni rupa, estetika bentuk, komunikasi, tata ruang, pencahayaan, ilmu bahan bangunan, mekanika teknik, perancangan pembangunan, struktur bangunan, dan tentu saja kamu akan membuat gambar desain bangunan. Jurusan ini sangat seru untuk kamu yang suka perhitungan tetapi juga suka seni. Karena di jurusan ini kamu akan mendapat banyak pengetahuan tentang sosiologi, geografi, interior, planologi, seni rupa, dll.

Desain Interior

nah, sama seperti kedua jurusan di atas, desain interior juga berkaitan dengan perancangan suatu bangunan. tetapi jurusan ini lumayan berbeda jauh dengan jurusan teknik sipil namun mirip dengan jurusan arsitektur. Di jurusan ini Sunners akan mempelajari tentang segala hal yang mencakup interior suatu bangunan tanpa melepaskan fungsi dengan estetika dan kenyamanan. Ketiga hal ini sangat berhubungan di desain interior. Kamu akan dituntut untuk merancang penataan suatu bangunan dengan nilai estetika tinggi namun tetap berfungsi secara optimal serta tetap nyaman dipandang maupun digunakan nantinya. Materi yang akan kamu temui di jurusan ini adalah seputar warna, pemodelan 3D, rancangan interior, bisnis interior, desain meubel, dan yang paling penting adalah menggambar. Tetapi kalau kamu kurang pandai dalam menggambar, tenang saja, kamu akan mulai belajar menggambar dan mewarnai dari yang paling dasar di awal perkuliahan. Meskipun cenderung ke seni, di jurusan ini kamu tetap akan tetap bertemu dengan perhitungan, tetapi nantinya akan lebih mudah karena dibantu oleh software.

 

Secara garis besar, ketiga jurusan ini memang berkaitan dengan ilmu bangunan. Tetapi inti dari ketiganya berbeda. Pada teknik sipil Sunners akan cenderung bergelut dengan perhitungan, ketelitian serta kecermatan. Lalu pada jurusan desain interior, Sunners akan lebih mempelajari tentang seni, desain, dan keindahan. Sedangkan di jurusan arsitektur, sunners akan mempelajari dari kedua jurusan tersebut yaitu kekuatan bangunan juga estetika bangunan.

 

Nimas Anggraini Kencanasari – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment