WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Cara Simple untuk Memperkaya Vocabulary Kamu!

Halo sunners, setiap belajar bahasa Inggris kamu pasti sering berjumpa dengan kata-kata baru, iya bukan?

Namun terkadang “new word” hanya dianggap sepele atau diabaikan saja. Sehingga tanpa disadari mungkin itu salah satu penyebab kamu menjadi kurang paham materi bahasa Inggris yang diberikan guru.

Padahal, menambah vocabulary atau kosakata itu wajib loh dilakukan. Karena seseorang bisa lancar berbahasa Inggris tentunya ada banyak kosakata yang sudah dipelajari.

Nah, supaya kamu bisa jago saat belajar bahasa Inggris, yuk lakukan cara-cara sederhana ini untuk memperkaya vocabulary kamu… Let’s go!

1. Bacalah berbagai buku bahasa Inggris

Ebook, Tablet, Layar Sentuh, Baca, Buku, Mobile

Cara yang pertama untuk memperkaya vocabulary kamu adalah dengan membaca banyak buku bahasa Inggris. Pada saat membaca kamu pasti akan menemukan kata baru maka beri tanda atau garis bawahi lalu cari di kamus arti kata dari kalimat tersebut. Kamu bisa memulai dari buku-buku yang simple dulu sesuaikan dengan selera kamu yang penting ada niat dari diri kamu untuk membaca buku tersebut ya. Seperti, komik, novel, majalah, dan short stories yang bisa dengan mudah kamu cari di internet atau perpustakaan.

2. Mencatat kata baru disertai dengan kalimat

shallow focus photo of person writing

Cara yang kedua yaitu mencatat kata baru lalu buatkan kalimatnya. Ini sangat membantu kamu dalam mengingat kata-kata baru agar tidak mudah lupa. Tidak hanya mencatat definisinya saja tapi buatkanlah kalimat yang simple dengan menggunakan kata tersebut sesuai dengan konteksnya dan berhubungan dengan kehidupan kamu. Misalnya, kata couch definisinya “a long comfortable seat for two or more people to sit on” yang artinya sofa. Lalu buatlah kalimat yang simple seperti, I have a couch in my bedroom.

3. Bermain game 

Scrabble game with lawyer and probate word

Cara yang ketiga untuk memperkaya vocabulary kamu yaitu dengan bermain game. Kamu bisa mencari game-game yang sesuai dengan selera kamu dan berbahasa Inggris tentunya. Tidak hanya bermain saja kamu akan bertemu dengan kata-kata baru. Selain itu, dengan bermain game kamu dapat menghafal kosakata dengan cepat dan mudah. Ada beberapa games yang bisa kamu coba yaitu, Scrabble, Crossword, Puzzle, Simon says, Word Match, dsb.

4. Praktekkan kosakata sesering mungkin

white and black printer paper

Cara yang keempat ini penting dilakukan adalah mempraktekkan kosakata yang sudah kamu pelajari. Dengan sering berlatih menggunakan semua kosakata tersebut kamu akan semakin mudah mengingatnya dan menjadi terbiasa melihat kata-kata tersebut tidak merasa asing lagi deh.

Itu dia sunners, cara simple yang dapat kamu lakukan untuk memperkaya kosakata bahasa Inggris.

 

Savira J Manorek – STBA JIA

Leave A Comment