WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

How To Keep Things Organized!

Ketika menjalani kehidupan pasti ada saat di mana kita akan sibuk dan tidak sempat untuk memperhatikan hal lain selain yang sedang kita lakukan. Saat itu terjadi, segala sesuatu yang terjadi saat itu terasa berantakan-tidak teratur dan semuanya terjadi secara bersamaan. Ya, maksudku adalah kondisi ‘new normal’ saat ini. Banyak kebiasaan yang harus disesuaikan untuk bisa –katakanlah bertahan hidup pada kondisi yang sedang berlangsung.

Saat ini hal yang paling kita butuhkan yaitu mengatur atau meng-organized segala rutinitas dan kebutuhan hidup kita. Orang yang biasa hidupnya terorganisir tidak dilahirkan langsung menjadi seperti demikian. Mereka memulainya dengan kebiasaan yang rapi, teratur dan sehat, yang kemudian itu membantu mereka untuk tetap teratur. 

Jadi, meskipun kalian merasa kalian adalah orang yang tidak teratur, kalian bisa belajar, dan mencoba untuk tetap melakukannya sampai akhirnya kalian terbiasa. Ini bisa menjadi life changing moment yang menyenangkan karena kalian berhasil mengendalikan hidup kalian dengan baik. Berikut adalah kebiasaan yang bisa kalian terapkan untuk  how to keep things organized! 

 

 

  • Write down your things

 

Kita tidak bisa dengan mudah mengingat semua hal sekalipun itu hanya hari ulang tahun kerabat. Biasakan untuk menulis semua kebutuhan, hal yang harus dilakukan, dan rencana yang akan datang. Pena dan kertas merupakan cara untuk mengingat secara langsung dan lebih permanen, tetapi jika kalian lebih suka yang digital, kalian bisa menggunakan aplikasi seperti notepad yang ada di hp kalian.

  • Buat jadwal dan deadlines

Orang yang hidupnya biasa tertata tidak akan membuang waktunya. Mereka akan menjaga hal-hal tetap teratur, sejalan dengan tetap produktif. Mereka setting the goals and deadline. Paling penting, mereka akan tetap pada tujuan. 

Tuliskan hal-hal yang ingin kalian capai atau mimpi dalam hidup kalian, kemudian kalian tulis juga apa yang harus kalian lakukan untuk sampai pada mimpi itu. Pastikan kalian melakukan hal yang memang kalian benar-benar inginkan. 

  • Jangan suka menunda

Semakin lama kalian melakukan sesuatu, akan semakin sulit untuk menyelesaikannya. Jika kalian tidak ingin stress karena merasa banyak tanggung jawab yang harus diselesaikan, aturlah sesegera mungkin. 

  • Give everything a home | Pastikan semua barang punya ruang penyimpanan

Menjaga agar hidup kalian lebih teratur berarti menyimpan semua barang yang kalian punya di tempat semestinya. Kalian bisa memberi label pada setiap storage sesuai dengan barang yang ada di dalamnya. Lalu letakan storage yang mudah diakses untuk hal-hal yang sering kalian gunakan dan jangan biarkan storage kalian berantakan. 

Misal, untuk barang seperti kunci rumah, mobil atau motor, dan dompet, kalian bisa menyediakan box khusus di dekat pintu rumah atau kamar agar bisa diakses dengan mudah jika kalian sedang terburu-buru. Bisa ditambahkan juga mungkin dengan hand sanitizer dan juga masker –jika disesuaikan dengan keadaan sekarang.  

  • Declutter secara teratur

Kalian bisa meluangkan waktu di akhir minggu atau bulan untuk menata ulang barang-barang kalian agar tetap terorganisir secara konsisten. Sekaligus sebagai cara untuk mengurangi stress –bebersih rumah. 

  • Simpan yang hanya kalian butuhkan

More stuff means messy, messy means chaos. Orang yang biasa terorganisir hanya akan hidup dengan apa yang mereka butuhkan dan yang sebenarnya mereka inginkan. Memiliki sedikit barang tandanya kalian menikmati dan merasa lebih baik dengan menggunakan semua yang kalian rasa sudah memenuhi kebutuhan kalian. Daripada membiarkan barang-barang yang tidak kalian pakai menjadi debu –useless.

  • Ketahui di mana kalian akan membuang barang-barang kalian

Lakukan apapun yang penting bisa menyingkirkan barang-barang kalian. Entah itu kalian donasikan, kalian jual melalui online, atau kirim ke tempat daur ulang. Sebagai contoh, pilih salah satu ruangan yang ada di rumah anda, periksa semua storage, laci, dan lemari kalian. Siapkan kardus, pilih barang-barang yang kalian ingin pakai dan tidak. Barang yang tidak dipakai bisa kalian masukan ke kardus, kemudian tentukan langkah apa yang tepat untuk segera menyingkirkan barang-barang itu.

  • Jauhi diri dari segala macam sale yang membuat gelap mata 

Jangan sampai kalian tergoda dengan sale yang ada di mall. Jika kalian tetap membeli barang-barang sale yang ada di mall itu, berarti usaha kalian membuang semua barang-barang kalian sia-sia. Belilah barang-barang yang hanya kalian butuhkan. Orang yang hidup terorganisir tidak akan tergoda pada iklan-iklan sale

 

Mutia Azura Hersta | Politeknik Negeri Media Kreatif

Leave A Comment