WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Dari TK Sampai SMA di Sekolah yang Sama? Yuk Cari Tahu Plus Minusnya

Pernahkah kalian merasa terlalu nyaman, hingga akhirnya memilih bertahan di sekolah yang sama?

Saat ini, sudah banyak sekolah yang menawarkan kualitas pendidikan terbaik. Dengan tersedianya segudang pilihan, tak heran jika dilanda kebingungan dalam menentukan sekolah yang tepat. Alhasil, memilih sekolah yang sama dengan jenjang sebelumnya dijadikan sebuah solusi. Lantas, apa saja sih plus minus menempuh jenjang pendidikan di sekolah yang sama?

Kelebihan
• Sudah mengenal lingkungan sekolah

Berbicara mengenai sekolah, pasti berkaitan dengan lingkungan sekolah dan orang-orang yang ada di dalamnya. Semakin lama seseorang bersekolah di tempat tertentu, semakin dalam pula pengenalannya terhadap sekolah itu.
Pada praktiknya, lingkungan sekolah berpengaruh dalam meningkatkan pola pikir murid. Kelengkapan sarana dan prasarana pendukung pembelajaran serta kondisi lingkungan yang baik sangatlah penting untuk membantu terciptanya lingkungan belajar yang menyenangkan.

• Tidak harus beradaptasi dengan kebiasaan baru

Proses adaptasi tidaklah mudah. Dalam memahami situasi yang dihadapi, terkadang seseorang membutuhkan waktu. Waktu yang diperlukan pun bervariatif, biasanya dipengaruhi oleh faktor kepribadian masing-masing individu. Apabila menuntut ilmu di sekolah yang sama, murid tidak akan merasa kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan peraturan yang ada, karena ia telah menyesuaikan diri pada jenjang sebelumnya.

• Lebih mudah bersosialisasi

Latar belakang lingkungan dan kebiasaan yang sama dapat mempermudah kegiatan bersosialisasi di sekolah. Dengan begitu murid memiliki kemampuan membaca karakter tiap murid lain, sehingga proses komunikasi dapat berlangsung dengan baik dan lancar.

Kekurangan
• Rentan merasa jenuh akibat suasana yang sama


Banyak faktor yang menjadi pemicu rasa bosan di sekolah, salah satunya adalah susana yang tidak pernah berubah. Hal ini bukan hanya disebabkan oleh faktor lingkungan saja, penyampaian metode belajar yang monoton juga turut memberikan andil terhadap mood tiap murid dalam menerima pelajaran.

• Tidak merasakan hal-hal baru


Bila menempuh jenjang pendidikan di sekolah yang sama, maka atmosfer yang dirasakan pun tak akan jauh berbeda, termasuk dalam hubungan sosialnya. Hal itu akan memengaruhi relasi pertemanan yang cenderung tak banyak perubahan.

• Jejak kenangan yang terbatas


Siapa yang selepas jam pelajaran usai selalu mampir ke kafe dekat sekolah? Fenomena tersebut bukanlah hal baru dalam realitas masyarakat masa kini. Kafe memberikan situasi berbeda dengan sekolah yang terkesan formal. Di tempat seperti ini, mereka bisa mengerjakan tugas sembari bercanda saat rasa penat menghampiri. Namun… Jika bersekolah di tempat yang sama, berarti lokasi sekolah akan “di situ-situ saja”, rute perjalanan, hingga tempat nongkrong akan “itu-itu saja”. Akibatnya, mungkin jejak kenangan semasa sekolah akan terbatas.

Itulah beberapa plus minus menempuh jenjang pendidikan di sekolah yang sama. Sekolah layaknya rumah kedua bagi para siswa. Sebagian besar waktu, harus dilalui di tempat itu. Peran sekolah sangatlah penting, sekolah bukan hanya sebuah bangunan yang memiliki ruang kelas, kantin, laboratorium, perpustakaan, dan sebagainya. Tetapi lebih dari itu, karena sekolah merupakan tempat dididiknya murid untuk membantu perkembangan potensi yang dimilikinya.
Dimanapun sekolahmu, pastikan bahwa itu menjadi tempat terbaik dan ternyaman. Baik dari segi akademis maupun psikologismu ya Sunners!

 

Oleh: Nelin Novalin, Universitas Negeri Jakarta.

Leave A Comment