WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Essence dan Serum? Bedanya Apa?

Pasti kalian pernah dengar jenis skincare yang satu ini. Essence dan serum memang termasuk dalam rangkaian skincare korea yang sekarang sedang digandrungi banyak perempuan, termasuk remaja. Tapi tahukah kalian sebenernya apa beda dari kedua jenis skincare ini? Apakah essence dan serum bisa dipakai untuk teman-teman Sunners yang masih remaja? 

Essence dan serum memang terlihat sama secara fisik, karena memang sama-sama berbahan dasar air. Tapi dari segi efek dan manfaat keduanya berbeda, tergantung bagaimana kondisi kulit. Keduanya juga memiliki fungsi yang hampir sama, yaitu melembabkan, selain itu essence dan serum sama-sama dibuat dari bahan aktif dengan konsentrasi lebih tinggi dibanding rangkaian skincare lainnya.

Perbedaan essence dan serum

Essence lebih cair dibanding serum, fungsinya selain melembabkan kulit, juga menenangkan iritasi serta mencegah penuaan dini. Fungsi lain dari essence yaitu mempersiapkan kulit untuk rangkaian skincare berikutnya agar bisa terserap dengan baik. Sedangkan serum, memilki tekstur lebih kental, tapi tidak semua serum sama ya, Sunners. Serum umumnya memiliki partikel yang lebih halus sehingga mudah meresap pada kulit. Meskipun essence dan serum sama-sama mengandung bahan aktif, tetapi serum memiliki kandungan yang jauh lebih tinggi. Kenapa seperti itu? karena serum biasa dibuat untuk mengatasi masalah kulit wajah yang lebih spesifik, seperti menghilangkan noda hitam atau kerutan halus. 

Lalu apakah essence dan serum boleh dipakai untuk usia remaja?

Untuk pemakaian essence dan serum ini sebenernya tidak selalu ditentukan dari usia. Penggunaan skincare sendiri akan berfungsi buat kamu yang memang memiliki masalah-masalah tertentu. Tapi jika kamu belum menginjak umur 17 –18 tahun sebaiknya tidak usah, cukup melakukan rangkaian skincare yang sudah pernah Sunday bagikan pada artikel Step Skincare Rutin Buat Siswa SMP. Alih-alih pakai essence atau serum kalian bisa coba air mawar sebagai essence atau serum kalian, fungsinya sama juga, loh. 

Lalu untuk kamu yang baru mulai mencoba essence dan serum karena merasa sudah memiliki masalah kulit seperti kusam, kulit kering, atau noda hitam. Pastikan kamu benar-benar memilih bahan yang aman dan sesuai dengan kebutuhan kulit kamu agar bisa bekerja secara efektif di kulit kamu. 

 

Mutia Azura Hersta | Politeknik Negeri Media Kreatif

Leave A Comment