WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Hindari 5 Kesalahan Ini Sebelum Memilih Jurusan

Sunners, tahukah kamu 87% mahasiswa di Indonesia merasa salah pilih jurusan? Dan kebanyakan dari mereka baru sadar ketika semester tua. Jangan sampai kamu jadi salah satunya.

Mumpung belum terlambat, yuk simak lima hal yang harus dihindari sebelum kamu memutuskan memilih jurusan.

  • Memilih jurusan hanya ikut-ikutan teman

Kamu tahu mengapa Tuhan menciptakan dua kaki? Ya, supaya manusia bisa menopang dirinya sendiri. Jangan karena takut tidak punya teman di tempat baru, kamu mengekor kemana pun temanmu pergi. C’mon, jalan hidup tiap orang berbeda. Kamu bisa berdiri di kaki sendiri kalau kamu mau.

Jadi, pertimbangkan lagi apa yang kamu minati, tanpa campur tangan teman-temanmu.

  • Mengabaikan minat dan bakat

Memilih jurusan tentu tidak sama seperti memilih menu di restoran. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah passion. Mengadu nasib di perguruan tinggi bukan game yang bisa restart kapan saja. Saat kamu merasa bosan atau terjebak oleh musuh. Maka dari itu, jangan sampai terjebak di medan yang tidak kamu kuasai.

Nah, pahami minat dan bakatmu. Kamu bisa membuat daftar hal-hal yang kamu sukai dan yang tidak kamu sukai. Jangan lupa cari tahu seluk-beluk jurusan yang kamu inginkan. Kemudian cocokkan dengan daftar kesukaan yang sudah kamu buat. Sebab jurusan impian bisa jadi jauh dari ekspektasimu.

  • Kuliah karena paksaan keluarga

Jangan hanya karena orang tuamu mempertahankan keturunan jaksa, kamu yang lebih suka ilmu bahasa harus masuk fakultas hukum. Jika tetap mengikuti keinginan orang tuamu,  siap-siap menghadapi banyak tantangan. Belum lagi ekspektasi orang tuamu yang tentunya akan sulit kamu capai.

Jadi, buka obrolan hangat dengan keluargamu. Sampaikan bahwa yang akan menjalani masa studi adalah dirimu. Yakinkan pada mereka bahwa jurusan yang kamu pilih adalah yang terbaik,

  • Memilih jurusan karena popularitas jurusan

Stop memikirkan gengsi. Jangan sampai kamu memilih jurusan hanya karena ‘keren’ tanpa melihat kemampuanmu. Kamu sama saja membuat jebakan untuk diri sendiri. Bukannya bertambah ilmu, kamu semakin tersudut melihat teman-temanmu berkembang dan kamu menyesal di pojokan. Tapi, kalau kamu tipe pembelajar cepat, sok boleh dicoba.

  • Memilih jurusan hanya karena daya tampungnya besar

Sunners, jangan sampai saat memilih jurusan kuliah, kamu hanya berpikir “yang penting masuk aja dulu. Kalau enggak cocok bisa seleksi lagi tahun depan.” Bukan hanya waktu yang kamu pertaruhkan, tetapi juga perjuangan orang tuamu untuk kuliah selama setahun. Lagi pula belum tentu kamu punya waktu buat mempersiapkan seleksi.

Jadi, pikirkan matang-matang. Jika kamu rasa jurusan yang kamu inginkan sulit, belajarlah lebih giat lagi.

 

Nah, Sunners, yuk hindari lima kesalahan di atas agar kamu bisa menikmati masa-masa kuliah dengan lancar dan menyenangkan.

 

Hikmah Ovita – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment