WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Do & Don’t: Meningkatkan Kualitas Tidurmu Menjadi Lebih Baik

Halo Sunners! Apakah akhir-akhir ini Sunners merasa lelah atau mengantuk dalam menjalani aktivitas sehari-hari kalian? Jika iya, bisa jadi salah satu penyebabnya adalah kurangnya kualitas tidur Sunners. Kualitas tidur yang buruk dapat mengakibatkan kelelahan, penurunan imunitas tubuh, berkurangnya kemampuan kita dalam belajar, menurunnya tingkat konsentrasi serta memungkinkan terjadinya gangguan psikologis seperti gangguan kecemasan dan depresi. Tentunya, hal-hal ini akan mengganggu Sunners dalam menjalani aktivitas Sunners dan membuat kegiatan Sunners menjadi tidak maksimal.

Nah, agar Sunners dapat lebih fit dan semangat lagi ketika beraktivitas, kita akan membahas apa saja yang harus dilakukan dan apa saja yang tidak boleh dilakukan oleh Sunners untuk meningkatkan kualitas tidur Sunners.

Do

1. Membuat jadwal tidur yang teratur

Sunners bisa mencoba untuk tidur dan bangun tidur di waktu yang sama pada setiap harinya, hal ini perlu dilakukan agar Sunners dapat membuat otak Sunners untuk menciptakan pola tidur yang konsisten. Hal ini juga akan membuat tubuh kalian lebih mudah untuk menangkap kapan waktu untuk istirahat.  Namun, jangan lupa untuk memenuhi waktu tidur yang cukup agar kualitas tidur Sunners bisa menjadi lebih baik.

2. Membuat lingkungan tidur yang nyaman

Sunners dapat mematikan lampu atau membatasi cahaya lampu Sunners ketika ingin tidur. Sunners juga perlu memperhatikan suhu ruang kamar Sunners, pastikan agar tidak terlalu dingin atau panas. Sunners bisa mengganti sprei kalian dengan tekstur kain yang lebih lembut agar dapat membuat Sunners lebih nyaman.

3. Melakukan rutinitas yang membuatmu ngantuk

Cara lain yang dapat Sunners lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur serta mendapatkan waktu tidur yang cukup adalah dengan melakukan suatu kegiatan yang dapat membuat Sunners menjadi lebih rileks dan tenang. Contohnya seperti membaca buku novel, mandi air hangat, meditasi atau menulis diary karena kegiatan-kegiatan ini dapat membuat Sunners mengantuk di malam hari.

4. Memperhatikan waktu tidur siang

Sunners perlu mempertimbangkan apakah kalian membutuhkan tidur siang atau tidak. Jika Sunners mengalami kesulitan tidur di malam hari maka kalian dapat menghindari untuk tidur siang. Tetapi, jika Sunners memiliki kegiatan di malam hari dan akan tidur lebih larut malam, maka Sunners dapat memilih untuk tidur siang dahulu. Namun, Sunners perlu mengingat untuk membatasi waktu tidur siang kalian agar tidak terlalu lama atau jangan sampai melebihi dari 1 jam. Sunners juga jangan sampai tidur siang dibawah sore hari atau pukul 3 sore. Sebab hal-hal ini akan membuat Sunners menjadi terjaga di malam hari.

Don’t

1. Bermain Smartphone sebelum tidur

Kebiasaan bermain Smartphone sebelum tidur ini dapat membuat kita menjadi tidak bisa tidur. Sebab ketika Sunners melihat layar smartphone, cahaya dari layar smartphone akan mengirimkan sinyal kepada otak kalian bahwa sekarang belum saatnya untuk tidur. Cahaya tersebut juga dapat membuat tubuh Sunners memproduksi lebih sedikit hormon tidur atau melatonin, sehingga hal tersebut akan membuat Sunners kesulitan untuk tidur serta memiliki istirahat yang nyaman.

 2. Memikirkan pekerjaan ketika ingin tidur

Pekerjaan atau tugas yang belum selesai memang akan membuat kita memikirkannya ketika kita sudah di kasur dan hendak tidur. Namun, kebiasaan ini ternyata harus dihindari lho Sunners karena kebiasaan ini akan otak kita berpikir dan bekerja lebih keras, sehingga membuat kita susah untuk terlelap. Maka itu, Sunners perlu mengosongkan dan menenangkan pikiran kalian ketika kalian hendak istirahat di malam hari.

 3. Makan dengan jumlah banyak sebelum tidur

Apakah saat malam hari Sunners sering merasa ingin makan atau ngemil? Nah, kebiasaan ini perlu Sunners hindari ya. Sebab tubuh kalian membutuhkan waktu untuk mencerna makanan yang telah kita makan. Jika Sunners pergi tidur setelah mengkonsumsi makanan, hal ini dapat memicu masalah pencernaan pada tubuh kalian. Contohnya seperti mulas yang dapat membuat kalian yang tidak bisa tidur atau terbangun nantinya, sehingga kualitas tidur Sunners menjadi kurang optimal. Maka itu, Sunners disarankan untuk makan sekitar 2 sampai 3 jam sebelum Sunners ingin tidur agar tubuh kalian lebih siap untuk beristirahat.

4. Terlalu khawatir akan kurang tidur

Ternyata Sunners perlu menghindari kekhawatiran kalian akan kurang tidur secara berlebihan yang dapat menimbulkan stres. Sebab semakin Sunners khawatir akan kurang tidur, hal ini berkemungkinan semakin membuat Sunners sulit untuk beristirahat di malam selanjutnya. Maka itu, Sunners dapat mencoba untuk merubah pola pikir Sunners dan bersikap lebih santai serta rileks akan kemungkinan bahwa kalian akan kurang tidur.

Nah, bagaimana Sunners? Kalau kalian ingin tidur kalian lebih nyenyak dan cukup, boleh coba lakukan hal-hal yang tadi ya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sunners.

Penulis : Marvin Stevano Haka, Universitas Bunda Mulia
Fotografer : Samuel Adreansyah, Universitas Bunda Mulia

Leave A Comment